fbpx
Hubungi Kami

Iklim di Australia: Letak Geografis & Tips Menghadapi Perbedaan Musim Tahun 2024

Table of Content

Iklim di Australia Iklim Beragam di Tiap Negara Bagiannya

Iklim, cuaca, dan musim di Australia sangatlah beragam, bahkan bisa berbeda-beda di tiap negara bagiannya dalam waktu yang bersamaan. Unik sekali bukan?

Mungkin bagi sebagian besar orang masih berasumsi kalau Australia adalah tempat yang panas, cerah sepanjang hari, dan tidak mungkin ada musim hujan.

cuaca di australia

Nah di artikel kali education ONE akan membahas tuntas pembagian iklim di benua Australia berdasarkan: banyak dan sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh suatu wilayah, fakta keadaan fisik lingkungan sebenarnya.

Selain itu, di akhir artikel akan ada fakta unik lainnya terkait iklim Australia dan sedikit tips di tiap musim tersebut agar perjalananmu di Australia jadi semakin siap dan menyenangkan. Selamat membaca!

Iklim Di Australia Berdasarkan Garis Lintang

Kalau mau kuliah di Australia, pastinya penasaran dong kira-kira gimana sih iklim dan cuaca disana? Secara garis besar, kalau dilihat dari garis lintangnya, iklim di Australia dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Iklim tropis, terletak di 10’LS – 23’LS mencakup Australia bagian utara.
  2. Iklim subtropis, terletak di 23’LS – 35’LS mencakup Australia bagian selatan.
  3. Iklim sedang, terletak di 35’LS – 44’LS mencakup bagian selatan Victoria dan Tasmania.

Mengapa Australia Memiliki Tiga Iklim?

Australia bisa punya 3 iklim yang berbeda karena Australia itu negara super besar yang letak geografisnya berbeda-beda.

Di bagian utara Australia punya iklim tropis, di tengah-tengah ada iklim subtropis, dan di bagian selatan punya iklim dingin dan kering.

Faktor geografis seperti jarak dari laut, pegunungan, dan letak garis lintang bikin pembagian iklim di Australia jadi sangat beragam.

Jadilah Australia punya iklim yang super beragam dan itu sangat berpengaruh sama bagaimana tumbuhan dan binatang liar hidup di Australia.

Baca Juga: Zona Waktu Di Australia

Iklim Di Australia Berdasarkan Keadaan Fisis

Selanjutnya, iklim di Australia bisa kita lihat juga berdasarkan keadaan fisik geografi (relief), bentang alam, dan pengaruh angin di tiap wilayah Australia.

Kenapa sih kita perlu tahu juga pembagian iklim berdasarkan fisis? Karena Australia juga terkenal dengan keadaan geografisnya yang sangat beragam, mulai dari pegunungan yang tertutup salju, gurun, hingga hutan hujan tropis, semua ada disini!

Pembagian iklim di Australia berdasarkan fisis adalah sebagai berikut:

  • Iklim muson atau musim: Australia bagian utara yang banyak terpengaruh angin muson.
  • Iklim gurun atau continental: Australia barat dan tengah, curah hujannya sangat kecil dan amplitudo suhunya tinggi. Ketika malam hari, suhu disini bisa sangat dingin.
  • Iklim laut: wilayah Victoria, Tasmania, dan pantai timur Australia yang banyak dipengaruhi angin laut.

iklim di australia

Iklim Di Australia Berdasarkan Wilayah

Kalau kamu sudah tahu negara bagian Australia mana yang ingin kamu tuju, disini kamu bisa lihat pembagian iklim di Australia berdasarkan wilayah.

Pantai Timur Australia (Sydney, Melbourne, dan Brisbane)

Keadaan iklim di wilayah Australia yang paling padat penduduknya ini (termasuk juga yang paling banyak pengunjung lokal maupun internasional) rata-rata tidaklah ekstrem.

Air laut jadi salah satu faktor alam yang mempengaruhi cuaca disini. Saat musim panas biasanya akan terasa panas saat malam hari, sementara pada saat musim dingin akan sering hujan dan terasa sejuk walaupun tetap banyak ada hari yang cerah.

Di Melbourne, merupakan hal yang wajar kalau dalam satu hari tiba-tiba cuaca berubah drastis, dari yang semula cerah tiba-tiba hujan.

Cuaca di Sydney umumnya cenderung hangat dan nyaman tiap harinya, dan sedangkan di Brisbane biasanya lebih panas dan kering.

Iklim Australia Barat

Australia Barat mengalami musim panas yang benar-benar panas dan kering walaupun terkadang tetap sesekali akan turun hujan.

Musim dingin disini punya suhu yang tidak terlalu dingin atau bisa dibilang masih nyaman untuk beraktivitas sehari-hari, walaupun akan ada badai dan hujan yang sesekali muncul.

Pengaruh angin disini datang dari wilayah Antartika.

Iklim Australia Utara

Wilayah Darwin dan Cairns yang ada di Australia bagian utara, walaupun letaknya cukup berjauhan, memiliki cuaca yang serupa.

Australia Utara mengalami musim hujan dan kering, tidak seperti wilayah bagian Australia lainnya.

Contohnya, di daerah Darwin akan mengalami musim hujan di antara bulan November hingga April, dengan suhu berkisar antara 25°C – 34°C. Sedangkan untuk musim keringnya terjadi di antara bulan Mei sampai Oktober.

Sedangkan untuk wilayah Cairns, musim panas disini biasanya tetap terasa panas namun lembap, tidak mengherankan juga kalau saja ada hujan deras yang turun.

Hujan pada musim gugur dan dingin tidak terjadi sesering saat musim panas, namun angin umumnya cukup kencang.

Gurun Australia

Iklim di daerah gurun Australia umumnya sangat panas dan lembap, bahkan ada suatu waktu suhunya bisa mencapai 50°C!

Tapi, suhu disini bisa sangat dingin (dibawah 0°C) saat musim dingin.

Di wilayah gurun ini memang terkenal dengan iklim yang tidak terduga, karena bisa saja tidak turun hujan selama bertahun-tahun, atau bisa juga turun hujan lebat hingga banjir yang memenuhi suatu area dan membentuk danau air asin, contohnya adalah Danau Eyre.

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Keberangkatan Kuliah ke Luar Negeri?

iklim di benua australia

Fakta Menarik Lainnya

Setelah sudah tahu pembagian iklim dan musim di Australia, ada fakta unik lainnya yang juga perlu kamu tahu. Barangkali kalau kamu mau berkunjung ke Australia pada bulan tertentu, kamu udah siap deh!

  • Sebagian besar negara bagian menerima lebih dari 3.000 jam sinar matahari per tahunnya.
  • Musim panas terpanas bisa dirasakan di Darwin, suhunya bisa mencapai 32.6°C! Diikuti Perth, dengan suhu bisa sampai 31.9°C.
  • Musim dingin terdingin bisa kamu rasakan di Canberra, suhunya bisa sampai serendah 0.1°C (walaupun ini jarang terjadi).
  • Rata-rata curah hujan tertinggi terjadi saat musim dingin dan sekitar pada bulan Juni, terutama di wilayah Sydney, Perth, dan Adelaide.
  • Curah hujan tinggi juga bisa terjadi saat musim semi, namun di wilayah Melbourne, Canberra, dan Hobart saja, di sekitar bulan Oktober-November.

Apakah Australia Ada 4 Musim?

Ya, Australia memiliki 4 musim. Menurut website resmi Badan Meteorologi Australia, inilah 4 musim di Australia:

  • Musim semi: 3 bulan transisi musim yaitu September, Oktober, dan November.
  • Musim panas: 3 bulan terpanas yaitu Desember, Januari, dan Februari.
  • Musim gugur: 3 bulan transisi musim yaitu Maret, April dan Mei.
  • Musim dingin: 3 bulan terdingin yaitu Juni, Juli dan Agustus.

Sadar gak, kalau waktu musim di Australia berkebalikan dengan waktu musim lainnya di negara-negara barat seperti di Amerika Serikat maupun Eropa, padahal jenis musimnya sama?

Misalnya, musim dingin di Amerika biasanya di bulan Desember – Februari, tapi justru di Australia pada bulan tersebut sedang musim panas.

Itu karena letak Australia yang ada di bawah garis ekuator atau bisa dibilang bagian belahan bumi selatan.

Tips Menghadapi Perbedaan Musim di Australia

Mau ke Australia dalam bulan apapun, kamu akan bisa merasakan berbagai jenis musim disini.

Australia memang terkenal dengan keragamannya, dan akan sangat menyenangkan kalau kita bisa menikmati dan merasakan pengalaman yang berbeda disini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi dan tips dari kami tentang yang bisa kamu lakukan di Australia di tiap musimnya.

Musim panas di Australia: Desember – Februari

Untuk yang suka beraktivitas outdoor dan ingin menikmati cuaca di Australia yang cerah dan hangat, kamu bisa berkunjung ke bagian selatan Australia.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti jalan-jalan di pantai, belajar selancar di Bondi Beach, naik kayak di sekitar pelabuhan ternama di Australia seperti Sydney Harbour Bridge dan Opera House, dan masih banyak aktivitas menarik lainnya!

Saat musim ini juga adalah musim ubur-ubur di bagian timur laut Queensland, yaitu di Great Barrier Reef, jadi kalau kamu suka aktivitas menyelam, sebaiknya memakai pakaian renang yang menutupi seluruh badan.

Musim gugur di Australia: Maret – Mei

Musim yang sejuk seperti ini sangat cocok untuk beraktivitas di luar ruangan, entah itu untuk sekedar jalan-jalan di taman ataupun wisata kuliner.

Banyak festival diadakan di musim ini, terutama di wilayah Adelaide, Perth, Melbourne, Sydney, dan Gold Coast.

Nah, tapi mungkin akan agak repot untuk kalian yang tinggal di kos ataupun kontrakan, karena saat musim ini daun-daun akan berubah kecoklatan dan akhirnya akan berguguran, sehingga kamu akan menemukan sekitar tempat tinggalmu akan banyak sampah dedaunan.

Musim dingin di Australia: Juni – Agustus

Untuk yang belum pernah merasakan musim dingin, terlebih lagi karena di Indonesia tidak ada musim dingin, mungkin akan sedikit kaget dengan musim ini, karena rata-rata suhunya bisa mencapai di bawah 10°C.

Dibandingkan dengan AC di rumah yang biasanya paling rendah 16°C, jelas akan terasa sekali perbedaan suhunya.

Kalau kamu ingin coba bermain salju, kamu bisa mengunjungi New South Wales, Victoria, atau Tasmania.

Musim semi di Australia: September – November

Selamat datang di musim yang penuh dengan bunga yang bermekaran kembali!

Musim semi juga biasanya bertepatan dengan hari libur sekolah, sehingga kamu akan bisa melihat banyak sekali keluarga yang pergi bersama.

Beberapa rekomendasi aktivitas yaitu mendatangi festival bunga Floriade, minum anggur dan berendam air panas di sekitar Melbourne, berenang atau berselancar di sekitar Brisbane, dan masih banyak aktivitas menarik lainnya!

Baca Juga: Persiapan Kuliah Di Australia

Setelah Baca Iklim Di Australia, Udah Siap Dong Buat Kuliah Di Australia

Setelah baca serba-serbi tentang iklim, musim, dan cuaca di Australia, jadi makin siap dong ya buat mempersiapkan diri untuk kuliah di Australia!

Hubungi education ONE untuk merencanakan dan mempersiapkan segala kebutuhan studimu di Australia mulai dari persiapan memilih kampus, pendaftaran, pengurusan visa, mencari akomodasi, hingga memilih asuransi kesehatan.

  • Kami berpartner dengan universitas di seluruh dunia untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dari studi yang kamu pilih
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun untuk membantu pelajar dari seluruh dunia mengejar studi impiannya
  • Memiliki rating di Google dan Facebook 4.9/5 untuk kepuasan pelanggan kami

Konsultasi Gratis - education ONE

Kamu bisa menjadi salah seorang yang mewujudkan mimpi untuk melakukan studi di luar negeri; Australia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kalau kamu belum yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk studi di luar negeri, atau ingin berdiskusi tentang aturan-aturan yang terbaru, pesan KONSULTASI GRATIS dengan salah satu Career Development Consultant kami di education ONE sekarang juga.

Mau Persiapan Studi Anti Ribet? Mulai dari Konsultasi Gratis!

Inilah yang dapat kami bantu:

Ayu Septyani

Ayu Septyani

Suka dengan apa yang kamu baca? Bagikan artikel ini

Wujudkan Mimpi Studi Luar Negeri Bersama education ONE!

Raih pendidikan terbaik di universitas ternama dunia dengan bimbingan profesional dari education ONE.

Konsultasi GRATIS dengan tim profesional kami untuk:

Kalkulator Kelayakan Studi untuk membantu kamu memperkirakan peluang diterima di universitas impian

consultation-section

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini