Sebagai salah satu negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai mother tongue dan letaknya paling dekat dengan Indonesia, Australia menawarkan pendidikan dengan kualitas internasional, lho. Banyak kampus di Australia yang telah diakui secara internasional, salah satunya adalah Edith Cowan University Australia.

Jurusan yang dimiliki oleh kampus yang berlokasi di Perth, Australia Barat ini juga tidak sedikit teman-teman. Namun, di sini kita akan bahas salah satu jurusan yang ditawarkan di Edith Cowan University Australia, yaitu Bahasa Inggris.

Tahukah, mengambil jurusan bahasa Inggris dibutuhkan lebih dari sekadar hapalan. Kamu akan ditantang untuk kemampuan melakukan penelitian, berkomunikasi secara artikulatif baik lisan maupun tulisan, kemampuan berpikir kritis, dan empati.

Kemampuan meriset membuat perusahaan tetap kekinian dengan tren dan perkembangan. Ini membutuhkan kemampuan menganalisa masalah, mengolah informasi, dan menyimpulkannya sehingga mudah dipahami. Agar mudah dipahami, komunikasi secara lisan dan tulisan berperan penting. Komunikasi sendiri membutuhkan empati untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran adalah jantungnya bisnis dan komunikasi adalah jembatannya. Komunikasi mempermudah negosiasi dan menjalin hubungan dengan pelanggan. 

Apa hubungannya empati dengan jurusan bahasa Inggris? 

Orang yang membaca fiksi memiliki empati yang lebih tinggi karena fiksi mempunyai berbagai tokoh dengan karakternya yang berbeda. Pembaca fiksi terlatih untuk memahami berbagai watak dan kondisi tokoh cerita. 

The Association of American Colleges and Universities melakukan survei yang dipublikasikan dengan judul It Takes More Than a Major: Employer Priorities for College Learning and Student Success, ada 17 kriteria yang diharapkan oleh perusahaan terhadap lulusan kampus. Empat diantaranya adalah: Pertama, kemampuan berpikir kritis dan penalaran analitis; Kedua, kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah; Ketiga, kemampuan berkomunikasi secara lisan; dan Keempat, kemampuan berkomunikasi secara tulisan.

Belajar bahasa Inggris di Edith Cowan University mengasah kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan critical thinking. Bahasa Inggris adalah salah satu jurusan yang versatile, sehingga kalian bisa berkarier di industri manapun.

Selain mempelajari bahasa secara saintifik, kalian juga perlu mempelajari bahasa secara terapan agar tahu bagaimana bahasa diproduksi dan bagaimana mengaplikasikannya.

Beberapa prospek karier yang bisa digeluti oleh lulusan bahasa Inggris, diantaranya:

PNS (public servant), penasihat pemerintah (government adviser), analis kebijakan, konsultan, penulis, penulis biografi, sejarawan, ilmuwan sosial, budayawan, editor, jurnalis, politikus, manajer pemasaran, dan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berkomunikasi. 

Untuk informasi lebih lanjut, percayakan pada education One yang telah berpengalaman membantu mewujudkan mimpi anak Indonesia studi di kampus terbaik di Australia.

Hubungi konsultan pendidikan kami di sini.