Sebagai negara berbahasa Inggris yang sering menjadi rujukan bagi pelajar internasional untuk meneruskan pendidikan mereka, Australia juga menawarkan kelas Bahasa Inggris bagi kalian yang berencana ke Australia untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka menawarkan kelas Bahasa Inggris melalui program ELICOS.

Apa itu ELICOS?

ELICOS merupakan kepanjangan dari English Language Intensive Course for Overseas Student. Jadi kursus ini ditujukan bagi warga non-Australia yang ingin belajar Bahasa Inggris di Australia. Pas banget buat kalian yang berencana ke Australia untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris!

Di Australia, ada bermacam – macam jurusan ELICOS yang bisa kalian pilih—tergantung tujuan pembelajaran kalian. Beberapa di antaranya adalah:

Tujuan Murid Jenis ELICOS yang Sesuai
Ingin menambah kemampuan bahasa Inggris sehari – hari General English
Ingin menambah pengetahuan dalam bahasa Inggris sehari – hari, dan membantu percakapan di tempat kerja di Australia General English
Ingin melanjutkan pendidikan ke Australia English for Academic Purpose
Ingin mendalami materi tes IELTS, atau TOEFL IELTS / TOEFL Preparation
Ingin menambah kemampuan bahasa Inggris dalam bidang tertentu (misal: Hospitality, Nursing) English for Specific Purpose
Ingin menambah kemampuan mengajar bahasa Inggris di negara asal English for Teaching
Menambah kemampuan bahasa Inggris, sekaligus liburan di Australia (Biasanya dengan grup) Study Tour

Perlu diketahui bahwa tidak semua penyedia ELICOS menyediakan semua jurusan diatas. Ada beberapa yang khusus menyediakan General English, IELTS / TOEFL Preparation, dan ada pula yang menyediakan campuran dari jurusan ELICOS diatas. Jadi lebih baik kalian cek dulu apakah kursus yang kalian inginkan ditawarkan oleh lembaga ELICOS yang akan kalian tuju.

Sekarang, kita bakal bahas mengenai visa. Bagi kalian yang berencana untuk mengikuti kursus ELICOS, kalian akan memerlukan visa pelajar. Mulai Juli 2016, Student Visa Subclass 570 (Independent ELICOS sector) telah resmi ditutup oleh Departemen Imigrasi Australia. Sebagai gantinya, kalian bisa mengajukan pendaftaran untuk Student Visa Subclass 500. Biaya untuk mendaftar visa ini pada tahun 2019 sebesar AUD 620.

Durasi belajar bahasa Inggris ELICOS bisa kalian pilih sendiri. Biasanya durasi yang disediakan 1-48 minggu untuk General English dan English for Specific Purposes dengan durasi belajar 25 jam per minggu, dan 12 minggu untuk Academic Purposes.

Terus, berapa biaya yang diperlukan untuk mendaftar program ELICOS ini?

Biaya yang diperlukan untuk mengikuti ELICOS bervariasi, tergantung dari lokasi dan lembaga penyedia layanan ELICOS yang kalian pilih. Untuk kota besar seperti Sydney, biayanya bisa lebih tinggi dibandingkan di Perth, misalnya. Biasanya mulai dari AUD 150 sampai dengan AUD 380 per minggu. Untuk mendaftar ELICOS, akan ada tes masuk untuk menentukan level bahasa Inggris kalian, yang akan memengaruhi durasi kalian untuk belajar bahasa Inggris.

Namun, ada sebagian lembaga ELICOS yang telah menetapkan durasi belajar bahasa Inggris untuk kepentingan tertentu, seperti P.I.C.E (Perth International College of English) yang menawarkan program persiapan IELTS for Academic Purposes dengan lama studi 8 minggu. Atau English College of Adelaide, yang menawarkan kelas bahasa Inggris untuk tujuan akademis dengan durasi 12 minggu. Jadi sebaiknya kalian cek dulu lembaga tempat kalian akan belajar bahasa Inggris untuk mengetahui pasti durasi belajar yang dibutuhkan.

FAQ untuk ELICOS

Q: Apakah bisa sambil kerja sambilan?

A: Bisa! Dengan Student Visa, kalian bisa bekerja sambilan seperti pelajar internasional lainnya, dengan durasi maksimal 40 jam per dua minggu.

Q: Bagaimana proses untuk mendaftar kursus ELICOS?

A: Tergantung pada tujuan kalian mengambil kursus ELICOS. Umumnya, akan dimulai dari:

Tujuan Kursus – Mencari sekolah ELICOS – Pendaftaran program – Tes penempatan kelas – Pembayaran kursus – Pembuatan visa – Datang ke Australia.

Q: Bagaimana apabila ingin ELICOS untuk waktu singkat maksimal 3 bulan?

A: Kalian dapat mengajukan Visitor Visa (Subclass 600) yang mengizinkan kalian untuk studi di Australia maksimal 3 bulan. Namun, kalian tidak  diperbolehkan untuk bekerja sambilan dengan visa ini. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ELICOS, kalian bisa langsung menghubungi kami melalui situs web kami di sini, atau datang ke kantor kami. Kita akan bantu kalian.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya, ya!