fbpx
Hubungi Kami

Iklim Di Inggris Ternyata Dingin Banget! Siapkan Barang Ini Agar Aman

Share
iklim di inggris 2023

Iklim di Inggris Raya punya musim panas, dingin, semi, dan gugur. Apa yang perlu dipersiapkan di masing-masing musimnya? Simak disini.

Iklim di Inggris Raya punya reputasi musim dingin yang ekstrem, pada kenyataannya hal ini memang terjadi beberapa kali di setiap tahunnya. Aslinya, Inggris Raya bisa punya iklim yang sangat nyaman dan menyenangkan ketika musim panas berlangsung.

Sebelum mulai, kamu harus mengetahui bahwa Inggris Raya memiliki empat negara bagian yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Nah di artikel kali ini, education ONE akan membahas tentang iklim di Inggris untuk setiap negara bagiannya supaya kamu tahu apa yang harus dipersiapkan ketika studi disana, yuk simak!

Apa saja iklim di Inggris Raya?

iklim di inggris

Cuaca di Inggris tentunya berbeda dengan Indonesia, secara keseluruhan Inggris memiliki musim panas dan musim dingin yang sejuk. Iklim di Inggris sangat dipengaruhi oleh Samudra Atlantik dan Arus Teluk yang hangat. 

Inggris Raya punya curah hujan yang cukup merata sepanjang tahunnya, namun wilayah barat Inggris Raya biasanya akan lebih sering mengalami hujan jika dibandingkan dengan wilayah timurnya.

Meskipun cuaca di Inggris sulit diprediksi, namun bisa dikatakan ekstrem untuk orang Indonesia karena:

  • Musim panas di Inggris Raya memiliki suhu antara 15 hingga 25°C. Dalam beberapa kondisi tertentu, bisa mencapai suhu sekitar 30°C.
  • Musim dingin di Inggris Raya memiliki kisaran suhu rata-rata ada di angka 2 hingga 7°C dengan kemungkinan turun ke 0°C dengan intensitas yang cukup sering. 

Secara umum, beberapa negara yang ada di Inggris Raya akan memiliki sedikit perbedaan cuaca. Namun yang akan kamu rasakan secara umum adalah semakin kamu menuju ke utara, maka akan lebih memiliki suhu yang dingin; salju, hujan, hingga berangin. Musim semi mungkin adalah yang akan paling kamu sukai karena paling mirip dengan suhu tropis Indonesia.

Sudah kebayang perbedaan iklim antara musim panas dan musim dingin di Inggris Raya? Kalau belum yuk kita bahas lagi secara detail tentang masing-masing iklim di Inggris Raya ini.

Baca Juga: Universitas Terbaik Di Inggris Tahun 2022

Musim panas di Inggris Raya

musim panas di inggris

Musim panas bisa dikatakan adalah saat yang paling ideal di Inggris Raya karena temperatur yang lebih hangat dan matahari yang bersinar lebih lama. Bisa diperkirakan temperaturnya akan ada di angka 15 hingga 25°C setiap harinya ketika musim panas berlangsung.

Ada stereotip bahwa Inggris memiliki curah hujan yang tinggi, namun sebenarnya sebaliknya. Karena sebenarnya Inggris memiliki curah hujan yang cenderung rendah di Benua Eropa.

Musim semi di Inggris Raya

Musim semi di Inggris berlangsung dari bulan Maret hingga Mei dan kabarnya inilah waktu terbaik untuk melakukan kunjungan ke Inggris Raya. Kenapa? Karena inilah saatnya bunga-bunga bermekaran dan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Meskipun temperaturnya secara umum ada di angka 5 hingga 15°C. Musim semi di Inggris itu nggak bisa diprediksi, ini disebabkan oleh musim dingin bisa berlangsung lebih lama atau musim panas di Inggris Raya yang bisa saja datang lebih cepat. 

Musim dingin di Inggris Raya

Pada umumnya musim dingin berlangsung dari bulan November hingga Maret –meskipun seringkali berlangsung lebih lama– dan seringkali dikaitkan dengan cuaca yang dingin, curah hujan yang tinggi, hingga salju dan berkabut. Ini sih biasanya yang jadi PR untuk kita orang Indonesia yang biasanya hidup di iklim tropis.

Matahari siang di Inggris saat musim dingin sangat singkat dan memiliki malam yang panjang; matahari akan terbit sekitar jam 7 pagi dan sudah mulai terbenam dari jam 4 sore. Kamu akan mengalami penurunan paparan matahari selama 5 bulanan.

Ketika kamu studi di Inggris, yang harus kamu persiapkan adalah suhu saat musim dingin di Inggris yang cuma berkisar 0 hingga 7°C. Meskipun masih ada kemungkinan untuk hari yang cerah, suhunya akan tetap terasa dingin. Untungnya rumah, bangunan, kereta, dan transportasi umum lainnya punya sistem pemanas yang memadai saat musim dingin terjadi.

Kondisi bersalju biasanya terjadi di wilayah utara Inggris dan Skotlandia, meskipun begitu biasanya saljunya nggak bertahan lama karena kondisinya yang tipis. Jarang banget Inggris bisa punya salju yang menutupi seluruh kota.

Musim gugur di Inggris Raya

Buat orang Indonesia, musim gugur di Inggris sudah seharusnya membuatmu terpesona dengan apa yang akan kamu rasakan. Musim gugur di bulan September ini akan kasih kamu suhu yang perlahan menurun dan paparan sinar matahari yang semakin hari akan semakin singkat. Ini adalah pertanda bahwa peralihan ke musim dingin di Inggris akan terjadi.

Suhu musim gugur di Inggris akan cukup bersahabat untuk orang Indonesia, suhu selama musim gugur umumnya berkisar antara 5 hingga 15°C. Musim gugur adalah salah satu musim yang indah di Inggris sebelum akhirnya kamu akan diterpa oleh musim dingin yang panjang.

Iklim di UK berdasarkan Letak Geografis

Pasti ada perbedaan iklim dan cuaca di Inggris sesuai dengan letak geografis antar wilayahnya; perbedaannya sendiri bisa dibilang cukup ekstrem. Contohnya, karena letaknya yang ada di ujung utara, Skotlandia punya suhu dan cuaca yang jauh lebih dingin di semua musimnya. 

Wilayah Skotlandia

Suhu tahunan rata-rata di wilayah pada dataran rendah bervariasi dari sekitar 9°C. Januari atau Februari adalah bulan terdingin, dengan suhu minimum harian rata-rata bervariasi dari sekitar 2°C. Sedangkan bulan Juli atau Agustus adalah bulan terpanas, dengan suhu maksimum harian rata-rata pada tingkat rendah sekitar 19°C.

Suhu ekstrem yang terjadi di Skotlandia adalah -27°C yang terjadi disaat musim dingin berlangsung.

Wilayah Irlandia Utara

Suhu rata-rata tahunan di dataran rendah di Irlandia Utara bervariasi dari sekitar 8,5°C hingga 10,0°C, dengan suhu yang lebih hangat di sekitar atau dekat pantai. Setiap kenaikan ketinggian sebesar 100 meter, maka suhu juga akan ikut turun sebesar 0,5°C.

Di musim dingin, suhu di Irlandia Utara Sangat dipengaruhi oleh suhu permukaan laut di sekitarnya, yang mencapai suhu terendah pada akhir Februari atau awal Maret. Oleh karena itu, wilayah pantai di bulan Februari biasanya merupakan bulan terdingin disini.

Juli biasanya adalah bulan terhangat di Irlandia Utara, dengan suhu harian rata-rata bervariasi dari sekitar 17,5°C di daerah dataran tinggi dan  20°C di sepanjang pantai utara.

Wilayah Wales

Suhu tahunan rata-rata di dataran rendah di Wales bervariasi dari sekitar 9,5°C hingga 11°C, dengan suhu yang lebih tinggi terjadi di sekitar atau di dekat pantai. Di musim dingin, suhu sangat dipengaruhi sebagian besar oleh temperatur laut, yang mencapai nilai terendah pada akhir Februari atau awal Maret.

Juli biasanya merupakan bulan terhangat, dengan suhu harian bervariasi dari sekitar 17°C di dataran tinggi dan hingga 18°C di sepanjang pantai barat.

Wilayah Inggris

Negara Inggris memiliki iklim yang cenderung lebih hangat jika dibandingkan wilayah di Inggris Raya lainnya. Suhu rata-rata tahunan di wilayah ini bervariasi dari sekitar 9,5°C hingga lebih dari 10,5°C.

Januari dan Februari adalah bulan terdingin dengan suhu minimum rata-rata mendekati 1°C. Rata-rata suhu maksimum harian berkisar dari lebih dari 6°C hingga 8°C selama bulan-bulan musim dingin dan dari 20°C hingga 23°C di musim panas.

Baca Juga: Visa UK Tier 4: Student Visa

Baju apa yang cocok dibawa untuk menyesuaikan cuaca di Inggris?

musim dingin di inggris

Cuaca di Inggris saat musim dingin akan membuatmu menggigil di malam hari, jadi tidak ada salahnya untuk membawa jaket untuk kegiatan sehari-hari. Gerimis kecil mungkin saja terjadi setiap hari, sehingga pertimbangkan membawa jas hujan dan alas kaki yang sesuai.

Selama musim panas, celana pendek, sandal, dan t-shirt bisa dipakai, tetapi bawalah outer karena cuaca bisa tiba-tiba berubah. Bawa lapisan lebih kalau kamu mau bepergian ke arah utara. Ini karena suhunya yang akan lebih dingin meskipun di musim panas sekalipun..

Apa saja jenis pakaian yang bisa dipakai di Inggris Raya?

Yang kamu akan lihat di sepanjang jalan pastinya lebih beragam dari yang biasa kamu lihat di Indonesia. Meskipun dingin, pelajar masih banyak yang menggunakan kaos dan celana jeans saat di siang hari dan menggantinya ke pakaian yang lebih rapi di malam hari.

Cuaca di Inggris bisa berubah dengan cepat, dalam satu hari, merasakan cerah, hujan, angin dingin, dan bahkan mungkin salju. Pakai beberapa lapis baju atau bawa di tas agar bisa memakai atau melepasnya saat cuaca berubah, dan ingat selalu persiapkan payung.

Inggris Raya adalah wilayah multikultural dan umum bagi orang untuk mengenakan pakaian yang terkait dengan budaya dan agama mereka. Jadi jangan heran kalau melihat banyak jilbab, kippah, sorban, sari atau rok panjang. Di kota-kota besar kamu akan menemukan toko-toko spesialis yang menjual pakaian dari seluruh dunia, terutama dari Asia dan Timur Tengah.

Banyak toko dengan variasi gaya dan harga

Kebanyakan kota di Inggris Raya memiliki pertokoan yang menjual pakaian dengan berbagai macam gaya dan rentang harga yang berbeda. Semuanya bisa menyesuaikan kebutuhanmu mulai dari barang mewah, barang bekas, hingga barang-barang vintage.

Lokas-lokasi inilah yang cocok buat pelajar internasional yang suka hunting pakaian atau barang unik lainnya karena akan banyak ditemukan di wilayah yang punya banyak pelajar internasional. Terlebih lagi toko-toko di sana banyak menyediakan diskon untuk yang mempunyai kartu pelajar.

Baca Juga: Kuliah Di Inggris

Baju yang WAJIB Dibawa untuk Kuliah Di Inggris

Sangat PENTING menggunakan baju yang nyaman dan sesuai dengan kesukaanmu, tapi biasanya pelajar internasional yang ada di Inggris punya barang-barang ini:

  • Mantel musim dingin – setidaknya punya satu yang akan membuat tetap hangat dan kering di segala cuaca.
  • Payung – Seperti yang sudah berkali-kali disebutkan di atas, bahwa Inggris Raya punya cuaca yang tidak menentu, lebih baik bersiap kan?
  • Sarung tangan, syal dan topi hangat atau penutup telinga.
  • Sepatu apa pun yang cukup nyaman untuk dipakai ke kampus.
  • Sepatu tahan air,  untuk digunakan ketika hujan dan bersalju.
  • Jeans. Mungkin ini yang paling cocok buatmu karena sangat keren dan nyaman untuk dipakai harian. Terutama di musim panas dan musim semi di Inggris.
  • Jumper (sweater), cardigan atau hoodies. Yap ini juga wajib punya, buat kamu yang nanti sudah terbiasa cuaca dingin pasti lebih suka pakai jaket deh daripada mantel
  • Kemeja dan jas, blus atau gaun, dan sepatu untuk acara formal. Sekali atau dua kali setahun, atau lebih, universitas biasanya mengadakan acara formal.

Bawa sebagian dari rumah, dan beli sebagian lagi ketika tiba di Inggris. Karena sebagian besar kota dan kota di Inggris memiliki toko yang bisa menyesuaikan budget, termasuk toko barang bekas yang masih terlihat keren.

Sekarang Sudah Tau Kan Dinginnya Inggris Raya? Mau Berangkat Studi? Hubungi education ONE Ya!

Itulah seputar iklim di Inggris raya yang perlu kamu tahu ketika akan studi kesana, masih ada yang mau ditanyakan? Tulis di kolom komentar ya atau hubungi konsultan pendidikan kami melalui WhatsApp di:

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Sekarang kamu bisa banget buat rencana studi  dari A sampai Z bareng education ONE. Persiapan milih kampus, urus visa, cari akomodasi, asuransi kesehatan, semuanya bisa education ONE bantu siapin. Kami juga siap untuk menangani berbagai permasalahan tentang studi di Australia, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan ulasan yang baik –4,9/5 di Google.

Kamu bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan balas secepatnya. Sampai disini dulu, sampai jumpa di artikel selanjutnya, bye!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini