fbpx
Hubungi Kami

Perbedaan Gelar Diploma Dan Sarjana Di Australia yang Sama-Sama Menguntungkan Masa Depan

Share
perbedaan diploma dan sarjana

Perbedaan Diploma Dan Sarjana Di Australia yang Punya Segudang Keuntungan

Perbedaan diploma dan sarjana memang terletak di semua aspek, tapi sebetulnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Di era globalisasi ini, industri ataupun business owner akan lebih cermat dalam memilih sumber daya manusia yang berkualifikasi tinggi dan memiliki kompetensi di bidang tertentu untuk di ajak bergabung dalam mencapai tujuan perusahaannya.

perbedaan diploma dan sarjana di australia-1

Sumber daya manusia sekarang ini merupakan suatu aset yang paling berharga bagi perusahaan, maka kita juga harus bisa menjadikan diri kita menjadi salah satu aset berharga itu, caranya? Dengan memiliki tanda bukti sertifikat pendidikan. Kok begitu? Tentu saja, sertifikat pendidikan jadi bukti bahwa seseorang mampu dalam suatu hal atau bidang. Karena tentunya sertifikat pendidikan diberikan dengan melewati perjalanan tertentu yang sudah memiliki standar-nya masing-masing.

Bahkan tidak jarang sekarang penentuan nominal gaji karyawan diukur dari gelar akademik yang dimilikinya. Semakin tinggi kualifikasi gelar itu maka akan semakin tinggi tingkat penawaran gaji dari perusahaan. Terutama di ranah BUMN yang sangat memperhatikan aspek pendidikan terakhir, maka tentunya negosiasi gaji kalian akan berjalan dengan lebih menyenangkan.

Ini bukan berarti gelar diploma tidak bisa mendapatkan gaji yang besar, untuk itulah kami membahas perbedaan diploma dan sarjana di Australia supaya kalian bisa menentukan jalur pendidikan mana yang kalian inginkan. Artikel education ONE kali ini juga akan membahas keuntungan dan kesempatan-kesempatan yang bisa diambil ketika sedang kuliah diploma atau sarjana di Australia. Yuk disimak ya!

Sebelum Ke Perbedaan Diploma Dan Sarjana Di Australia, Mari Kita Mulai Dari Definisinya Secara Umum

Kesuksesan karir seseorang memerlukan pondasi yang kuat serta modal yang terkadang memang tidak sedikit. Gelar sarjana atau diploma di Australia sangat layak untuk dijadikan senjata awal dalam mencapai cita-citamu mendapatkan gaji yang tinggi di dunia kerja. Melalui uraian dibawah ini akan membantu kamu menemukan  perbedaan diploma dan sarjana di Australia, let’s go!

Diploma Degree Adalah Quick-Win Solution

diploma degree adalah

Diploma degree adalah jenjang pendidikan yang lebih terfokus pada peningkatan kualifikasi praktisi. Di program diploma bobot kuliah nya adalah 40% teori dan 60% praktek. Lulusannya memang dipersiapkan untuk bisa memenuhi standard yang dibutuhkan di dunia kerja, sehingga setelah tamat akan siap disalurkan ke industri. Inilah yang akan menjadi perbedaan diploma dan sarjana yang mencolok.

Persyaratan yang lebih flexible serta biaya yang lebih terjangkau merupakan keunggulan program ini. Kamu bisa mendapatkan gelar akademik yang bisa menambah nilai kualifikasi mu di mata pencari kerja dengan jangka waktu yang lebih pendek dari program sarjana. Syarat untuk mendapatkan gelar studi ini kamu hanya perlu menyelesaikan suatu karya ilmiah sebagai tugas akhir dan persyaratan kelulusannya.

Selain itu, setelah menamatkan program gelar diploma kamu juga bisa melanjutkan studi pada program sarjana atau bachelor dengan langsung memasuki tahun kedua. Program bachelor yang umumnya berdurasi 3 sampai 3,5 tahun di Australia dapat kamu selesaikan hanya dalam waktu 2 tahun. Program diploma yang dilanjutkan ke program sarjana di Australia lebih dikenal dengan Course Package Program dimana study pathway mu sudah terencana secara baik dan pasti.

Sarjana/Bachelor Degree Adalah Investasi Masa Depan

Berbeda dengan diploma, sarjana Australia adalah gelar study yang secara normatif dibutuhkan waktu 4 sampai 7 tahun untuk mendapatkannya. Di Australia gelar bergengsi ini bisa kamu dapatkan hanya dalam waktu 3,5 tahun tapi ada juga yang membutuhkan waktu 4 – 6 tahun untuk jurusan tertentu.

Bobot kuliahnya lebih menitikberatkan pada teori karena lulusan sarjana lebih diarahkan ke bidang riset dan dipersiapkan untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi. Jika diploma disalurkan ke industri sebagai praktisi, penyandang gelar sarjana lebih ditekankan untuk menjadi akademisi dan ahli serta berpeluang besar untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi sangat jelas dengan gelar sarjana akan membukakan pintu kesempatanmu secara lebih lebar untuk bisa berpenghasilan tinggi dan memperbaiki taraf kehidupan ke arah yang lebih baik.

Di Australia, apabila kamu mengambil pendidikan sarjana dengan program SVP (Streamline Visa Processing) memberimu kesempatan untuk bisa tinggal lebih lama lagi selama 18 bulan dengan graduate visa Australia dengan tujuan bekerja di Australia. Penghasilan karyawan di Australia untuk level fresh graduate saja bisa mencapai  Rp 500 sampai 600 juta per tahunnya.

Pikirkanlah secara matang untuk perencanaan pendidikanmu karena masa depanmu ada di tanganmu sendiri. You have to make you proud of yourself.

Perbedaan Diploma Dan Sarjana Di Australia

Perbedaan diploma dan sarjana yang paling terlihat jelas adalah waktu dan uang yang harus disiapkan dan keduanya juga merupakan faktor utama untuk mendapatkan gelar.

Perbedaan Diploma Dan Sarjana

Diploma Dan Sarjana Memiliki Tingkat Australian Qualification Framework (AQF) yang Berbeda

Tingkat AQFJenjang Pendidikan
Level 1Sertifikat I
Level 2Sertifikat II
Level 3Sertifikat III
Level 4Sertifikat IV
Level 5Diploma
Level 6Advanced Diploma
Level 7Gelar Sarjana
Level 8Graduate Certificate/Diploma
Level 9Gelar Master
Level 10Gelar Doktor

Dengan diberikan waktu studi yang lebih lama serta level AQF yang lebih tinggi, gelar sarjana biasanya memberikan pengetahuan yang lebih mendalam dan kemampuan yang lebih jika dibandingkan dengan diploma.

Program diploma akan berfokus pada mengembangkan kemampuan praktis dari pelajar dan memberikan pengetahuan dasar yang bisa memberikan lulusannya untuk langsung bersaing di pasar kerja.

Program sarjana sendiri akan lebih mengincar pandangan yang lebih luas dengan mempelajari ranah profesional dan berfokus pada pemahaman teoritis dan ilmu praktis. Pandangan yang lebih luas ini memberikan lulusan gelar sarjana konteks yang lebih luas lagi seputar profesi yang akan dijalani dan kemampuan untuk memahami orang lain ketika di lapangan.

Perbedaan Diploma Dan Sarjana yang Mencolok Adalah Pada Durasi Studinya

perbedaan diploma dan sarjana di australia

Diploma biasanya membutuhkan waktu kurang dari dua tahun untuk diselesaikan dan bisa saja hanya membutuhkan satu tahun untuk diselesaikan, tergantung pada program yang diambil dan college-nya.

Program gelar sarjana membutuhkan setidaknya dua tahun dengan belajar full-time untuk diselesaikan, dan juga dapat berlangsung hingga empat atau lima tahun jika mengambil gelar honours. Jika kalian sedang studi program sarjana, kalian harus bisa menyelesaikan setiap unit yang diambil. Jika tidak lulus unit, maka kalian wajib mengambil lagi di semester selanjutya yang mungkin bisa membuat durasi yang dibutuhkan lebih lama lagi.

Kualifikasi Akademik yang Dibutuhkan Serupa Tapi Tidak Sama

Kualifikasi akademik yang dibutuhkan untuk mendaftar ke jenjang diploma adalah lulusan SMA/SMK/MA atau jika telah menyelesaikan program sertifikat IV.

Perbedaan diploma dan sarjana cukup terlihat disini karena program gelar sarjana memiliki banyak jalur atau pathway untuk didapatkan. Contoh dari pathway ini adalah foundation program yang umumnya merupakan program yang berdurasi satu tahun, foundation program ini memang dirancang untuk pelajar internasional yang ingin melakukan studi di luar negeri namun harus menyesuaikan dengan kurikulum yang ada di negara tujuan.

Jalur lainnya yang bisa diambil untuk memasuki jenjang sarjana adalah mengambil paket diploma dan sarjana. Beberapa universitas memberikan kesempatan untuk pelajar internasional yang ingin mengambil diploma terlebih dahulu sebelum masuk ke universitas. Jalan ini diambil oleh pelajar internasional karena persyaratan studi yang lebih rendah, sehingga gelar diploma diambil sebagai batu loncatan untuk lanjut ke jenjang sarjana. Terlebih lagi, jika kalian mengambil jurusan yang serupa, mungkin saja kalian akan mendapatkan kesempatan untuk mempersingkat durasi studi program sarjana kalian karena ada beberapa kurikulum yang sudah diselesaikan disaat program diploma.

Mau ambil paket diploma dan sarjana? Bisa! Langsung konsultasi aja sama konsultan education ONE ya.

Biaya Per Tahun

Perbedaan biaya per tahun untuk gelar diploma dan sarjana sudah dapat dilihat dari bukti finansial yang harus ditunjukkan ketika akan melakukan aplikasi visa pelajar. Program diploma umumnya membutuhkan 320 – 400 juta rupiah untuk ditunjukkan dari maksimal 3 sumber yang berbeda. Sedangkan program sarjana membutuhkan sekitar 400 – 600 juta untuk ditunjukkan, terlihat perbedaan yang cukup mencolok karena memang karena program sarjana yang harganya cenderung lebih tinggi.

Secara umum, biaya yang dibutuhkan untuk diploma di Australia setidaknya adalah 120 juta rupiah atau 12 juta per tahun. Untuk gelar sarjana sendiri, biaya yang dibutuhkan untuk satu tahun studi setidaknya adalah 220 juta atau sekitar 17 juta per bulan. Tentunya dengan durasi studi yang lebih pendek, gelar diploma memiliki total biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan program sarjana.

Baca juga: Biaya kuliah di Australia tahun 2022

Skor IELTS yang Biasanya Lebih Tinggi untuk Program Sarjana

Perbedaan skor IELTS untuk gelar diploma dan sarjana bisa menjadi rancu karena sebenarnya setiap program sekali lagi memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Namun mengacu pada beberapa college dan universitas di Australia, nilai minimal untuk memenuhi persyaratannya adalah 5.5 untuk program diploma dan 6.0 untuk sarjana.

Dua persyaratan ini juga dibutuhkan untuk aplikasi visa pelajar, karena memang kualifikasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa pelajar dan masuk uninversitas itu berbeda. Kami merekomendasikan jika untuk mengambil tes kualifikasi Bahasa Inggris, maka carilah tes Bahasa Inggris yang dapat mengakomodir keduanya seperti; IELTS, TOEFL, PTE, Cambridge English, dan Occupational English Test.

Setelah Tahu Perbedaan Diploma Dan Sarjana Di Luar Negeri, Kalian Mau Pilih yang Mana?

Itulah perbedaan diploma dan sarjana, semuanya punya kekurangan dan kelebihan yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan visi studi kalian. Perbedaan diploma dan sarjana memang harus dipahami, karena gelar diploma seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itulah kami, education ONE ada untuk anda. Layanan konsultasi kami terbuka lebar dan tersedia secara GRATIS untuk membantumu menemukan solusi terkait pilihan jurusan yang sesuai minat bakat dan rekomendasi Universitas atau College di Australia sesuai budget. Informasi mengenai persyaratan proses enrollment hingga student visa dan settlementmu di Australia juga kami sediakan secara gamblang. Jadi jangan pernah ragu untuk mengkonsultasikan segala pertanyaanmu kepada kami. Tentunya kalian juga bisa menanyakan seputar perbedaan diploma dan sarjana, kalau masih bingung ya.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Kami memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun mengantarkan putra-putri Indonesia yang hendak belajar, bekerja maupun migrasi ke Australia, jadi jangan ragu untuk menggunakan jasa kami mewujudkan impianmu di Australia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kontak education ONE sekarang! Sampai jumpa di artikel berikutnya ya, bye!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini