fbpx

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia

Personal  Statement merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi jika Anda ingin melanjutkan visa pelajar Australia. Mungkin beberapa dari Anda belum memahami dengan sepenuhnya apa itu personal statement. Atau masih belum menemukan cara yang pas untuk menulis personal statement yang bermutu. Jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips untuk menulis personal statement yang baik.

 

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia3

Nah, disini Anda bisa bebas mengekspresikan diri Anda mengenai kelebihan yang Anda miliki dan mengapa Anda layak untuk diterima di kampus tersebut. Namun disini, diperlukan kejujuran dan pernyataan yang sebenar-benarnya tentang diri Anda, jangan terlalu melebih-lebihkan diri atau mengada-ada tentang kelebihan yang Anda miliki. Biasanya hal yang ingin mereka ketahui adalah, latar belakang pendidikan dan motivasi Anda.

Bagaimana cara menulis personal statement yang baik?

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia2

Seperti misalnya, tulislah mengenai latar belakang Anda dan mengapa Anda ingin melanjutkan pendidikan di kampus tersebut, hal-hal positif apa saja yang akan Anda dapatkan di kampus tersebut. Tulislah seolah Anda sedang merangkai sebuah cerita, dan kaitkan antara latar belakang Anda dengan kampus tersebut. Dan jangan lupa, perbanyaklah riset Anda mengenai kampus tersebut, semakin Anda mengenal kampus itu maka semakin terlihat kesungguhan Anda untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut.

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia4

Kita memang tidak boleh berbohong dalam menulis personal statement, namun jangan lupa, kita perlu menyampaikan tentang diri kita sendiri dalam kemasan yang baik. Maksudnya adalah, jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan tentang diri Anda, jangan menggunakan kata-kata yang terlalu “wow”. Cukup menggunakan contoh yang menggambarkan diri kita, misalnya Anda pernah mengikuti suatu organisasi atau memimpin organisasi tersebut, disana akan tergambar bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Tips Menulis Personal Statement untuk Visa Pelajar Australia5

Dan yang paling penting adalah, jangan berbohong mengenai prestasi Anda , jangan menulis informasi yang tidak relevan, ingat! Anda harus berkata jujur tentang diri Anda namun sampaikanlah dengan kemasan yang baik.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki bayangan untuk membuat personal statement yang baik? Semoga tips-tips di atas dapat membantu proses applikasi student visa Australia anda.

Kuliah ke Australia bukan lagi menjadi hal yang sulit lagi, karena kami education One, akan dengan senang hati membantu Anda dalam melewati tahap-tahap untuk melanjutkan pendidikan Anda ke Australia. Jangan ragu untuk menghubungi kami di 0361 8466 362 atau bisa juga akses website kami di www.educationone-indo.com.

Think Australia, think education ONE !

 

By |2018-07-25T13:35:27+00:00October 14th, 2014|

Leave A Comment