fbpx
Hubungi Kami

Sederet Keuntungan Kuliah Jurusan Engineering di Luar Negeri 2022

Share
Jurusan Engineering, Jurusan Kebanggan Calon Mertua 2022

Jurusan engineering, atau yang biasa juga disebut dengan jurusan teknik, adalah salah satu jurusan yang punya prospek kerja yang baik hingga beberapa tahun ke depan. Serupa dengan jurusan ekonomi maupun bisnis, jurusan engineering juga termasuk jurusan yang paling diminati oleh pelajar Indonesia, termasuk juga yang ingin kuliah ke luar negeri. Yang menjadikannya salah satu jurusan favorit adalah banyaknya pilihan program studi dan peluang lapangan kerja yang luas.

Buat yang masih ragu mau lanjut kuliah jurusan engineering, ataupun sudah mantap mau kuliah di jurusan ini, tenang aja, dalam artikel kali ini, Education ONE akan bahas secara menyeluruh. Gambaran secara umum tentang kuliah jurusan engineering di luar negeri, bagaimana prospek kerja setelah lulus, jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan di masa depan, universitas-universitas apa saja yang menjadi rekomendasi kami, dan juga pertanyaan lainnya seputar kuliah jurusan engineering ini. Yuk langsung saja kita bahas satu-persatu! 

Apa Itu Jurusan Engineering?

kuliah jurusan engineering

Jurusan engineering adalah salah satu jurusan kuliah yang termasuk dalam STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Jurusan STEM ini cukup dikenal biasanya punya durasi kuliah lebih lama, biaya yang umumnya lebih tinggi, dan secara gamblang banyak orang bilang “kuliahnya susah”. Ya hal itu memang tak bisa dipungkiri, tapi “balik modal”nya setelah lulus akan jauh lebih besar dibanding yang sudah dikeluarkan selama kuliah.

Penasaran berapa biaya hidup untuk kuliah di luar negeri? Yuk coba kalkulator biaya hidup di luar negeri ala Education ONE!

Jurusan engineering adalah gabungan sains dan teknologi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta menjadi solusi atas permasalahan manusia. Semakin bertambahnya populasi manusia, semakin berkembangnya teknologi, semakin kompleks pula kebutuhan manusia. Maka dari itu tidak mengherankan jika jurusan engineering tetap menjadi salah satu jurusan kuliah favorit dari dulu hingga saat ini.

Apa Keuntungan Kuliah Jurusan Engineering? 

Banyak banget keuntungan yang bisa kamu peroleh kalau kuliah jurusan engineering. Terutama kalau kamu memang suka belajar ilmu lintas disiplin, dijamin kamu juga akan enjoy selama kuliah. Berikut ada 4 keuntungan utama versi Education ONE jika kamu kuliah jurusan engineering:

Merupakan salah satu jurusan STEM 

Sebelumnya sudah sedikit disinggung tentang apa itu jurusan STEM. Selain peluang “balik modal” yang lebih cepat, pasar lulusan STEM, termasuk salah satunya jurusan engineering, sangat diperlukan di berbagai negara, bahkan hingga US dan UK.

Di Australia pun, banyak profesi yang berkaitan dengan engineering termasuk dalam Skilled Occupation List, yang artinya sedang sangat dibutuhkan di Australia. Dengan kata lain, kalau kamu tertarik untuk bekerja di luar negeri setelah lulus kuliah, kamu bisa ambil jurusan engineering sebagai salah satu pilihan pathway

Kebutuhan pekerja yang besar 

Menurut riset, lebih dari 68% lulusan jurusan engineering di Australia langsung mendapatkan kerja penuh waktu hanya dalam waktu 4 bulan setelah lulus. Sedangkan di US, kebutuhan pekerja di bidang engineering diperkirakan akan meningkat sebesar 7% dalam satu dekade terakhir, dan dua kali lipat akan memperoleh gaji yang lebih besar dibanding median gaji pekerja lainnya. Hal ini tentunya juga berlaku dalam skala global. 

Multitalenta dan multi-skill jadi andalanmu

Selain pembelajaran secara teori, kamu juga akan dibekali dengan pengalaman hands-on, yang artinya biasanya belajar jurusan ini juga memberi kesempatan untuk praktik langsung di lapangan. Untuk gambaran umum apa saja yang akan dipelajari di jurusan engineering dan kemampuan apa saja yang akan kamu peroleh, akan dibahas di section selanjutnya ya. Maka dari itu, baca artikel ini sampai bawah ya! 

Punya daya saing yang kompetitif di dunia kerja 

Bisa dibilang, jurusan engineering atau jurusan teknik itu adalah jurusan yang “banyak mau”, seakan-akan kamu dituntut untuk ahli dalam bidang sains, teknologi, sekaligus sosial, karena yang kamu kerjakan akan berdampak pada khalayak luas.

Memang akan pusing dan mungkin  butuh waktu kuliah yang lebih panjang dibanding jurusan lainnya, tapi, segala ke-ribet-an di awal inilah yang menyiapkanmu menjadi pribadi yang berkarakter kuat dan siap menghadapi tantangan dan permasalahan. Sama dengan quote terkenal “tidak ada usaha yang mengkhianati hasil”. 

Apa Saja Yang Akan Dipelajari di Jurusan Engineering? 

Kurang lebih ada 10 jenis spesialisasi jurusan engineering, yang artinya ilmu yang dipelajari pun fokus sesuai bidangnya masing-masing. Di bawah akan dibahas selengkapnya 10 spesialisasi engineering tersebut. 

Namun demikian, terdapat ilmu-ilmu yang secara umum dipelajari oleh semua spesialisasi engineering, diantaranya adalah: 

  • Matematika 
  • Mekanik
  • Elektronik 
  • Struktur mekanik 
  • Data dan pengukuran data
  • Statistika 
  • Termodinamika 
  • Desain industrial 

Lalu, dari sebanyak ilmu itu yang dipelajari, kemampuan apa saja yang bisa kamu asah selama berkuliah jurusan engineering? Beberapa di bawah ini adalah kemampuan unggulan yang akan kamu latih: 

  • Perencanaan
  • Berpikir analitis dan logis
  • Komunikasi dan presentasi 
  • Teliti dengan detail kecil 
  • Pemecahan masalah 
  • Manajemen proyek 
  • Kemampuan berorganisasi 
  • Kemampuan riset 

Apa Saja Jenis Jurusan Engineering? 

Jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan di masa depan, mungkin ini lah yang perlu juga kamu pertimbangkan sebelum memilih kuliah jurusan engineering yang mana. Berikut ini akan dibahas 10 jenis jurusan engineering. Yakin sudah familiar dengan semua jenis jurusannya? Yuk langsung cek di bawah ini! 

1. Petroleum Engineering (Teknik Perminyakan)

Jurusan engineering satu ini berkutat dengan tambang minyak, gas, dan panas bumi. Profesi nantinya setelah lulus juga tidak akan jauh dengan kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas.

Apa saja yang bisa dilakukan lulusan teknik Perminyakan? Kamu bisa bekerja dari bagian teknis hingga manajerial, contohnya: riset situs pengeboran untuk mencari minyak mentah dan gas alam, meneliti komposisi eksternal dan internal bumi untuk mencari cadangan minyak dan gas, mengurus perijinan pemerintah dan negosiasi kepemilikan lahan untuk pengeboran minyak, dan merancang pabrik dan produk olahan sumber daya alam tersebut. 

2. Chemical Engineering (Teknik Kimia)

Bidang ilmu kimia bisa diaplikasikan di berbagai aspek kehidupan, dari bidang farmasi hingga teknik. Kalau dalam bidang teknik, apa sih kaitannya dengan ilmu kimia? Teknik kimia adalah salah satu cabang jurusan engineer yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi.

Contoh pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari adalah pengolahan tenaga nuklir menjadi energi yang ramah lingkungan, pembuatan karet sintetis, dan pembuatan pupuk. 

3. Nuclear Engineering (Teknik Nuklir)

Salah satu cabang jurusan engineer ini mempelajari ilmu inti atom yang diterapkan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Kita sering dengar adanya PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), selain itu contoh-contoh aplikasi teknik nuklir adalah dalam pembuatan baterai untuk daya mobil listrik dan baterai untuk pesawat luar angkasa. 

4. Electrical Engineering (Teknik Listrik / Teknik Elektro)

electrical engineering

Salah satu bidang dalam jurusan engineering ini mempelajari tentang aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi peralatan listrik dan elektronik yang bisa memenuhi kebutuhan manusia adalah inti yang akan dipelajari disini. 

5. Computer Engineering (Teknik Komputer)

Mau belajar yang menggabungkan teknik elektro dan ilmu komputer? Kamu bisa coba kuliah di salh satu cabang jurusan engineer ini! Tapi, apa sih bedanya jurusan ilmu komputer dengan jurusan teknik komputer? Singkatnya, jurusan ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara jurusan teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).

6. Aerospace Engineering (Teknik Dirgantara / Teknik Penerbangan)

Siapa disini yang tidak tahu dengan sosok B.J. Habibie atau dengan julukan Bapak Teknologi Indonesia? Atau mungkin kamu pernah dengar berita peluncuran roket antariksa oleh SpaceX milik Elon Musk? Nah, kedua hal ini hanyalah sebagian kecil contoh penerapan ilmu teknik penerbangan.

Jadi, Teknik Penerbangan ini adalah disiplin jurusan engineering yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer dan di luar angkasa.

7. Materials Science and Engineering (Teknik Material)

Teknik material, atau ilmu bahan, adalah salah satu disiplin ilmu dalam jurusan engineering yang mempelajari sifat material, aplikasinya, serta hubungan antar struktur material tersebut. Contoh nyata yang bisa kamu temukan dalam aktivitas sehari-hari adalah dalam aktivitas seperti pengelasan, perawatan alat berat konstruksi, dan dalam pembuatan badan pesawat dan badan mobil.

8. Mechanical Engineering (Teknik Mesin / Teknik Mekanik)

mechanical engineering

Ini dia salah satu jurusan engineering yang tidak jauh-jauh dengan ilmu fisika. Dari analisis, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan sebuah sistem mekanik atau mesin adalah makanan sehari-hari jurusan ini. Penasaran kenapa mobil bisa jalan kalau kita injak pedal gas? Atau kamu masih terheran-heran dengan konsep kerja 3D printing? Semua jawabannya bisa kamu temukan dengan belajar di jurusan ini. 

9. Industrial Engineering (Teknik Industri)

Yang jadi perhatian utama saat kamu belajar di jurusan ini adalah sinergi antara manusia, lingkungan, dan juga sebuah sistem. Maksudnya apa sih? Sederhananya, dalam Teknik Industri kamu akan diajarkan untuk merancang, mengatur, memodifikasi, mengaplikasikan, mengontrol, dan mengevaluasi sistem industri, yang tujuannya adalah untuk pemenuhan kebutuhan manusia dan menciptakan sistem industri yang efektif, efisien, dan produktif.

Maka dari itu, selain teori terkait jurusan engineering, kamu juga akan belajar tentang ilmu sosial. 

10. Software Engineering (Teknik / Rekayasa Perangkat Lunak)

Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang dalam jurusan engineering yang menelaah dan menguji cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitasnya. Sistem yang bekerja dalam ponsel pintar, pengembang super-app, adalah bagian dari pekerjaan seorang Software Engineering. 

BONUS: Biomedical Engineering (Teknik Biomedis)

Kalau di Indonesia, mungkin jurusan teknik satu ini kurang populer, tapi kalau di luar negeri, jurusan ini jadi salah satu yang paling diminati! Apa itu teknik Biomedis? Jadi ini adalah salah satu bidang jurusan engineering yang mempelajari gabungan antara teknologi dan medis atau pengobatan.

Salah satu contoh pekerjaan di bidang ini adalah pembuatan organ internal manusia artifisial dan perancangan mesin untuk diagnosis penyakit medis. 

Rekomendasi Tempat Kuliah Jurusan Engineering

Udah tahu belum kalau Education ONE bisa bantu urus studi ke 7 NEGARA? 

Mau itu Australia, Kanada, UK, US, Malaysia, Singapura, atau New Zealand, kamu bisa bebas pilih deh! Nah berikut ini, Education ONE akan kasih rekomendasi universitas-universitas terbaik di masing-masing negara tersebut buat belajar jurusan engineering. 

Tempat kuliah jurusan engineering di Australia 

  • University of New South Wales
  • University of Technology Sydney
  • University of Adelaide
  • RMIT University
  • Curtin University

Kalau mau tahu universitas terbaik lainnya di Australia, bisa cek di artikel kami: Ini Daftar Universitas Terbaik Di Australia Tahun 2022, Mana Favoritmu?

Tempat kuliah jurusan engineering di Kanada

  • University of Waterloo
  • University of Toronto
  • University of British Columbia
  • University of Alberta
  • McGill University

Yang kepo sama universitas terbaik lainnya di Kanada, bisa banget buat baca artikel kami yang ini: Universitas Terbaik Di Kanada Ini Bisa Jadi Pilihan Studi Kalian, Apa Aja Ya?

Tempat kuliah jurusan engineering di UK

  • Imperial College London
  • University of Cambridge
  • University of Oxford
  • University of Manchester
  • University of Nottingham

Di UK masih banyak loh universitas terbaik lainnya, selengkapnya bisa lihat disini: Ini Dia Daftar Universitas Terbaik Di Inggris Terbaru Tahun 2022!

Tempat kuliah jurusan engineering di US

  • Massachusetts Institute of Technology
  • Stanford University
  • University of California–Berkeley
  • Carnegie Mellon University
  • Purdue University–West Lafayette

Tempat kuliah jurusan engineering di Malaysia

  • University of Malaya
  • Universiti Teknologi Malaysia
  • Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
  • Universiti Sains Malaysia
  • Limkokwing University

Sebagai salah satu tujuan studi pelajar internasional yang biaya kuliah dan biaya hidupnya lebih terjangkau, ya Malaysia jawabannya! Mau tau universitas terbaik lainnya di Malaysia apa saja? Baca disini: Universitas Terbaik Di Malaysia: Mana Pilihan Orang Indonesia? 

Tempat kuliah jurusan engineering di Singapura

  • National University of Singapore
  • Nanyang Technological University
  • Singapore Management University
  • Singapore University of Technology and Design
  • Singapore Institute of Technology

Kuliah di luar negeri yang tidak begitu jauh dari Indonesia, tapi kualitas pendidikannya tidak kalah saing bagusnya, tentu saja negara itu adalah Singapura! Baca disini untuk tahu list universitas terbaik di Singapura: Universitas Di Singapura Terbaik Di Tahun 2022, Mau Pilih yang Mana?

Tempat kuliah jurusan engineering di New Zealand

  • Southern Institute of Technology
  • University of Otago
  • University of Canterbury
  • Victoria University of Wellington
  • University of Waikato

Pemandangan alamnya yang indah, penduduknya yang terkenal ramah, punya sederet universitas dengan kualitas pendidikan yang diakui dunia, ada alasan apa lagi untuk kamu tidak mempertimbangkan buat kuliah di New Zealand? Berikut adalah list universitas terbaik di New Zealand: Ini 5 Universitas Terbaik Di New Zealand Tahun 2022: Saudara Kembar Australia yang Juga Punya Universitas Kelas Dunia

Profesi Jurusan Engineering Dengan Gaji Tertinggi 

engineering dengan gaji tertinggi

Selamat datang di bagian yang paling ditunggu-tunggu! Setelah sebelumnya dibahas perkiraan jurusan teknik yang paling banyak dicari perusahaan, selanjutnya kita akan bahas perkiraan gaji dari jurusan-jurusan engineering tersebut. Dikutip dari Ziprecruiter.com, berikut adalah TOP 25 profesi jurusan engineering yang memiliki prospek gaji tertinggi.

Profesi Kisaran Gaji (USD) / tahun 2022
Petroleum Engineer$72,500-$167,000
Big Data Software Engineer$105,500-$145,500
Data Engineer$96,000-$142,500
Aeronautical Engineer$85,000-$130,000
Geological Engineer$61,000-$124,000
Aerospace Engineer$79,000-$121,000
Software Engineer$80,000-$116,500
Systems Engineer$72,500-$108,000
Industrial Engineering$44,500-$107,500
Biomedical Engineer$56,500-$103,000
Computer Hardware Engineer$39,000-$102,000
Computer Engineer$59,500-$99,500
Electrical Engineer$71,000-$99,000
Materials Engineer$72,000-$98,500
Agricultural Engineer$46,500-$95,000
Chemical Engineer$63,000-$94,000
Environmental Engineer$62,500-$93,000
Marine Engineer$72,000-$91,000
Architect$63,000-$90,500
Mechanical Engineer$64,000-$90,000
Civil Engineer$65,000-$89,500
Cartographer$47,000-$85,000
Nuclear Engineer$56,500-$80,000
Environmental Engineering Technician$39,000-$77,000
Automotive Engineer$59,500-$73,000

FAQ Jurusan Engineering 

Apa bedanya teknisi dan engineering?

Seorang teknisi atau technician bisa dikatakan sebagai seorang pelaksana atau “doers”, artinya mereka ahli dalam melaksanakan prosedur teknis tertentu. Misalnya pemasangan, pembongkaran, modifikasi atau perbaikan.

Sedangkan engineering, yang biasanya menyandang gelar insinyur, sering dikatakan sebagai “thinkers”. Artinya, sosok engineering lekat dengan kemampuan analisis dan desain solusi masalah teknis, sehingga pekerjaan yang sering dilakukan adalah merancang dan mengembangkan suatu sistem. 

Kuliah jurusan engineering di luar negeri berapa lama? 

Untuk Bachelor’s degree, biasanya durasi kuliahmu setidaknya 4 tahun. Untuk Masters’ degree, durasi kuliah berkisar antara 1-2 tahun. Sedangkan untuk Diploma degree bisa hanya perlu waktu satu tahun. Tentunya kebijakan masing-masing universitas / institusi bisa berbeda.

Kami sarankan untuk cek terlebih dahulu dengan seksama di website resmi universitas dan jurusan yang kamu tuju. 

Jurusan engineer biasanya cocok untuk orang yang bagaimana?

Secara garis besar, ada 5 kepribadian yang cocok untuk kuliah jurusan engineering, yaitu berantusias tinggi, gemar memecahkan masalah, kreatif dan imajinatif, tekun dan tangguh, dan mampu bekerja dalam tim.

Masih bingung dengan jurusan apa yang kira-kira cocok dengan kepribadianmu? Yuk cobain kalkulator tes karir dan kepribadian Education ONE! 100% online dan GRATIS! 

Kuliah Jurusan Engineering Menguntungkan Banget, Kan? Tunggu Apa Lagi?

Di atas kamu sudah baca tentang seluk-beluk perkuliahan jurusan engineering, sampai dengan pembahasan profesi dengan gaji tertinggi serta pertanyaan yang paling banyak ditanyakan terkait jurusan engineering.

Kamu bisa banget kontak Education ONE untuk merencanakan dan menyiapkan segala kebutuhan untuk bisa studi jurusan engineering di luar negeri. Mulai dari persiapan dokumen, mengurus visa, hingga tips dan trik untuk membuat pengalaman kuliah di luar negeri jadi semakin berkesan, pastinya adalah prioritas kami.

Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam menangani berbagai permasalahan tentang studi di luar negeri, dan tentunya dengan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan merespon secepatnya. 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Baca juga artikel lainnya:

Jurusan Ilmu Komputer Kerja Apa Saja? Dari Developer Hingga Manajer Juga Bisa Kok!

Universitas Di Australia Jurusan Manajemen Terbaik 2022

Universitas Di Australia Jurusan Hukum TERBAIK Di 2022

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini