Kanada telah dikenal sebagai negara multi etnis dan memakai dua bahasa sebagai bahasa pengantar; Inggris dan Perancis. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, Kanada memiliki sistem pendidikan dan layanan kesehatan terbaik di dunia.

Apalagi, dikutip dari Hotcourses Indonesia, Kanada mengizinkan pelajar internasional yang telah menyelesaikan studi mereka untuk bekerja selama setahun setelah lulus. Dan di Kanada, kalian bisa kuliah sambil bekerja, lho! Hal ini membuat banyak pelajar internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Kanada.

Namun, kuliah di Kanada memerlukan biaya yang nggak sedikit. Biaya kuliah di Kanada cukup tinggi dan di beberapa kota besar, biaya hidupnya tergolong tinggi. Hal ini yang membuat banyak pelajar internasional merasa enggan untuk melanjutkan kuliah di Kanada.

Buat kalian yang ingin kuliah di Kanada, namun terhalang masalah keuangan, kalian bisa mendaftar program beasiswa untuk pelajar internasional. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Kanada dan universitas-universitas Kanada bagi pelajar internasional.

Kali ini, kita bakal bahas jenis beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar internasional dan nama-nama penyelenggara beasiswa yang bisa kalian daftarkan untuk melanjutkan pendidikan kalian di Kanada! Yuk, kita bahas sama-sama!

Jenis Beasiswa yang Ditawarkan Kepada Pelajar Asing

Umumnya, ada beberapa jenis beasiswa yang tersedia bagi pelajar internasional yang berencana untuk mendaftar ke universitas. Demikian pula halnya dengan Kanada. Di Kanada sendiri, program beasiswa terdiri dari:

Beasiswa universitas

Kebanyakan universitas di Kanada menawarkan berbagai bantuan keuangan bagi pelajar internasional. Kalian bisa cek di situs resmi universitas incaran mereka untuk mengetahui beasiswa yang ditawarkan. Jangan malas buat ngecek ya!

Bantuan finansial

Jenis beasiswa ini diberikan berdasarkan kemampuan finansial calon pelajar. Kebanyakan jenis beasiswa ini hanya tersedia bagi penduduk Amerika Serikat, namun sebagian universitas di Kanada juga menawarkan jenis beasiswa ini kepada pelajar asing. Jadi, sekali lagi, cek, cek, dan cek situs resmi mereka!

Beasiswa prestasi

Jenis beasiswa ini ditujukan bagi calon pelajar yang memiliki kemampuan akademis yang menonjol, atlet di sekolah, memberikan kontribusi terhadap komunitas, atau memiliki usaha mandiri. Jika kalian memiliki prestasi di bidang akademik ataupun non-akademik, kalian bisa mencari jenis beasiswa ini!

Beasiswa berbasis negara 

Beasiswa ini lebih ditujukan bagi pelajar internasional yang berasal dari negara berkembang.

Beasiswa dari pihak pemerintah

Jenis beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Kanada. Ada banyak sekali program beasiswa bagi pelajar internasional yang bisa kalian pilih dan ajukan.

Beasiswa dari pihak swasta

Terkadang ada sejumlah perusahaan swasta atau donatur yang menawarkan beasiswa kepada pelajar internasional, yang kebanyakan ditujukan bagi negara berkembang, kelompok minoritas atau jurusan tertentu.

Beasiswa parsial

Beasiswa ini lebih mengarah pada potongan biaya kuliah yang bisa membantu mengurangi sebagian biaya kuliah pelajar internasional.

Beasiswa Pemerintah Kanada

Vanier Canada Graduate Scholarships 

Jenis beasiswa ini ditujukan bagi pelajar doktoral kelas dunia, di mana penerima akan mendapatkan bantuan keuangan sebesar CAD 50,000 per tahun atau sekitar IDR 353 juta selama 3 tahun, yang bisa digunakan untuk membiayai program doktoral atau gabungan S-2 dan PhD.

Banting Postdoctoral Fellowships 

Jenis beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional yang mengambil program Paska Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sosial atau Jurusan Kesehatan.

IDRC Doctoral Research Awards 

Jenis beasiswa ini ditujukan pada pelajar internasional dari negara berkembang yang telah menjadi mahasiswa di universitas di Kanada.

NSERC Postgraduate Scholarships 

Jenis beasiswa ini ditawarkan pemerintah Kanada bagi pelajar internasional yang memilih jurusan Ilmu Alam atau Teknik.

Beasiswa Universitas

Lester B. Pearson International Scholarships 

Beasiswa ini ditawarkan oleh University of Toronto yang ditujukan bagi pelajar internasional yang menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, buku, biaya kecelakaan dan dukungan tinggal penuh selama empat tahun.

Humber College International Entrance Scholarships 

Program beasiswa ini menawarkan beasiswa penuh dan parsial kepada pelajar internasional baru yang diperbarui setiap tahunnya.

York University International Student Scholarship Programme 

Jenis beasiswa ini memberikan bantuan keuangan sebesar CAD 60,000 atau sekitar IDR 643 juta sampai CAD 100,000 yaitu sekitar IDR 1 milyar untuk program empat tahun bagi pelajar internasional yang memiliki prestasi akademik yang cemerlang. 

University of British Columbia Scholarships for International Students 

Universitas ini mendedikasikan lebih dari $10 juta atau sekitar IDR 107 milyar setiap tahunnya dalam bentuk penghargaan, beasiswa, dan bantuan keuangan lainnya bagi pelajar internasional mereka untuk program Sarjana.

Carleton University Entrance Scholarships for International Students

Universitas ini menawarkan program beasiswa parsial senilai $4,000 hingga $16,000 atau sekitar IDR 42 juta sampai dengan IDR 171 juta kepada pelajar internasional mereka yang memenuhi kriteria penerimaan universitas sebesar 80 persen ke atas.

University of Manitoba graduate fellowships 

Penghargaan ini diberikan pada pelajar dari berbagai kewarganegaraan yang telah mendaftar sebagai pelajar Pasca Sarjana penuh waktu di University of Manitoba. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan dana sebesar $18,000 atau IDR 192 juta untuk PhD dan $14,000, sekitar IDR 150 juta untuk Master.

Pierre Elliot Trudeau Foundation Doctoral Scholarships 

Program ini terbuka untuk pelajar asing yang mendaftar program doktoral di bidang sosial dan humaniora. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan keuangan sebesar maksimal $60,000 yaitu sekitar IDR 643 juta per tahun selama tiga tahun.

University of Waterloo Master’s Awards of Excellence 

Program ini terbuka untuk pelajar internasional yang mendaftar program Master berbasis penelitian. Penerima akan mendapatkan bantuan keuangan sebesar $2,500 per terma atau sekitar IDR 26 juta selama maksimal 5 bulan.

University of Calgary Graduate awards 

Di University of Calgary, pelajar internasional berkesempatan untuk mendaftar program ini dengan bantuan keuangan hingga $40,000 atau IDR 428 juta. 

University of Winnipeg President’s Scholarships 

Program beasiswa ini ditujukan bagi pelajar internasional untuk program studi S-1 hingga S-3. Beasiswa ini diberikan secara parsial sebesar $3,500 yaitu sekitar IDR 37 juta.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan Kanada kepada pelajar internasional dilansir dari timeshighereducation.com. Tertarik untuk mencoba?