Setelah artikel kita sebelumnya membahas tentang keuntungan kerja paruh waktu di Aussie, sekarang kita akan bahas gimana sih, cara mencari dan mendapatkan pekerjaan paruh waktu di Aussie yang cocok dengan kalian?

Sebelum itu, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa bidang yang biasanya membutuhkan pekerja paruh waktu, yaitu:

  • Retail, seperti mall, butik, toko aksesoris, dan sebagainya,
  • Hospitality, seperti bioskop, restoran, bar, hotel, dan sebagainya,
  • Services, seperti di supermarket, layanan pelanggan, dan sebagainya,
  • Industri yang berhubungan dengan jurusan yang kalian ambil.

Sekarang kita akan membagikan  tips ke kalian bagaimana cara untuk mendapatkan kerja paruh waktu yang cocok dengan kalian. Dikutip dari Studies in Australia dan Insider Guides, berikut di bawah ini 10 cara yang bisa kalian coba untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu di Australia:

1. Hubungi Layanan Karir Di Kampus Kalian

Setiap kampus pasti mempunyai layanan karir (Career Service). Kalian bisa gunakan fasilitas ini untuk mencari kerja paruh waktu, karena pastinya mereka memiliki banyak employer yang butuh pekerja paruh waktu seperti kalian. Oh iya, kalian juga bisa menggunakan layanan kampus ini untuk membimbing kalian untuk membuat resume juga. Jadi, manfaatkan baik-baik fasilitas ini, ya!

2. Datangi Pusat Perbelanjaan Di Sekitar Wilayah Kalian Tinggal.

Kalian juga bisa mulai dari sini lho. Mulai aja dulu dari sekadar jalan-jalan di sekitar tempat tinggal kalian sambil mencari toko mana yang sedang mencari pekerja paruh waktu. Nah, kalau sudah ketemu, kalian bisa buat daftar toko mana saja yang memerlukan pegawai paruh waktu, terus siapkan resume kalian dan lamar, deh!

3. Apply Langsung Melalui Situs Perusahaan Yang Kalian Tuju.

Kalau kalian sudah ada list perusahaan yang ingin kalian lamar, kalian bisa mencoba cara ini, lho! Kalian tinggal buka situs perusahaan yang ingin kalian lamar, terus kalian cek bagian karir, apakah mereka sedang membutuhkan pegawai paruh waktu atau tidak. Lalu kalian bisa apply di sana langsung. Pastikan jam kerjanya tidak bentrok dengan jam perkuliahan kalian ya!

4. Gunakan Situs Pencari Kerja Seperti Seek, MyCareer, CareerOne, Dan Applydirect.

Ya, sama seperti di Indonesia, kalian juga bisa langsung mencari pekerjaan paruh waktu di situs-situs pencari kerja. Biasanya ada banyak sekali perusahaan yang memasang iklan di situs pencari kerja memerlukan pegawai paruh waktu selain pegawai full-time.

5. Pahami batas jam kerja untuk pelajar internasional di Australia.

Sebagai pelajar internasional, kalian juga harus ingat batas waktu kalian untuk bekerja part-time, yang saat ini dibatasi maksimal 40 jam per dua minggu selama perkuliahan berlangsung, dan tidak terbatas selama liburan. Jadi pastikan jam kerja di tempat yang akan kalian lamar sesuai dengan batas waktu tersebut, ya!

6. Cek upah minimum dan fasilitas yang akan kalian terima nantinya.

Selain jam kerja, kalian juga mesti cek upah minimum dan fasilitas yang akan kalian dapatkan sebagai pekerja part-time, apakah sudah sesuai dengan yang kalian perlukan atau belum.

7. Perusahaan dan jenis pekerjaan juga sama pentingnya dengan mencari kerja, lho!

Sambil mencari pekerjaan part-time, kalian juga bisa riset dulu perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan kalian lamar. Setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda, yang juga tergantung dari perusahaan yang akan kalian lamar.

8. Baca ulasan dari pencari kerja sebelumnya akan sangat membantu kalian.

Dengan membaca ulasan dari pencari kerja sebelumnya yang melamar di bidang pekerjaan yang akan kalian tuju, kalian akan mendapatkan gambaran dari pekerja sebelumnya mengenai pekerjaan yang mereka ambil di perusahaan tersebut dan apa saja hal-hal yang telah mereka dapatkan selama bekerja di sana. Kalian bisa cari di situs pencari kerja yang disebutkan di poin sebelumnya untuk membaca ulasan dari para pencari kerja sebelumnya.

9. Pastikan Resume dan Cover Letter yang kalian buat sesuai dengan pekerjaan yang akan kalian lamar!

Setelah menemukan pekerjaan yang ingin kalian lamar, hal berikutnya adalah membuat resume dan cover letter. Kalau kalian merasa kesulitan untuk membuatnya, kalian bisa minta bantuan Career Service di kampus kalian!

10. Jangan lupa follow up dan persiapkan diri untuk wawancara!

Setelah selesai melamar, hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menunggu jawaban dari perusahaan yang kalian tuju. Biasanya akan memakan waktu seminggu hingga dua minggu. Sambil menunggu, kalian bisa mempersiapkan diri untuk wawancara nantinya.

Fyi, untuk kalian yang ingin konsultasi seputar kuliah di luar negeri (terutama Australia), kalian bisa hubungi kami di www.educationone-indo.com.