Screenshot_8

– – –

Mungkin ada banyak pertanyaan yang kalian miliki tentang Australia. Namun, kali ini kami akan membahas

“Kenapa Australia?”

– – –

Lokasi

Australia bisa dikatakan sebagai negara bule barat terdekat Indonesia. Kenapa? Kalian hanya memerlukan sekitar 3.5 – 4 jam perjalanan dari Bali / Jakarta untuk bisa pergi ke Australia (Perth / Darwin). Berbeda dengan Eropa dan Amerika, dimana kalian memerlukan waktu sekitar 8 – 10 jam perjalanan, apalagi ditambah transit, cari penginapan, dan harga dengan harga yang tidak sedikit (tidak mudah lho, duduk di pesawat selama 8 – 10 jam. Apalagi dengan jetlagnya. Aduh).

Screenshot_9

Jadi, dapat dibayangkan untuk kalian pulang pergi dari dan ke Australia, apakah itu untuk mengunjungi keluarga, pacar yang LDR, acara keluarga / keagamaan, dll, akan lebih mudah dilakukan dan murah :-D.

 Bingung Mau Naik Apa?

Transportasi di Australia bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling modern di dunia. Di setuap wilayah Australia, memiliki sistem transportasi yang tertata rapi, dan integrasi dari luar kota, hingga ke dalam kota. Mulai dari bus, kereta api, hingga kapal laut. Dan yang paling baik, harganya terjangkau (sekitar 50 sen – 3 dollar sekali jalan).

Setiap bus juga dilengkapi dengan map yang bisa kalian pakai untuk navigasi. Kalau misalnya ribet bawa kertas kemana – mana, bisa juga menggunakan aplikasi onlinenya yang bisa didownload di smartphonemu. Dengan ini, kalian bisa mengetahui kapan kedatangan bus, keberangkatan, rute, bus terakhir, dll.

Namun, untuk mereka yang ingin memiliki mobil, tidak ada masalah juga. Kalian bisa membeli mobil second di Australia mulai dari AUD 3000 – 10.000 (30 – 100 juta). Yang bisa langsung kalian pakai disana (tentunya setelah administrasi selesai). Selain itu, kalian juga bisa lho mengendarai mobil di Australia dengan SIM A Indonesia. Cukup mengisi formulir di Konsulat Indonesia di Australia.

PS : Tapi hati – hati lho, bayar parkir di Australia relatif mahal lo. Sekitar 3 – 4 dollar per jam.

Buat yang Merencanakan Kuliah

Khusus untuk mereka yang ingin kuliah di Australia, gaya pendidikan di Australia akan berbeda dengan apa yang selama ini kalian dapatkan di Indonesia. Disini, kalian akan diajarkan untuk hidup mandiri dan independen. Sebagai contoh, universitas biasanya akan memberikan semua materi yang diperlukan untuk pelajaran tersebut. Dan, adalah tugas kalian untuk membaca materi tersebut, dan menyiapkannya sebelum perkuliahan.

Nantinya, setiap ujian dan tugas yang diberikan sebagian besar adalah 100% dari hasil keringat kalian. Kenapa? Dikarenakan Australia memiliki 1001 cara untuk memeriksa hasil pekerjaanmu, dan memastikan itu bukan hasil contekan dari orang lain, ataupun copy paste dari internet. Saya yakin, setelah menyelesaikan studi disana, kalian akan menjadi pribadi yang independent dan mandiri. Dan tidak salah apabila Universitas di Australia selalu masuk 100 besar universitas di dunia untuk menciptakan orang – orang hebat.

Ingin Jalan – Jalan Juga Bisa

Australia menyediakan banyak tempat dan keindahan alam yang pastinya akan memukau kalian (jangan lupa tongsis, Handphone, atau mungkin teman yang dikorbankan berbaik hati untuk memfoto kalian).

Jadi kalian tidak hanya akan kuliah atau kerja saja saja lho. Kalian bisa J-J (jalan – jalan) disana saat ada waktu luang. Itung – itung sambil liburan juga. Bener ngga?

 Pengasilan Buat Yang Kerja (Part Time)

Kalian bisa lho, kuliah sambil kerja di Australia. Tapi jangan lupa kuliahnya ya (banyak pelajar yang khilaf kerja terus gara – gara duitnya banyak).

Screenshot_10

Tahu kan sekarang, kenapa mereka ingin kuliah sambil kerja di Australia. Men setahun bisa dapet sekitar 190 juta (itungan kasar). Siapa yang nolak si. Mungkin kalau di Indonesia, mungkin kuliah sambil bisnis bisa dapet duit yang sama. Selain kerja, kalian juga bisa bikin kursus lho. Itung – itung nambah temen dan duit. Mungkin kursus belajar Bahasa Indonesia?

Shoppingnista

Diambil dari kata fashionista, yang berarti doyan belanja. Kalian juga bisa mendapatkan destinasi shopping untuk melepaskan kegundahan kalian lho. Ngga kalah deh dengan Paris atau Singapura.

Banyak juga tempat shopping kece-nan-indah disana. Dan ngga rugi deh kalau kalian membawa anggota keluarga dan kerabat – kerabat kesana kalau liburan atau mengisi waktu senggang.

Pelajari Bahasanya

Pernah mendengar orang bule bicara? (yang pertama kali saya hadapi di Australia, dia berbicara seperti seperti orang kumur – kumur (true story). Sangat antusiasnya dalam berbicara. Namun entah kenapa, apakah telinga saya yang bermasalah, atau karena stok cotton budku yang habis sejak beberapa bulan lalu. (Saya ngga mudeg).

Screenshot_11

Namun, kira – kira bangga ngga sih kalau memiliki level bahasa Inggris yang bagus seperti orang Australia asli? Pastinya keren kalau kalian sudah bisa bicara langsung dengan mereka tanpa grogi atau kesalahan grammat. Apalagi jika nonton video Youtube / film Bahasa Inggris tanpa subtitle lagi. Perasaannya seperti negara yang baru merdeka. “Sumringah“.

Teman & Sahabat Baru

Bayangkan kalian akan pergi ke Australia dan disana sudah ada teman kalian yang menjemput kalian di bandara :-D. Menyenangkan bukan?

Australia terkenal dengan beragam budaya dan penduduk pendatang dari negara lainnya. Seperti India, China, Jepang, Korea, dan banyak lainnya. Dan apa artinya ini bagi kalian? Kalian bisa bertemu dan berteman dengan mereka! (buat yang ingin cari pacar orang luar negeri, inilah kesempatanmu ;-D).

– – –

Baca Juga

Proses Kuliah di Australia Bersama Education ONE

Biaya kuliah di Australia

Biaya hidup di Australia

Membawa keluarga saat kuliah di Australia