fbpx
Hubungi Kami

Transportasi Di Australia Tawarkan Kemudahan Bepergian Hingga Ke Ujung Benua

Table of Content

Panduan Terlengkap Transportasi Di Australia

Pilihan transportasi di Australia yang bisa dipakai untuk wara-wiri kesana kesini emang banyak banget, terlebih lagi kalau kamu pelajar internasional yang selalu hemat budget.

Kalau di Indonesia, sebagai pelajar kamu akan menggunakan transportasi seperti Angkutan Kota (Angkot), Bis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Kereta Rel Listrik (KRL), Ojek Online (Ojol), Ojek Konvensional, hingga Mass Rapid Transit (MRT).

Terlebih lagi dengan kebersihan, keamanan, dan kemudahan akses akan bikin kamu nyaman untuk pakai transportasi umum ini buat jadi pilihan sehari-hari.

Australia juga mempunyai banyak transportasi publik yang nyaman untuk pelajar internasional karena Australia menyadari banyaknya jumlah pelajar internasional yang akan menggunakan transportasi publik di Australia .

Oleh karena itu, kalau kamu sedang mencari informasi seputar transportasi yang bisa kamu gunakan saat berada di Australia, artikel education ONE kali ini akan memberikan informasi dan panduan terlengkapnya.

Seberapa Penting Transportasi Umum untuk Kuliah Di Australia?

Penting banget! Bayangin aja deh, gimana susahnya kalo mau ke kampus, ke tempat makan, nongkrong, atau ke mana-mana gitu tanpa adanya transportasi umum.

Di Australia, jarak antar tempat tuh bisa jauh banget, jadi kalo cuma mengandalkan jalan kaki itu seringkali nggak efektf, terlebih lagi kita yang di Indonesia kalau bepergian jarak dekat aja masih pakai kendaraan.

Sedangkan transportasi publik di Australia sangat nyaman dan terjangkau, jadi pelajar internasional bisa lebih leluasa menjelajahi kota dan daerah sekitarnya.

Selain itu, transportasi umum di Australia juga tepat waktu, kamu nggak perlu khawatir terlambat datang ke kelas karena jadwal kereta yang nggak sesuai.

Jadi, kamu harus banget tau apa aja sih transportasi publik yang tersedia di Australia, meskipun nggak ngebahas rute-nya secara detail, tapi dengan baca artikel ini kamu akan tau opsi apa aja sih yang kamu punya ketika kuliah di Australia.

Karena ya meskipun tinggal hanya untuk sementara, pastinya kamu harus paham apa saja sih fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Australia.

Apa Konsekuensi Yang Harus Dihadapi Pelajar Internasional Kalau Tidak Memahami Transportasi Publik Di Australia?

Jangan salah, ada loh konsekuensi yang bisa kamu terima kalau nggak paham tentang apa aja transportasi yang ada di Australia.

Kalau nggak paham transportasi umum di Australia, kamu mungkin akan mengalami masalah yang sebenarnya bisa kamu hindari yang akan mempengaruhi pengalaman studi di Australia, seperti:

  1. Keterlambatan dan absensi: Kamu bisa saja terlambat dan akibatnya adalah absensi di kelas. Hal ini dapat mempengaruhi penilaian akademik dan perkembangan studi.
  2. Biaya yang lebih tinggi: Kamu akan menghabiskan lebih banyak uang untuk transportasi daripada yang seharusnya. Hal ini dapat mempengaruhi anggaran biaya hidupmu di Australia
  3. Kesulitan untuk menjelajahi Australia: Kamu akan kesulitan menjelajahi tempat-tempat menarik di Australia karena berujung dengan buruknya pengalaman belajar dan menjadi terisolasi.
  4. Kesulitan beradaptasi: Kamu akan kesulitan untuk beradaptasi dengan budaya baru di Australia yang akan mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional selama belajar di Australia.

Apa Saja Pilihan Transportasi Publik Yang Ada Di Australia?

Kalau ngomongin soal transportasi, Australia punya banyak pilihan yang keren dan nyaman digunakan untuk rutinitas sehari-hari seperti pergi ngampus, makan, belanja, hingga nongkrong.

Pilihan transportasi di Australia sangatlah beragam dari yang bisa digunakan bersama puluhan orang lainnya seperti bis atau yang bersifat lebih personal seperti taksi.

Apa saja pilihan transportasi di Australia?

Sepeda, Transportasi Australia yang ramah lingkungan

Kebanyakan pelajar internasional ngabisin AUD 700 – 1500 per tahun untuk kebutuhan transportasi. Jadi beli atau sewa sepeda sebenernya bisa jadi alternatif yang ekonomis.

Pilihan Transportasi Di Australia

Kalau kamu mau pakai sepeda juga wajib hukumnya buat ikutin aturan-aturan yang ada – pakai helm, lampu di sisi depan dan belakang, sampai ke kunci buat gembok sepeda dan jangan lupa juga buat ikutin aturan selama di jalan.

Terus dimana sih bisa sewa sepeda di Australia?

Bis Umum

Bis adalah pilihan paling ekonomis untuk pelajar internasional selama di Australia, kok bisa?

Layanan bis bisa dibilang paling mudah ditemukan karena punya banyak rute dan biayanya yang lebih murah dibandingkan dengan kereta dan taksi.

Layanan bis kota ini biasanya bisa diakses dengan cara pakai sistem kartu pintar atau smart card system yang bisa dipakai secara berulang.

Di wilayah regional, kamu juga masih bisa untuk beli tiketnya langsung ketika naik bis.

Bis

Baca Juga: Inilah Perkiraan Biaya Kuliah di Australia 2023

Ada juga pilihan bis yang biasanya dipakai buat pergi kayak antar kota, kalau di Indonesia disebutnya AKAP, tapi kalau di Australia disebutnya coach bus.

Bis jenis ini sendiri pastinya lebih nyaman karena punya fasilitas hiburan, kamar mandi, sampai wifi dan tempat untuk nge-charge HP.

Kamu bisa buka situs ini kalau mau ngecek rute dan harga untuk bis dan coach ini.

Kereta

Sistem perkeretaapian di Australia pada dasarnya udah ngehubungin seluruh negara bagian Australia.

Dengan jalur utamanya yang membentang sejauh 33.919 km yang akhirnya membuat kereta jadi opsi paling mudah dan cepat buat bepergian antar kota di Australia.

Layanan kereta paling populer di Australia adalah sebagai berikut ini.

Tonton: 5 Wisata Australia Yang Wajib Dikunjungi Di 2023

Taksi & Uber

Untuk bepergian yang membutuhkan privasi, taksi bisa jadi pilihan yang bagus. Taksi bisa dipanggil dari pinggir jalan, sama kayak di Indonesia.

Taksi nggak harus jadi pilihan utama karena harga yang bisa dibilang cukup mahal, jadi sebagai pelajar internasional kamu harus coba cari opsi lain atau seenggaknya bisa cek dulu harganya di aplikasi.

Yang harus diingat juga harga taksi itu nggak bisa dinego, apa yang tertera, itulah yang harus dibayar.

Taksi

Nih beberapa provider taksi di Australia:

Sama kayak di Indonesia, Australia juga punya taksi online yang bisa antar-jemput sesuai dengan titik yang kamu pilih, yaitu Uber.

Karena sempat ada di Indonesia, namanya pasti sudah nggak asing lagi di telinga.

Uber bisa jadi pilihan dengan harga yang lebih pasti dan kemungkinan lebih murah dibandingkan taksi konvensional.

Pesawat: Transportasi Antar Negara Bagian Australia

Yap, pilihan paling realistis kalau mau bepergian dengan jarak yang super jauh tapi harus sampai dengan waktu yang singkat.

Sebagai contoh, kalau kamu pergi dari Sydney ke Perth itu bisa sekitar 40 jam sampai 1 minggu, tergantung sama rencana perjalanan.

Tapi dengan naik pesawat, kamu cuma butuh 5 jam aja buat nyebrang dari Sydney ke Perth.

Pesawat

Ini 4 penyedia penerbangan di Australia yang paling banyak dipakai:

Transportasi Australia yang Menggunakan Web & App

Dimanapun tempat tinggalmu di Australia, setiap wilayah punya transportasi umumnya masing-masing.

Sehingga kamu harus mengecek sendiri di wilayah yang kamu mau dan cari transportasi umum di Australia yang mau kamu gunakan.

Terlebih lagi rata-rata seluruh transportasi umum di Australia sudah terintegrasi dengan aplikasi di handphone, sehingga kamu bisa pesan, lihat jadwal, membatalkan pesanan sesuai dengan ketentuan.

Aplikasi ini juga bisa bantu untuk cari terminal terdekat, perkiraan waktu kedatangan, dan bikin rencana perjalananmu kemanapun.

Inilah situs transportasi umum setiap wilayah di Australia.

Transportasi Di Australia dengan Sistem Smart Card

Sistem kartu pintar (smart card system) itu alternatif terbaik buat bikin transaksi jadi cashless, terlebih lagi dengan biaya transportasi di Australia yang beragam. Pastinya bepergian akan jadi lebih efektif karena nggak perlu lagi buat antre panjang buat dapetin tiket.

Kota yang Menggunakan Sistem Smart Card

Ini adalah kota di Australia yang sudah pakai sistem smart card yang bisa dipakai ulang buat naik transportasi umum di Australia.

  • Sydney : Opal Card (tiket; bis, kereta, feri, tram)
  • Brisbane : Go Card (tiket; bis, kereta, feri, tram)
  • Adelaide : MetroCARD (tiket; bis, kereta, tram)
  • Melbourne : Myki (tiket; bis, kereta, tram)
  • Canberra : MyWay (tiket; bis, kereta)
  • Perth : SmartRider (tiket; bis, kereta)
  • Darwin : Tap and Ride (tiket; bis)
  • Hobart : Greencard (tiket; bis)

Dimana Bisa Membeli Smart Card?

Saat tiba di Australia, kamu bisa membeli smart card di bandara atau stasiun, tergantung pada kota mana kamu berada.

Kamu bisa juga beli kartu untuk kota lain di feri, terminal, agen koran, supermarket, 7-Eleven, toko konvensional, vending machines, dan apotek.

Keuntungan Menggunakan Sistem Smart Card

  • Kontrol Akun Secara Online: Kamu bisa dengan mudah mengatur smart card karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tertera disana; mulai dari riwayat perjalanan, mengecek saldo, sampai daftar transportasi di Australia yang pernah kamu pakai.
  • Prepayment: Kart bisa diisi sebelum keberangkatan, jadi nggak perlu lagi buat isi kartunya dan gerai dan ngantri panjang sebelum berangkat. Jadi kamu bisa kontrol pengeluaran untuk transportasi umum setiap saat. Pastinya kamu akan dapat harga yang lebih murah dengan metode prepayment ini sehingga nggak kena tarif per perjalanan.

Baca Juga: Ini Daftar Universitas Terbaik Di Australia Tahun 2023, Mana Favoritmu?

  • Bisa Isi Saldo Otomatis: Kamu bisa banget isi saldo secara otomatis kalau saldo sudah tips. Jadi biayanya secara otomatis diambil dari kartu kredit atau debit, jadi nggak perlu khawatir kehabisan saldo kalau mau bepergian. Tenang aja, pengisian otomatis ini akan jalan kalau kamu sudah kasih izin ke kartunya yang harus didaftarkan lagi. Jadi nggak akan ada isi ulang otomatis secara tiba-tiba. Kalau nggak mau nyalain fitur ini, ya tetep bisa untuk isi di gerai-gerai yang ada.
  • Banyak Diskon: Pakai transportasi di Australia bisa kasih beberapa keuntungan, termasuk diskon tiket perjalanan. Diskon ini bisa muncul ketika perjalanan lagi nggak ramai, perjalanan di akhir pekan, sama bepergian gratis kalau berhasil capai target tertentu di perjalanan kamu. Dan pastinya semua ini berlaku di berbagai transportasi umum di Australia.
  • Fleksibilitas Tinggi: Bepergian pakai smart card pastinya lebih gampang. Karena tinggal tap ketika masuk dan tap lagi ketika keluar. Pastinya kalau pakai kartu ini kamu akan hemat waktu karena sudah nggak perlu antri lagi ketika mau masuk ke transportasi di Australia.
  • Tambahan: Ketika sampai di Australia, kamu harus bawa uang cash dulu sebelum bisa punya smart card. Jadi pastikan kamu bawa uang dengan nominal kecil jadi nggak nyusahin operator tiketnya buat cari kembalian.

Mau Cari Diskon Transportasi Di Australia Buat Pelajar Internasional Di Setiap Statenya? Ada Kok!

Siapa sih yang nggak suka diskon? Pelajar internasional pasti butuh banget buat ngehemat biaya selama studi. Jadi setiap negara bagian di Australia punya kebijakannya sendiri buat ngasih diskon ini, nggak perlu khawatir ya, mari bahas satu per satu disini.

Ada satu istilah disini yang namanya konsesi, yang artinya kalau dibuat simpel ya “hak khusus yang dikasih sama instansi tertentu.”

Jadi konsesi disini tuh maksudnya hak spesial buat kamu, pelajar internasional, dalam aturan pakai transportasi umum selama di Australia.

Oke? Sekarang ayo langsung bahas aja nih konsesi di setiap state-nya ya.

Wilayah Ibu Kota Australia (ACT)

ACT kasih penawaran buat konsesi transportasi di Australia, buat pelajar internasional dengan cara ngasih bukti kalau kamu itu adalah pelajar resmi di Australia – jadi semacam Kartu Tanda Mahasiswa gitu.

Atau bisa juga ketika kamu sudah berhasil daftar untuk kartu konsesi pelajar.

Wilayah Utara (NT)

Kalau ada di SD, SMP, atau SMA di Wilayah Utara Australia, kamu bisa bepergian secara gratis asalkan punya Kartu Pelajar.

Namun buat jenjang VET dan universitas, kamu bisa punya akses ke transportasi di Australia gratis selama 3 jam setiap harinya setelah berhasil registrasi Kartu Pelajar sama bayar AUD 1 di jadwal bis manapun.

New South Wales (NSW)

Kalau di NSW nggak ada kebijakan pelajar internasional dapat konsesi ini sih. Tapi beasiswa yang dikasih sama Pemerintah Australia bisa kasih hak buat dapet konsesi transportasi di NSW.

Jadi buat yang studi di NSW, baiknya tanya langsung ke institusi masing-masing buat informasi lebih lanjut.

Australia Barat

Di Australia Barat, pelajar internasional yang belajar full-time punya hak buat dapet konsesi transportasi di Australia Barat ini dan berlaku untuk transportasi darat.

Di sekitar wilayah perkotaan Perth dan pakai Transperth, pelajar internasional bisa bepergian pakai kereta, bis, atau feri.

Baca Juga: TAFE International Western Australia

Australia Selatan (SA)

Semua pelajar internasional yang ada di Australia Selatan bisa banget buat dapat konsesi transportasi di Australia Selatan ketika punya Kartu Pelajar yang resmi.

Tasmania (TAS)

Pelajar lokal maupun internasional di Tasmania punya hak yang sama buat dapetin konsesi transportasi di Tasmania ini.

Queensland (QLD)

Kamu bisa mendapatkan konsesi transportasi di Queensland kalau studi full-time di institusi yang berada di Queensland. Program yang diambil harus disetujui oleh Centrelink for Abstudy, Austudy, atau Youth Allowance.

Victoria (VIC)

Kalau datang sebagai seorang pengungsi, pertukaran pelajar, atau mendapatkan Australian Development Scholarship, kamu berhak untuk konsesi transportasi di Victoria.

Kamu bisa berdiskusi dengan institusi untuk detail lebih lengkapnya tentang transportasi publik di Victoria.

Baca Juga: Iklim di Australia: Letak Geografis & Tips Menghadapi Perbedaan Musim Tahun 2023

Oke, Udah Tau Transportasi Di Australia, Terus?

Setelah tau transportasi di Australia, nggak ada alasan lagi deh buat akhirnya nggak pertimbangin kesempatan buat kuliah di Australia.

Kami akan membantu untuk merencanakan pengalaman studi yang sesuai dengan masa depan yang kamu mau dan menjadikannya pengalaman yang tidak terlupakan.

  • Kami berpartner dengan universitas di Australia untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dari studi yang kamu pilih
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun untuk membantu pelajar dari seluruh dunia mengejar studi impiannya
  • Memiliki rating di Google dan Facebook 4.9/5 untuk kepuasan pelanggan kami

Konsultasi Gratis - education ONE

Kamu bisa menjadi salah seorang yang mewujudkan mimpi untuk melakukan studi di luar negeri; Australia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kalau kamu belum yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk studi di luar negeri, atau ingin berdiskusi tentang aturan-aturan yang terbaru, pesan KONSULTASI GRATIS dengan salah satu Career Development Consultant kami di education ONE sekarang juga.

Mau Persiapan Studi Anti Ribet? Mulai dari Konsultasi Gratis!

Inilah yang dapat kami bantu:

Ayu Septyani

Ayu Septyani

Suka dengan apa yang kamu baca? Bagikan artikel ini

Wujudkan Mimpi Studi Luar Negeri Bersama education ONE!

Raih pendidikan terbaik di universitas ternama dunia dengan bimbingan profesional dari education ONE.

Konsultasi GRATIS dengan tim profesional kami untuk:

Kalkulator Kelayakan Studi untuk membantu kamu memperkirakan peluang diterima di universitas impian

consultation-section

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini