Untuk bisa melakukan Phd di Australia, ada proses khusus yang kalian harus lakukan sebelum melakukan pendaftaran. Disini, kami sarankan agar kalian memberikan waktu yang agak panjang (sekitar 3 – 6 bulan) persiapan. Kenapa? Berikut adalah alasannya.

PS : Mencari Supervisor di Australia

Ya, supervisor, atau pendamping kalian selama proses disertasi & penelitian dilakukan. Kira – kira sekitar 3 – 4 tahun akan bersama kalian nantinya.

Mari kita pelajari lebih dalam.

Pihak kampus sebagian besar tidak akan menerima aplikasi kalian sebelum kalian menemukan profesor mereka yang tertarik akan judul penelitian yang akan kalian buat, serta bersedia untuk menjadi pendamping selama perkuliahan PhD.

Lalu, darimana kalian harus memulai

Untuk hal ini, beberapa saran kami adalah :

  1. Membuka www.findaphd.com untuk mencari lowongan penelitian yang dibuka oleh dosen PhD di Australia, atau menghubungi profesor dari universitas penyedia program Phd di Australia.
  2. Mencari tahu email dosen yang berkepentingan di salah satu universitas di Australia, dengan masuk ke website kampus terkait, dan
  3. Pastikan dosen tersebut memiliki topik penelitian yang sama dengan yang kalian akan ambil.
  4. Pastikan kalian sudah membaca karya tulis yang dibuat oleh dosen bersangkutan dan jika memungkinkan kaitkan dengan penelitian kalian.
  5. Profesor memiliki wewenang 100% untuk menyetujui atau tidak untuk menjadi pendamping / supervisor kalian. Dan hal ini tidak dapat dipaksakan.

Yang kalian akan kirimkan adalah :

  1. Informasikan proyek yang akan kalian kerjakan secara padat dan jelas, dan keuntungan terhadap penelitian yang dilakukan penelitian mereka
  2. Kalian tidak perlu mengirimkan semua penelitian kalian, cukup apa saja yang sudah kalian lakukan sampai saat ini untuk pengembangan dan konsep ide penelitian kalian
  3. Lakukan hal dan percakapan lainnya, hingga calon supervisor memberikan ketersediaan mereka untuk bekerjasama.

Barulah kemudian setelah mendapatkan persetujuan dari profesor, kalian baru bisa mengajukan pendaftaran Phd di kampus pilihan kalian di Australia.