Halo, semuanya!

Kali ini kita mau bahas seputar salah satu beasiswa populer di Indonesia, beasiswa LPDP, yang pasti sudah nggak asing dong, buat kalian? Nah, di artikel kali ini, kita akan memberikan informasi tentang syarat pengajuan beasiswa LPDP dan daftar universitas di Australia yang menerima mahasiswa dengan program beasiswa LPDP. 

Persyaratan umumnya, yang harus kalian siapkan adalah:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus Sarjana (S-1 atau D-4) untuk program Magister dan lulus Magister (S-2) untuk program Doktoral,
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan pascasarjana di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri,
  3. Melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari tempat kerja (bagi yang sedang bekerja),
  4. Surat Keterangan Sehat (maksimal 6 bulan) yang menyatakan berbadan sehat, bebas dari narkoba, dan bebas TBC,
  5. Memilih prodi dan perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan LPDP,
  6. Melampirkan rencana studi (untuk pendaftar S-2),
  7. Menulis proposal studi (baik S-2 maupun S-3),
  8. Melampirkan proposal penelitian (untuk pendaftar S-3),
  9. Berusia maksimal 35 tahun (umum) untuk program S2 dan maksimal 40 tahun (umum) untuk program S3,
  10. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) min. 3,0 pada skala 4 untuk program S2 dan min. 3.25 pada skala 4 untuk program S3,
  11. Wajib menyelesaikan masa studi sesuai dalam LoA Unconditional dalam waktu paling lama 24 bulan untuk program Magister dan 48 bulan untuk program Doktoral,
  12. Memiliki LoA Unconditional dari universitas yang ada dalam daftar LPDP (khusus untuk program Doktoral),
  13. Memiliki sertifikasi bahasa Inggris dengan nilai minimal TOEFL iBT 80 atau IELTS 6,5 untuk program Magister dan TOEFL iBT 94 atau IELTS 7.0 untuk program Doktoral.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian dapat mengunjungi situs berikut ya!

Sekarang education ONE akan perjelas lagi nih beberapa hal yang paling sering ditanyakan oleh pelamar beasiswa LPDP, yaitu:

  • Saya lulusan D4, bisa tidak apply beasiswa ini?

Bisa!

  • Tahapan apa saja yang harus dilalui dalam proses seleksi Beasiswa LPDP?

  1. Tahap Pendaftaran Online
  2. Proses Seleksi Administrasi
  3. Proses Seleksi Substansi (Substansi, On The Spot Essay Writing, dan Leaderless Group Discuccion
  4. Hasil Seleksi Substansi
  5. Program Persiapan Keberangkatan (PK) dan atau Pengayaan Bahasa (PB) bagi penerima beasiswa afirmasi yang berhak.
  • Saya tidak punya IELTS atau TOEFL iBT, boleh tidak pakai TOEFL prediction?

Sayangnya, tidak bisa. Beasiswa LPDP hanya menerima hasil tes bahasa Inggris dari lembaga resmi penyelenggara tes bahasa Inggris, yaitu TOEFL dan IELTS.

  • Apa itu LoA Unconditional? 

LoA adalah surat yang menyatakan kalian dapat diterima di universitas yang inginkan. LoA ada dua jenis; Conditional atau bersyarat, umumnya jika kalian belum memenuhi salah satu persyaratan kampusnya seperti nilai IELTS yang kurang, dan Unconditional atau tanpa syarat, jika kalian telah memenuhi semua peryaratan kampusnya. Perlu diketahui bahwa untuk aplikasi beasiswa LPDP, hanya LoA unconditional yang diperhitungkan, jadi jangan habiskan waktu untuk mencari LoA jika kalian belum memenuhi persyaratan kampusnya, ya!

  • LOA dulu atau Ajukan Beasiswa Dulu?

LoA dan beasiswa bagai telur dan ayam.

Dibandingkan mendapatkan beasiswa, mendapatkan LoA bisa lebih mudah – setelah kalian mendapatkan beasiswa (mudah dari sisi internal aplikan). Kenapa? 1. Lebih termotivasi. 2. Proses aplikasi tidak akan terhambat karena tidak punya uang.

Sedangkan untuk mendapatkan LoA bisa dibilang susah-susah gampang karena tergantung apakah kalian sudah memenuhi persyaratan dari kampus atau belum.

Namun apabila kalian sudah mendapatkan LoA, belum tentu bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah, namun memang lebih mudah karena biasanya syarat beasiswa adalah “sudah punya LoA” atau “disarankan sudah punya LoA”.

In case of LPDP, LoA tidak menjamin kalian mendapatkan LPDP. Karena banyak aplikan yang sudah memiliki LoA gagal mendapatkan beasiswa LPDP nya, dan sebaliknya, ada yg belum memiliki LoA (tapi sedang proses apply ke kampusnya) dan mendapatkan beasiswa LPDP. So, it depends!

Namun apabila kalian sudah mendapatkan LoA, belum tentu bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah.

  • Kampus mana saja di Australia yang menerima LPDP? 

Untuk kalian yang ingin kuliah di Australia, berikut di bawah ini daftar perguruan tinggi Australia yang bekerjasama dengan LPDP :

  •       Curtin University
  •       Griffith University
  •       Macquarie University
  •       Monash University
  •       The Australian National University
  •       The University of Melbourne
  •       The University of New South Wales (UNSW)
  •       The University of Queensland (UQ)
  •       The University of Sydney
  •       The University of Western Australia (UWA)
  •       The University of Technology Sydney

Masing-masing kampus punya program unggulan tersendiri, untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung tanya ke konsultan kami, ya!

  • Saya sudah menyiapkan pendaftaran untuk mengajukan beasiswa LPDP namun Perguruan Tinggi Luar Negeri yang saya tuju tidak terdapat di dalam daftar universitas yang bekerjasama dengan LPDP. Apakah saya tetap bisa mendaftar beasiswa LPDP di Perguruan Tinggi Luar Negeri yang saya inginkan?

LPDP menyediakan sejumlah daftar Perguruan Tinggi Luar Negeri terbaik kepada setiap penerima beasiswanya. Namun, apabila Perguruan Tinggi Luar Negeri yang kalian tuju tidak terdapat di dalam daftar universitas yang bekerjasama dengan LPDP, maka kalian dipersilakan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi tujuan lainnya yang terdapat di dalam daftar LPDP. Di dalam akun pendaftaran LPDP, kalian diberikan 3 (tiga) pilihan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Sebagai ketentuan tambahan dari LPDP, kalian juga tidak diperkenankan untuk pindah Perguruan Tinggi atau Program Studi setelah lulus seleksi substansi.

Kalian diwajibkan untuk melaksanakan studi di Perguruan Tinggi dan program studi yang telah kalian pilih pada saat seleksi beasiswa LPDP.

  • Apakah education ONE bisa mengurus semua persyaratan untuk saya apply beasiswa ini? 

Tidak, beasiswa harus diaplikasikan sendiri dan semua persyaratan harus dipenuhi sendiri karena merupakan kepentingan pelamar beasiswa.

  • education ONE bisa bantu daftarkan untuk mendapatkan LoA Unconditional tidak? 

Bisa, namun hanya jika seluruh persyaratan sekolahnya dipenuhi dengan lengkap, mulai dari english requirement, academic requirement, dll., sesuai persyaratan kampus yang dituju.

  • Kalau saya sudah dapat beasiswanya, apa yang education ONE bisa bantu untuk studi saya? 

Tentu saja bisa! Kami akan bantu mulai dari pendaftaran kuliah, pengurusan visanya, dan hingga settlement di Australia.

Tertarik untuk melamar beasiswa LPDP? Kalo iya, segera persiapkan dokumen kalian mulai dari sekarang! Jika kalian punya pertanyaan seputar kuliah di Australia, kalian bisa bertanya langsung dengan konsultan pendidikan education ONE yang bisa kalian kontak di sini.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya!