Sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia selain Finlandia, Kanada menjadi pusat dari beberapa kampus terbaik di dunia. Ada sekitar 30 perguruan tinggi di Kanada yang termasuk dalam peringkat kampus terbaik di dunia, menurut Times Higher Education’s World University Rankings 2020.

Dibandingkan dengan negara tetangga mereka, Amerika Serikat, Kanada menawarkan biaya kuliah yang terjangkau, proses pendaftaran yang lebih sederhana, dan kesempatan untuk menetap di Kanada sebagai permanent resident.

Dua diantara kampus terbaik di Kanada, University of Toronto dan University of British Columbia, terkenal akan hasil risetnya yang telah diakui dunia yang membuktikan kampus-kampus ini menghasilkan riset akademik berkualitas tinggi.

Banyak universitas di Kanada yang terkenal karena mempromosikan pandangan global dengan menjaring pelajar dan fakultas internasional, dan mendorong kolaborasi internasional. Kalian bisa merasakan suasana kosmopolitan dalam lingkungan kampus.

Menurut survei yang diadakan oleh Biro Pendidikan Internasional untuk Pelajar Internasional Kanada, sebanyak lebih dari 90 persen siswa mengaku puas atau sangat puas dengan pengalaman studi mereka di Kanada, dan  sebanyak 95 persen akan merekomendasikan Kanada sebagai tujuan studi.

Buat kalian yang sudah penasaran, yuk cek daftar 5 kampus terbaik di Kanada dilansir dari timeshighereducation.com!

Top 5 universities in Canada

1. University of Toronto

Awalnya berada di bawah pengawasan Gereja Inggris, universitas ini menjadi universitas pertama yang didirikan di koloni “Upper Canada” disusun sebagai sistem perguruan tinggi, yang dirancang persis dengan universitas bergengsi di Inggris.

University of Toronto memiliki banyak prestasi akademik, termasuk rumah penerbitan akademik pertama Kanada, fakultas sains hutan pertama di Kanada, dan menjadi universitas Kanada pertama yang memiliki sumbangan dana mencapai lebih dari $1 miliar (£ 586 juta) atau sekitar IDR 10 triliun.

Gerakan akademik yang berpengaruh dimulai di universitas ini, termasuk Toronto School of Literary Criticism And Communication Theory, the NP-Completeness Theory bidang Ilmu Komputer dan penelitian di bidang stem cell treatment.

Lokasi University of Toronto memiliki beberapa bangunan bersejarah dan halaman yang menyaingi karya seni terbaik di Eropa. Ada lebih dari 700 gelar sarjana dan 200 gelar pascasarjana ditawarkan dan kampus ini adalah salah satu yang terbaik di dunia dalam bidang kedokteran. Alumni terkenal termasuk lima perdana menteri Kanada dan penulis Michael Ondaatje dan Margaret Atwood. Secara total, 10 pemenang Nobel berafiliasi dengan universitas.

2. University of British Columbia

Sebagai universitas tertua di provinsi ini, University of British Columbia adalah salah satu universitas yang paling kompetitif di Kanada.

Kampus ini memiliki dua cabang: satu di Vancouver dan satu di Kelowna. Kampus utama di Vancouver berlokasi tak jauh dari beberapa pantai dan menawarkan pemandangan pegunungan North Shore. Ada sejumlah kebun raya dan taman peringatan di kampus serta pusat seni pertunjukan yang terkenal.

Universitas ini juga menawarkan sejumlah beasiswa bagi pelajar mereka, termasuk Donald A. Wehrung International Student Award bagi pelajar yang berasal dari negara yang terkena dampak perang.

Ada delapan pemenang hadiah Nobel yang dikaitkan dengan universitas ini, seperti 71 cendekiawan Rhodes dan 65 peraih medali Olimpiade. Siklotron terbesar di dunia – sejenis akselerator partikel – bertempat di universitas ini, di TRIUMF, laboratorium nasional negara itu untuk partikel dan fisika nuklir.

Universitas ini memiliki 12 fakultas di kampus Vancouver dan tujuh fakultas lainnya di kampus Kelowna. Dan di sini, mereka menawarkan program sarjana khusus bersama dengan Sciences Po di Paris.

Oh, dan kalian harus tau kalo ada tiga perdana menteri Kanada telah dididik di kampus ini, termasuk perdana menteri saat ini, Justin Trudeau, yang lulus dengan gelar Sarjana Pendidikan.

3. McGill University

McGill University adalah satu-satunya lembaga Kanada yang diwakili dalam Forum Pemimpin Universitas Global Forum Ekonomi Dunia, yang terdiri atas 26 kepala lembaga pendidikan tinggi top dunia. Didirikan pada tahun 1821, mereka memiliki kampus utama yang terletak di kaki Gunung Royal di pusat kota Montreal.

Semua bangunan universitas ini murni dibangun menggunakan batu kapur abu-abu lokal, yang memberikan kesan kampus dengan estetika yang mencolok. Pada tahun 1829, McGill mendirikan fakultas kedokteran pertama di negara itu, dan hingga saat ini universitas ini mendapat nilai tinggi dalam hal peringkat dunia untuk mata kuliah bidang klinis.

Universitas ini menawarkan lebih dari 300 mata pelajaran gelar kepada lebih dari 31.000 siswa dari 150 negara. Ini dianggap sebagai salah satu institusi paling beragam di Kanada.

Penyanyi-penulis lagu Leonard Cohen dan aktor William Shatner adalah lulusan dari kampus ini. Selain itu, kampus ini juga mendidik lebih banyak sarjana Rhodes daripada universitas Kanada lainnya.

4. McMaster University 

Universitas McMaster terletak di Hamilton, Ontario dengan kampus utama terletak di 121 hektar tanah dekat Taman Botani Hamilton di Hamilton. Mengambil nama William McMaster, seorang senator dan bankir Kanada terkemuka yang menyumbangkan $ 900.000 atau sekitar IDR 9 miliar untuk mendirikan institusi tersebut.

Sekolah kedokteran di McMaster University telah terkenal di dunia. Kampus ini juga fakultas teknik, bisnis, humaniora, ilmu sosial, dan sains. Di sini, mereka memberikan penekanan kuat pada penelitian yang bekerja untuk menargetkan beberapa kebutuhan yang paling mendesak di masyarakat, khususnya di bidang ilmu kesehatan. Ini termasuk penelitian dari Stem Cell dan Cancer Research Institute, yang mengubah bagian kecil dari kulit manusia menjadi sel darah, yang dapat membantu mengurangi kekurangan donor darah.

Mahasiswa di sini berasal dari lebih dari 90 negara dan universitas ini mengadakan sekitar 70 perjanjian pertukaran internasional dengan universitas di seluruh dunia. Universitas ini memiliki motto yang dipilih dari Kolose 1:17, adalah: “Semua hal bersatu dalam Kristus” dan tidak biasa karena ditulis dalam bahasa Yunani alih-alih bahasa Latin atau Inggris tradisional.

5. University of Montreal

Satu-satunya universitas dengan bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Perancis yang berada di posisi lima besar, University of Montreal adalah universitas terbesar kedua di negara ini dalam hal jumlah pelajar, di mana ada lebih dari 37.000 siswa terdaftar. Seperempat dari semua pelajar tersebut adalah pelajar internasional.

Kampus utama University of Montreal terletak di lereng Gunung Royal. Bangunan sentral yang khas dibangun dengan gaya Art Deco.

Tujuh puluh empat persen dari badan mahasiswa terdaftar pada gelar sarjana. Serikat siswa mewakili mahasiswa sarjana dan pascasarjana dan memiliki tiga persaudaraan dan perkumpulan mahasiswa yang berafiliasi.

Olahraga universitas populer – tim olahraga universitas ini dikenal sebagai Carabins dan bersaing di bulutangkis, sepak bola dan hoki Kanada, di antara olahraga lainnya.

Banyak pemimpin bisnis terkenal adalah lulusan universitas ini, termasuk Louis R. Chênevert, Chief Executive Officer dari United Technologies Corporation. Lulusan lainnya dicatat karena kontribusinya dalam penelitian ilmiah, termasuk inovasi dalam tenaga nuklir, persepsi visual dan kriptografi kuantum.

Universitas juga menghasilkan mantan perdana menteri Pierre Trudeau dan 10 perdana menteri Quebec di antara daftar alumninya.

Daftar Kampus Terbaik di Kanada 2020

Berikut di bawah ini daftar universitas terbaik di Kanada menurut World University Rankings 2020

Peringkat Universitas Kanada 2020Peringkat Universitas Dunia 2020 UniversitasProvinsiKota
1 18 University of TorontoOntarioToronto
2 34 University of British ColumbiaBritish ColumbiaVancouver
3 42 McGill UniversityQuebecMontreal
4 72 McMaster UniversityOntarioHamilton
5 85 University of MontrealQuebecMontreal
6136 University of AlbertaAlbertaEdmonton
7141 University of OttawaOntarioOttawa
8 201–250 University of CalgaryAlbertaCalgary
9 201–250 University of WaterlooOntarioWaterloo
10 201–250 Western UniversityOntarioLondon
11 251–300 Dalhousie UniversityNova ScotiaHalifax
12 251–300 Laval UniversityQuebecQuebec City
13 251–300 Queen’s UniversityOntarioKingston
14 251–300 Simon Fraser UniversityBritish ColumbiaBurnaby
15 351–400 University of ManitobaManitobaWinnipeg
16 401–500 University of SaskatchewanSaskatchewanSaskatoon
17 401–500 University of VictoriaBritish ColumbiaVictoria
18 401–500 York UniversityOntarioToronto
19 501–600 Carleton UniversityOntarioOttawa
20 501–600 University of GuelphOntarioGuelph
21 501–600 Memorial University of NewfoundlandNewfoundland and LabradorSt John’s 
22 601–800 Concordia UniversityQuebecMontreal
23 601–800 Lakehead UniversityOntarioThunder Bay and Orillia
24 601–800 Université du QuébecQuebecQuebec City
25 601–800 University of ReginaSaskatchewanRegina
26 601–800 Ryerson UniversityOntarioToronto
27 601–800 Université de SherbrookeQuebecSherbrooke
28 601–800 University of WindsorOntarioWindsor
29 801–1000 University of Northern British Columbia (UNBC)British ColumbiaPrince George
30 1001+ University of LethbridgeAlberta Lethbridge