Sebagai salah satu negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dan letaknya paling dekat dengan Indonesia, Australia menawarkan pendidikan dengan kualitas internasional. Australia memiliki sistem pendidikan tinggi yang luar biasa, mereka menawarkan lebih dari 22,000 kursus di 1,100 institusi. Fakta diatas menarik minat banyak mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya di Australia. 

Untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Australia, tentunya mahasiswa internasional perlu mengajukan student visa. Student visa merupakan izin untuk kalian bisa belajar dan tinggal secara legal di Australia dengan durasi yang bervariasi, tergantung pada jenjang dan jurusan yang diambil. Dan salah satu syarat penting untuk bisa mengajukan student visa adalah memiliki Bukti Keuangan atau Financial Requirements.

Pemerintah Australia mengisyaratkan agar seluruh pelajar yang kuliah ke Australia untuk memiliki bukti keuangan yang cukup selama masa studi mereka di Australia. Bukti keuangan yang harus ditunjukkan mencakup biaya travel ke Australia, biaya sekolah, dan biaya hidup untuk mahasiswa itu sendiri, partner, maupun anak yang dibawa serta ke Australia selama studi. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2017, pada tahun 2019 terdapat kenaikan untuk Financial Requirements, dengan rincian sebagai berikut:

Selain dengan menghitung jumlah sesuai dengan penjabaran diatas, ada acara lainnya yang bisa dilakukan untuk menunjukkan bukti keuangan selama studi kepada Imigrasi Australia, yaitu dengan mendeklarasikan total penghasilan orang tua. 

Hal ini pun sudah diatur oleh Department of Home Affairs, dan sebagaimana kenaikan yang terjadi pada bukti keuangan diatas, terdapat pula kenaikan total penghasilan orang tua yang harus ditunjukkan kepada pihak Imigrasi Australia dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya.

Jika kalian sekolah tanpa ditemani oleh orang tua dari Indonesia, orang tua kalian harus memiliki penghasilan tahunan paling tidak sebesar AUD 62,222 (sebelumnya AUD 60,000) atau kurang lebih setara dengan IDR 630 juta.

Jika kalian sekolah dengan ditemani oleh orang tua dari Indonesia, orang tua kalian harus memiliki penghasilan tahunan paling tidak sebesar AUD 72,592 (sebelumnya AUD 70,000) atau kurang lebih setara dengan IDR 730 juta.

Nantinya, semua dokumen ini harus dibuat dalam bentuk “tax assessment” (seperti pajak penghasilan Pph). Bentuk lainnya dapat dipastikan akan ditolak oleh Imigrasi Australia.

Itu tadi adalah informasi perubahan student visa terbaru dari Imigrasi Australia terkait Bukti Keuangan. Semoga kalian bisa memetik informasi dan manfaat dari tulisan kami ya.

Apabila kalian ada pertanyaan tentang pembuatan visa tertentu di Australia, atau perlu informasi lebih jelas tentang visa student di Australia, khususnya tentang berapa jumlah bukti keuangan yang harus kalian persiapkan termasuk apa saja yang bisa digunakan sebagai bukti keuangan, kalian bisa hubungi kami disini.

See you again!