fbpx

Mengupas Persyaratan Beasiswa Magister dan Doktor LPDP Indonesia

Logo LPDP Indonesia. Photo belongs to © Kementerian Keuangan 2017.

Logo LPDP Indonesia. Photo belongs to © Kementerian Keuangan 2017.

Hi guys, sekarang kita akan mengupas informasi persyaratan salah satu program paling populer di beasiswa LPDP Indonesia yuk! education ONE cuma bakal kasi info persyatan penting untuk pendaftar aplikasi studi ke Australia saja sekarang, karena persyaratan lengkapnya bisa di cek di sini ya!

Persyaratan umum:

  1. Surat Keterangan Sehat (maksimal 6 bulan) yang menyatakan berbadan sehat, bebas dari narkoba, dan bebas TBC;
  2. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau atasan bagi yang sedang bekerja;
  3. Surat pernyataan
  4. Berusia maksimal 35 tahun (masyarakat umum) dan 42 tahun (ASN/PNS) untuk program S2, dan maksimal 40 tahun (masyarakat umum) dan 47 tahun (ASN/PNS) untuk program S3 per 31 Desember di tahun pendaftaran
  5. Tidak sedang atau telah menempuh S2 untuk aplikasi program S2, dan S3 untuk aplikasi program S3
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) min. 3,0 pada skala 4 untuk program S2 dan min. 3,25 pada skala 4 untuk program S3.
  7. TOEFL iBT® 75/IELTS™ 6,5 bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional; atau TOEFL iBT® 80/ IELTS™ 6,5 bagi pendaftar yang tidak memiliki LoA Unconditional.
  8. Wajib menyelesaikan masa studi sesuai yang tertuang dalam LoA Unconditional dengan ketentuan sekurang-kurangnya 11 (sebelas) bulan atau paling lama 24 (dua puluh empat) bulan.
  9. Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi tujuan.
  10. Menulis 2 (dua) esai (masing-masing 500 sampai 700 kata) dengan tema “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/ lembaga/instansi/profesi komunitas saya” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”

Sekarang education ONE akan perjelas lagi nih beberapa hal yang paling sering ditanyakan oleh aplikan, yaitu:

  1. Saya lulusan D4, bisa tidak apply beasiswa ini? Bisa, untuk program S2 boleh dari lulusan sarjana (S1) maupun sarjana terapan (D4) ya
  1. Saya tidak punya IELTS atau TOEFL iBT, boleh tidak pakai TOEFL prediction? Tidak, Universitas di Australia umumnya hanya menerima IELTS dan TOEFL iBT, beberapa juga menerima TOEIC, namun lebih disarankan IELTS ya. TOEFL ITP atau prediction tidak dapat digunakan ya
  1. Saya bingung, bagaimana saya memilih kampusnya ya? Kampus yang dapat kalian pilih untuk pendaftaran studi ke Australia adalah Deakin University, James Cook University, Monash University, Murdoch University, Queensland University of Technology, RMIT University, The Australian National University, The University of Adelaide, The University of Melbourne, The University of New South Wales, The University of Newcastle, The University of Queensland, The University of Sydney, The University of Western Australia, University of Technology Sydney. Masing-masing kampus punya program unggulan tersendiri, kalian bisa konsultasikan langsung dengan konsultan kami untuk tahu kampus yang sesuai untuk kalian ya
  1. Apakah education ONE bisa urus semua persyaratan untuk saya apply beasiswa ini? Tidak, beasiswa harus diaplikasikan sendiri dan semua persyaratan harus dipenuhi sendiri karena merupakan kepentingan pelamar beasiswa.
  1. Apa itu LoA unconditional? LoA adalah surat yang menyatakan kalian dapat diterima di universitas yang inginkan. LoA jenisnya ada yang conditional atau bersyarat, umumnya jika kalian belum memenuhi salah satu persyaratan kampusnya seperti nilai IELTS yang kurang da nada juga LoA unconditional atau tanpa syarat, jika kalian telah memenuhi semua peryaratan kampusnya. Perlu diketahui bahwa untuk aplikasi beasiswa LPDP, hanya LoA unconditional yang diperhitungkan, jadi jangan habiskan waktu untuk mencari LoA jika persyaratan kampusnya saja kalian belum mampu penuhi ya.
  1. education ONE bisa bantu daftarkan untuk mendapatkan LoA unconditional tidak? Bisa, namun hanya jika seluruh persyaratan sekolahnya dipenuhi dengan lengkap, mulai dari english requirement, academic requirement, hingga others requirement sesuai persyaratan kampus yang dituju ya.
  1. Kalau saya sudah dapat beasiswanya, apa yang education ONE bisa bantu untuk studi saya? Kami bisa bantu pendaftaran kuliah, pengurusan visanya, dan juga settlement di Australianya nanti ya!

Menarik bukan tawaran beasiswanya? Buat kalian yang ingin kuliah di Australia, kalian bisa coba apply beasiswa ini ya. Jika kalian perlu informasi seputar rencana kuliah di Australia atau mau tanya-tanya seputar kehidupan sebagai pelajar Internasional di Australia, jangan segan hubungi kami!

PS: Dont forget to like our Facebook Page ya, silahkan klik di sini.

By |2018-07-25T13:35:15+00:00April 4th, 2017|

Leave A Comment