Australia merupakan destinasi terpopuler ketiga didunia bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan. Berdasarkan data dari University College of London’s Centre for Global Higher Education, Australia kemungkinan akan menempati posisi kedua sebagai tujuan studi paling populer di dunia setelah Amerika Serikat. 

Fakta diatas membuktikan jika kini Australia terus berusaha untuk memaksimalkan sektor pendidikannya dan membenahi pelayanan bagi mahasiswanya. Salah satunya dengan mengizinkan mahasiswa internasional membawa keluarganya untuk ikut tinggal di Australia selama durasi studi mereka. Keluarga ini yang kemudian disebut dengan Dependent dari Student Visa.

Dependent Student Visa adalah sebuah visa yang ditujukan bagi keluarga dari pemegang student visa utama. Lalu siapa saja yang dapat dikategorikan sebagai keluarga dari pemegang student visa? Berikut ini adalah penjelasannya. 

  1. Pasangan, yang dimaksudkan dengan pasangan disini adalah spouse atau de facto partner dari pemegang student visa.
  2. Anak dari pemegang student visa yang berusia dibawah 18 tahun. Selain itu kebutuhan makan, pakaian, dan tempat tinggal masih bergantung pada pemegang student visa.

Saat mengajukan student visa, calon pemegang student visa harus menyebutkan seluruh anggota keluarganya meskipun mereka tidak ikut ke Australia. Dengan kata lain, untuk bisa mengajukan Dependent Student Visa, pemegang student visa utama haruslah lebih dulu mengajukan visa atau kalian bisa mengajukan visa bersamaan. 

Jika dependent student visa ikut bersama kalian untuk tinggal di Australia mereka diizinkan untuk belajar dengan maksimal durasi 3 (tiga) bulan. Pada umumnya dependent student visa akan memilih short course, seperti kursus Bahasa Inggris, dengan durasi tersebut. 

Namun, akan berbeda ceritanya jika pemegang student visa berencana membawa anak usia sekolah untuk tinggal bersama mereka di Australia. Anak dari pemegang student visa ini diwajibkan untuk terdaftar di salah satu sekolah yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal mereka. Hal ini dilakukan agar anak tetap bisa menerima haknya untuk memperoleh pendidikan yang terbaik. 

Nah, kurang lebih itu tadi adalah gambaran mengenai belajar di Australia bagi pemegang Dependent Student Visa. Masih bingung atau ada yang ingin kalian tanyakan tentang informasi diatas ? Kalian bisa menghubungi education ONE untuk mendapatkan informasi serta bantuan lebih lanjut tentang aplikasi Dependent Student Visa.

Sampai jumpa di artikel kita yang lain!