“Kok ambil jurusan Bahasa Inggris, sih? Bahasa Inggris mah gak perlu kuliah. Kursus aja.”

Apa gunanya mengambil Bahasa Inggris? Toh, sudah dibuktikan dengan skor TOEFL dan IELTS.

Jurusan Bahasa Inggris acapkali dicibir dan diremehkan. Beruntung jika kamu memilih Bahasa Inggris sebagai jurusan karena pilihan karirnya non linear. Banyak perusahaan dan industri yang butuh lulusan Bahasa Inggris jadi pilihan karir lulusan Bahasa Inggris lebih luas. 

Penasaran dengan prospek kerja untuk para lulusan jurusan ini, kamu dapat membaca artikel mengenai prospek kerja jurusan Bahasa inggris dalam artikel yang dipublikasikan oleh thebalancecareers.com berjudul Best Jobs for English Degree Majors.

Jurusan Bahasa Inggris adalah jurusan yang bernaung di bawah fakultas ilmu bahasa dan seni, bahasa dan sastra, atau ilmu budaya dan humaniora, tergantung kebijakan universitas. Di kampus luar negeri, fakultas ini dinamakan faculty of arts and humanities.

Di ECU, jurusan yang bisa diambil di fakultas arts and humanities diantaranya: Creative and Professional Writing, English, Historical and Political Studies, dan Visual Arts.

Kuliah di Australia, kamu bisa mengambil kuliah paruh waktu (part-time) dan purna waktu (full-time). Mahasiswa S1 Bahasa Inggris ECU harus mengambil setidaknya 120 SKS untuk lulus 3 tahun (full-time). 

Ada dua jenis mata kuliah yang ditempuh mahasiswa S1 Bahasa Inggris ECU, yaitu mata kuliah disiplin Bahasa Inggris dan mata kuliah non-disiplin. Masing-masing mata kuliah S1 Bahasa Inggris di ECU berbobot 15 SKS. Penjabarannya sebagai berikut:

  • 5 mata kuliah (75 SKS) disiplin Bahasa Inggris, yaitu: Discovering Literature, Literature and Social Change, English Grammar for Professionals, Children, Youth, and Global Media, dan Comedy and Tragedy in Drama.
  • 4 dari 6 mata kuliah (60 SKS) disiplin Bahasa Inggris, yaitu: Poetry and Passion, Jane Austen: Past and Present, From Fiction to Film, Australian Fiction, Diverse Voices in Literature, dan Biographical and Autobiographical Writing.
  • 1 mata kuliah wajib non disiplin (15 SKS), yaitu: [email protected]: Presentation Skills.
  • 2 dari 5 mata kuliah non disiplin (30 SKS), yaitu: Introduction to Journalism, Cultural Matrix, Media and Nation, Media and Identity, dan Global Communications.

Info selengkapnya mengenai subjek jurusan bisa kamu lihat di sini.

Untuk urusan pendaftaran kampus dan pemilihan jurusan, percayakan pada Education One yang telah berpengalaman membantu mewujudkan mimpi anak Indonesia untuk studi di kampus terbaik di Australia.

Hubungi konsultan pendidikan kami di sini