australia-scholarship-2020Sebagai salah satu destinasi pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah, Australia menawarkan sejumlah kebebasan yang tidak banyak ditawarkan di negara lainnya, terutama bagi kalian yang akan meneruskan pendidikan kalian ke jenjang S-2. Bisa bekerja paruh waktu, membawa pasangan dan anak selama kalian menempuh kuliah S-2 (pasangan kalian juga boleh bekerja di Australia, loh!), plus kesempatan untuk tinggal di Australia selama 2 tahun setelah menyelesaikan studi S-2 kalian untuk bekerja ataupun melanjutkan lagi studi kalian di Australia!

Buat kalian yang berencana untuk meneruskan kuliah S-2 di Australia, namun terhalang oleh biaya kuliah, jangan khawatir! Ada banyak sekali beasiswa yang bisa kalian ajukan untuk melanjutkan ke jenjang S-2, baik parsial (sebagian) ataupun penuh. Besarnya kisaran beasiswa dan apa saja yang tercakup dalam beasiswa yang akan kalian terima akan tergantung dari kebijakan penyedia beasiswa yang kalian ajukan.

Penyedia beasiswa pelajar internasional untuk program S-2 ada yang berasal dari pihak kampus (biasanya parsial) dan ada juga yang dari lembaga (seperti Australian Awards Scholarship) atau pemerintah negara asal (misalnya Indonesia dengan LPDP dan DIKTI). Tinggal kalian pilih yang sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan kalian, deh!

Lalu, apa saja yang harus kalian persiapkan jika berencana melanjutkan pendidikan S-2 kalian di Australia melalui jalur beasiswa? Yuk, simak 5 tips mencari beasiswa untuk para pemburu beasiswa S-2 di Australia:

1. Cari Tahu Kampus Yang Dituju

Mencari kampus yang tepat itu penting, karena kalian akan menghabiskan waktu selama 2 tahun untuk meneruskan pendidikan disana. Kalian nggak mau kan, kalau ternyata universitas yang dituju nggak sesuai dengan apa yang ingin kalian dapatkan?

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Kampus Yang Dituju

Hal ini penting untuk menentukan peluang kalian untuk diterima di kampus yang akan kalian tuju, seperti nilai bahasa Inggris kalian, nilai IPK, jurusan yang ditempuh saat S-1, dan lainnya. Ada sebagian kampus yang bisa lintas jurusan dan ada kampus yang meminta kalian untuk mengambil jurusan yang linear dengan jurusan yang kalian tempuh di program S-1. Jadi, perhatikan baik-baik ya!

3. Cek Apakah Kampus Tersebut Menawarkan Beasiswa atau Tidak

Setelah syarat dan ketentuan sudah kalian penuhi, cek bagian Scholarships yang selalu tercantum di situs resmi universitas. Biasanya universitas mencantumkan daftar penyedia beasiswa yang bisa mendaftar di universitas tersebut dan juga beasiswa yang ditawarkan oleh pihak universitas kepada pelajar internasional. Ada yang menawarkan beasiswa parsial (biasanya berkisar antara 10% hingga 30%) dan ada juga yang menawarkan beasiswa penuh.

4. Buat List Penyedia Beasiswa Yang Bisa Kalian Ajukan dan Perhatikan Persyaratan Yang Diminta

Dengan membuat daftar penyedia beasiswa yang diterima oleh kampus tersebut, waktu kalian akan lebih efisien, karena kalian tidak perlu mencari-cari lembaga penyedia beasiswa mana saja yang diterima kampus yang akan kalian tuju. Kebanyakan pelajar internasional lebih suka mencari daftar penyedia beasiswa dulu baru mencari kampus yang dituju, namun ini akan memakan waktu lama. Kenapa? Karena kalian akan sibuk melihat daftar universitas yang bekerja sama dengan penyedia beasiswa tersebut (yang biasanya ada banyak dan panjang), dan belum tentu juga universitas yang kalian incar menerima beasiswa yang akan kalian ajukan.

5. Cek Persyaratan Yang Diminta Untuk Mendapatkan Beasiswa Yang Akan Kalian Ajukan

Langkah terakhir adalah mengecek persyaratan yang diminta oleh penyedia beasiswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut, seperti nilai IPK, proposal penelitian, rencana studi, surat referensi akademis, Letter of Acceptance dari pihak universitas dan berbagai persyaratan lainnya. Syarat dan ketentuan ini berbeda-beda, tergantung dari penyedia program beasiswa yang akan kalian ajukan.

Nah, itu dia tips yang bisa kalian terapkan apabila berencana untuk mendaftar program S-2 dengan beasiswa. Jika kalian merasa kesulitan dengan proses pendaftaran S-2, kalian bisa meminta bantuan agen konsultan pendidikan luar negeri yang terpercaya seperti education ONE, yang akan membantu kalian dalam mendaftar ke kampus impian kalian. Kalian bisa menghubungi kami melalui kontak yang ada di sini.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya! See ya!