Di tahun 2020 ini diperkirakan akan ada banyak pekerjaan baru yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi industri dalam 5 tahun terakhir. Tentunya hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik calon pekerja maupun calon perekrut. Saat ini, sejumlah posisi yang ditawarkan kepada calon pekerja pada pekerjaan-pekerjaan baru ini masih sedikit yang mengisi, mengingat posisi tersebut membutuhkan keahlian yang tidak dikuasai semua orang.

Sebagian dari daftar pekerjaan yang akan disebutkan pada artikel ini merupakan pekerjaan yang mengalami pertumbuhan luar biasa selama 5 tahun terakhir dan tidak semua pekerjaan ini merupakan jenis pekerjaan yang benar-benar baru. Ada pekerjaan yang memang baru untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis saat ini, namun ada juga pekerjaan yang muncul dan berkembang dari jenis pekerjaan lama yang sudah ada sebelumnya.

Buat kalian yang berencana untuk mencari kerja di Australia, sangat penting bagi kalian mengetahui daftar pekerjaan apa saja yang paling dibutuhkan industri bisnis di Australia saat ini. Dengan mengetahui apa saja jenis pekerjaan yang diperlukan perusahaan Australia, peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan di Australia akan jauh lebih tinggi daripada yang sama sekali tidak melakukan riset dan hanya bermodalkan ‘keberuntungan’.

Kalian jangan kaget jika sebagian besar pekerjaan di tahun 2020 akan lebih banyak diisi oleh bidang IT. Seperti banyak negara lainnya, di Australia lulusan IT masih sangat dibutuhkan oleh berbagai industri bisnis dan organisasi, karena banyak perusahaan dan organisasi yang mulai beralih ke digital sehingga akan sangat membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang IT.

Namun, meski sebagian besar pekerjaan favorit ditempati oleh bidang IT, menurut direktur senior LinkedIn untuk solusi bakat APAC, Adam Gregory, menyatakan jenis pekerjaan di luar IT seperti Growth Manager atau Chief Strategy Officer juga turut meningkat pamornya dalam dunia bisnis, seperti yang dikutip dari news.com.au.

Oke, pasti kalian sudah tidak sabar menunggu apa saja sih daftar pekerjaan terbaik di Australia. Kita kasih sedikit bocoran daftar pekerjaan apa saja yang masuk dalam pekerjaan terbaik berikut kisaran gaji yang diperoleh di Australia pada tahun 2020 ini menurut hasil analisis data LinkedIn Salary!

Kategori 4 pekerjaan terbaik di Australia:

  • Artificial Intelligence Specialist ($106,000 s/d $153,000 per tahun)
  • Cybersecurity Specialist ($102,000-$153,000 per tahun)
  • Marketing Automation Specialist ($95,000-$140,000 per tahun)
  • Robotic Software Engineer ($83,000 – $117,000 per tahun)

Jumlah gaji dari pekerjaan tersebut sangat besar, bukan? Lalu, bagaimana dengan yang lainnya? Selain empat pekerjaan di atas? Katanya jumlahnya belasan?

Sabar dong! Di bawah ini kita kasih daftar pekerjaan baru yang mengalami kemajuan yang signifikan sejak 5 tahun terakhir ini. Apa saja? 

  • Site Reliability Engineer ($128,000-$184,000),
  • Customer Success Specialist ($90,000-$145,000),
  • Data Scientist ($111,000 – $160,000),
  • Data Engineer ($111,000 – $160,000),
  • Growth Manager ($100,000-$150,000),
  • Chief Strategy Officer (mulai dari $78,605 per tahun, tergantung kebijakan perusahaan yang merekrut),
  • Anti-Money Laundering Specialist (rata-rata sekitar $89,540 per tahun, tergantung dari kebijakan perusahaan yang merekrut),
  • Fraud Analyst ($72,000-$92,000),
  • Product Owner ($124,000-$180,000),
  • Service Designer ($97,000 – $191,000),
  • Full Stack Engineer ($97,000 – $191,000),
  • Automation Consultant rata-rata sekitar $62,000 per tahun, tergantung kebijakan perusahaan yang merekrut),
  • Control System Engineer ($95,000-$126,000) 

Bagaimana? Tidak kalah kan, dengan daftar pekerjaan terbaik yang disebutkan sebelumnya?

Gaji yang diperoleh dari pekerjaan tersebut memang sebanding dengan kebutuhan industri dan tingkat kesulitan yang akan ditangani. Jadi, wajar kalau gaji yang mereka peroleh juga besar. Tidak bisa dipungkiri bahwa jenis pekerjaan baru tersebut menawarkan gaji yang tergolong tinggi karena permintaan atau kebutuhan perusahaan yang tinggi tidak sebanding dengan calon pekerja atau para ahli di bidang tersebut yang masih relatif sedikit. Hal ini akan menguntungkan bagi kalian yang ingin memasuki jenis pekerjaan yang disebutkan di atas.

Meski sebagian dari pekerjaan tersebut nampak sangat teknis dan menakutkan, namun sebenarnya pekerjaan tersebut merupakan perpaduan yang sempurna antara keahlian teknologi perangkat keras dan lunak.

Meskipun sebagian besar daftar pekerjaan yang telah disebutkan diatas membutuhkan keahlian teknis yang tidak dimiliki setiap orang, namun sekali lagi, masih terdapat jenis pekerjaan yang membutuhkan soft skill yang seharusnya dimiliki oleh semua karyawan, seperti pekerjaan di bidang layanan pelanggan yang semakin penting dan dibutuhkan oleh sebagian besar bisnis.

Nah, bagi kalian yang tidak menguasai keahlian di bidang IT, inilah saat untuk mengasah keahlian kalian di bidang ini. Jadi, kalian bisa mempelajari soft skill mulai dari sekarang ya.

Itu tadi penjelasan mengenai daftar pekerjaan terbaik di Australia tahun 2020. Bagi kalian yang tertarik untuk bekerja di bidang-bidang yang disebutkan di atas, mulailah mempersiapkan diri dari sekarang ya. Kalian bisa mulai dari studi di bidang-bidang tersebut. Ingin mengetahui lebih jelas mengenai studi di Australia? Eits, jangan lupa hubungi education ONE.  

Artikel ini diadaptasi dari news.com.au