fbpx
Hubungi Kami

5 Alasan Utama Memilih Melbourne Sebagai Kota Tujuan MBA di Australia!

Table of Content

aplikasi s2 di australia

study-melbourneSebagai salah satu negara berbahasa Inggris terdekat, Australia menawarkan beragam alasan bagi kalian yang tinggal di Indonesia untuk melanjutkan studi MBA kalian di negara yang terkenal akan kangguru dan koala ini.

Salah satu kota di Australia yang patut kalian pertimbangkan adalah Melbourne. Di Melbourne, kalian bisa menemukan berbagai hiburan yang menarik, karena ada banyak sekali pantai, pemandangan alam, museum dan sekitar 2,400 kafe dan restoran. Inilah yang menjadikan Melbourne sebagai pusat wisata yang menakjubkan. 

Selain sebagai pusat wisata, Melbourne juga terkenal sebagai kota tujuan studi terpopuler untuk jurusan Bisnis, yang popularitasnya terus berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan, sekarang ini, Australia menjadi tempat tujuan studi terpopuler kedua bagi para pelajar internasional setelah Amerika, mengungguli Inggris yang sebelumnya menjadi negara kedua terpopuler di kalangan pelajar internasional.

Sekarang, yuk kita bahas alasan mengapa Melbourne menjadi kota terbaik untuk melanjutkan studi MBA!

1. Prospek Kerja yang Menarik

Dengan visa pelajar Australia, setelah lulus nanti, kalian bisa tetap tinggal di Australia untuk mencari pekerjaan hingga 3 tahun, tergantung dari durasi program kuliah kalian. Kesempatan ini ditawarkan oleh pemerintah Australia agar kalian bisa terlibat langsung dalam dunia bisnis dan ekonomi di Melbourne.

Dengan pendapatan bruto produk lokal mencapai lebih dari $100 juta dan pertumbuhan yang stabil dari tahun ke tahun, Melbourne sukses menjadi salah satu pusat ekonomi Australia, yang menyumbang 7% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya!

Ada banyak sekali peluang karir di Australia untuk lulusan MBA. Di Australia, industri bisnis utama di Australia terpusat pada layanan keuangan, asuransi, dan pelayanan kesehatan. Jadi, kalian nggak perlu khawatir nggak bisa kerja setelah lulus nanti!

Fun Fact:
Ada 5 juta orang yang tinggal di Melbourne, menjadikan Melbourne sebagai kota dengan populasi terbesar di Australia setelah Sydney!

2. Terhubung dengan Budaya Lokal Australia

Sebagai pusat berbagai budaya Australia, Melbourne adalah lokasi yang tepat buat kalian yang ingin menyelami sejarah dan budaya Australia. Sebagai kota kosmopolitan, kalian akan disuguhi dengan berbagai sejarah dan budaya lokal di sana, seperti Pusat Pameran Seni Melbourne dan Museum Melbourne. Selain itu, Melbourne terkenal berkat perannya sebagai tuan rumah dari The Australian Open Tennis Grand Slam.

Bagi kalian yang belajar MBA di sini, kalian juga akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan pertumbuhan ekonomi Asia tercepat, di mana Australia terletak di posisi yang sangat dekat dengan sebagian besar wilayah Asia (seperti ASEAN dan Asia Timur). Ini merupakan hal yang bagus bagi kalian yang ingin memperluas bisnis dan koneksi kalian ke wilayah Asia!

Fun Fact:
Di Melbourne, persentase penduduk yang lahir di luar Australia mencapai 35% dari total penduduk Melbourne. Kalian akan banyak bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, dan ini sangat bagus untuk memperluas pengetahuan kalian seputar budaya dari berbagai negara!

3. Lingkungan Akademis yang Lebih Menantang

Kampus bisnis di Australia secara konsisten berada dalam daftar 100 kampus bisnis terbaik setiap tahunnya. Sebagai contoh, program MBA yang ditawarkan oleh Melbourne Business School berada di peringkat ke-61 versi The Financial Times dan peringkat ke-23 versi The Economist!

Selain kualitas fasilitas dan kurikulum, pencapaian ini juga didukung dengan adanya staf akademik yang berpengalaman di bidangnya, salah satunya adalah Dr. Hugh Williams, yang rela meninggalkan posisinya di Google untuk mengajar di kampus ini. Wakil Presiden di bidang Teknik dan Produk di Google ini dikenal karena hasil pekerjaannya, yakni mesin pencari. Beliau jugalah yang memelopori pengguliran tak terbatas (infinite scrolling) di situs web. Keren kan?

Sekarang, selain menjadi pengajar di MBS untuk program MBA, beliau juga menjadi penasihat untuk Pusat Analisis Bisnis MBS.

4. Ada Banyak Panorama Alam yang Siap Dijelajahi

Suka berpetualang? Atau kalian lebih suka berbaur dengan alam saat belajar? Melbourne adalah kota yang tepat, di mana iklim Melbourne cenderung hangat dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Australia (terutama pada saat musim panas dan musim dingin). Kalian bisa menjelajahi berbagai wisata alam dengan durasi kurang dari 3 jam dari pusat kota, seperti Wilsons Promontory National Park, The Bellarine Peninsula, dan The Great Ocean Road. Dan kalo kalian nggak mau jauh-jauh, tenang aja! Ada banyak taman hijau publik yang tersebar di seluruh penjuru Melbourne yang bisa kalian datangi, dengan total luas lahan mencapai 53 juta persegi!

Iklim yang stabil, dan banyak kawasan hijau? Kenapa nggak?

5. Biaya Hidup yang Terjangkau

Dan yang terakhir, Melbourne termasuk salah satu kota besar di Australia yang menawarkan biaya hidup terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Australia. Biaya sewa apartemen di Melbourne rata-rata di bawah $1,000 per bulan, dengan harga makanan yang masuk akal. Kalian bisa menikmati keindahan budaya dan suasana malam di Australia tanpa menghabiskan uang terlalu banyak.

Setelah kalian menyelesaikan MBA, dikutip dari data Financial Times, rata-rata gaji lulusan MBA mencapai $118,000 per tahunnya, loh! Fantastis bukan?

Itu dia 5 alasan mengapa kalian harus menjadikan Melbourne sebagai kota pilihan utama kalian untuk melanjutkan MBA di Australia. Sudah siap untuk melanjutkan kuliah di Australia? 

Artikel ini disadur dari businessbecause.com.

Mau Persiapan Studi Anti Ribet? Mulai dari Konsultasi Gratis!

Inilah yang dapat kami bantu:

education ONE Indonesia

education ONE Indonesia

Suka dengan apa yang kamu baca? Bagikan artikel ini

Wujudkan Mimpi Studi Luar Negeri Bersama education ONE!

Raih pendidikan terbaik di universitas ternama dunia dengan bimbingan profesional dari education ONE.

Konsultasi GRATIS dengan tim profesional kami untuk:

Kalkulator Kelayakan Studi untuk membantu kamu memperkirakan peluang diterima di universitas impian

consultation-section

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini