Transportasi merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi untuk menunjang kebutuhan primer dan sekunder setiap orang. Terlepas apakah anda memerlukan transportasi untuk pulang pergi ke tempat kuliah, kerja, atau untuk memenuhi kebutuhan rekreasi atau liburan. Transportasi umum menjadi salah satu pilihan yang paling bersahabat di Australia.

Australia memiliki berbagai jenis transportasi umum seperti bis, kereta api, kapal feri, tram, taksi dan tentu saja pesawat. Masing – masing negara bagian memiliki jenis transportasi yang berbeda satu dengan lainnya. Setiap negara bagian dan wilayah memiliki situs web tertentu untuk sistem transportasi umumnya. Situs web ini merupakan cara sangat baik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai transportasi apa yang tersedia di kota Anda dan berapa besar biayanya.

Kereta api atau Train

Kereta Api di Australia

Kereta api tersedia hampir di seluruh negara bagian di Australia, diantaranya Sydney (New South Wales), Brisbane (Queensland), Melbourne (Victoria), Adelaide (South Australia) dan Perth (Western Australia). Layanan kereta api sangat luas dan efisien serta memiliki jam operasi yang cukup panjang dari pagi hingga tengah malam. Terdapat pula layanan kereta api gratis (di dalam zona transit gratis) antara stasiun McIver dan stasiun City West yang dapat dinikmati di Perth.

Bis

Bis di australia

Bis adalah pilihan transportasi utama di Australia karena tersebar di deluruh penjuru negeri ini. Terdapat beberapa layanan bis gratis, seperti bis CAT gratis di seputar kawasan pusat bisnis (Perth, Western Australia); bis gratis di seputar lingkaran kota (Adelaide, South Australia); Loop, layanan bis gratis yang melalui pusat kota (Brisbane, Queensland). Bis reguler terdapat di seluruh kota dengan jalur dan waktu layanan yang bervariasi masing-masingnya.

Kapal Feri – Ferry

ferry

Kapal Feri adalah jenis transportasi yang sifatnya rekreasional dan hanya terdapat di beberapa negara bagian seperti Perth (Western Australia), Brisbane (Queensland), Sydney (New South Wales). Transportasi ini adalah modus perjalanan yang populer di Australia.

Tram, Metro Light Rail and Monorail

Monorail Australia

Tram adalah transportasi yang sangat efisien dan hanya terdapat di Adelaide (South Australia) dan Melbourne (Victoria). Transportasi masyarakat urban ini memiliki jalur melalui pusat dan pinggiran kota. Berbeda dengan tram, metrolight dan Monorail terdapat hanya di Sydney (New South Wales). Monorail dan Metro Light Rail menawarkan layanan yang efisien di seputar pusat kota dan juga ke dan dari beberapa pinggiran kota di daerah pedalaman.

Cukup banyak bukan transportasi umum yang dapat diakses selama kamu tinggal di Australia. Ternyata sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk berpergian di Australia dengan menggunakan transportasi umum. Jadi tunggu apa lagi, mari mengejar mimpi ke Australia! Untuk informasi lebih lanjut mengenai serba-serbi sekolah dan berkarir di Australia, kamu bisa menghubungi konsultan Education One di www.educationone.co.id.