fbpx
Hubungi Kami

TIPS MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI AUSTRALIA

Table of Content

Usage: general Talent:  Date taken: Nov 2005

 

Kalian lagi ada di bangku SMA, dan sudah mulai memikirkan jurusan apa yang akan kalian ambil saat di perguruan tinggi nanti, terlebih kalian yang memutuskan untuk melanjutkan studi di Australia. Hal itu merupakan pemikiran yang bagus. Kalian sudah berpikir kedepan untuk menata masa depan kalian. Tapi, bukan masalah juga jika kalian baru memikirkannya setelah di kelas 3 SMA atau setelah lulus. Karena mungkin ada di antara kalian yang mau menunda pendidikan kalian ke perguruan tinggi dengan alasan tertentu.

Memimilih jurusan studi sebenarnya tidak boleh sembarangan loh…

Kalian harus benar-benar mempertimbangkan keputusan mengenai jurusan yang akan kalian tempuh selama 2-3 tahun kedepan. Itu bukan waktu yag singkat, jadi pastikan jurusan kalian akan membuat kalian nyaman dan memberikan bonefit yang besar untuk kalian nantinya. Education ONE akan memberikan beberpa tips untuk memilih jurusan di perguruan tinggi, yuk intip!

  1. Lihat Minat dan Potensi Diri Kalian.

Kalian yang memilih, kalian juga yang akan menjalani. Jangan buat 2-3 tahun kalian, kalian habiskan dengan mempelajari hal yang sebenarnya tidak kalian senangi. Setiap orang dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Dan sebenarnya kalian dapat mengetahui sendiri bidang apa yang kalian mampu kuasi dengan mudah sedangkan orang lain tidak. Contoh, kalian bisa menggambar dengan indah, atau kalian sangat mahir mebuat gambar bangunan. Tidak semua orang dapat melakukan itu. Jika kalian memang konsisten dengan bakat kalian, dan ingin membuatnya lebih berkembang lagi, maka carilah jurusan yang sesuai dengan bakat atau hobi kalian. Misalnya kalian mencari jurusan design grafis , maka akan lebih menyenakan saat kalian jalani nantinya. Dan efek positif lainnya adalah, dengan mendalami jurusan yang sebenarnya menjadi hobi kalian, akan membuat kalian expert dibidang tersebut. Dan saat mencari pekerjaan pun akan kalian sesuaikan dengan lulusan terakhir kalian, jadi tidak membosankan kan?

  1. Jangan Teralu Terpengaruh oleh Orang lain.

Meminta masukan dari orang tua atau orang lain yang kalian anggap penting tidak masalah. Tapi jangan sampai kalian mengikuti 100 % apa yang disarankan oleh mereka. Ingat, kalian yang akan menjalani bukan mereka. Jadikan saran dari mereka untuk tambahan pertimbangan untuk kalian sendiri. Setelah itu pilah dari semua saran dan temukan keputusan yang terbijak. Disini juga kalian mulai belajar untuk me-manage diri sendiri. Jangan samapi mengikuti 100% saran jurusan yang mereka berikan, karena nantinya jika kalian menyesal, kalian tidak bisa menyalahkan mereka yang sudah memberikan kalian saran.

  1. Cek Universitas yang Menyediakan Jurusan yang Kalian Inginkan

Setelah fix dengan jurusan kalian, mulai searching universitas di Australia yang menyediakan jurusan yang kalian inginkan. Kalian bisa mengumpulkan terlebih dahulu beberapa universitas sebagai bahan pertimbangan yang akan kalian diskusikan lagi bersama orang tua kalian. Dan jangan asal memilih universitas yang terlalu murah. Karena biasanya harga juga menunjukan kualitas. Pilihlan dengan bijak ya!

  1. Lihat Akreditasi atau Lulusan dari Universitas tersebut.

Setelah mengetahu jurusan kalian ada di universitas mana saja, jangn lupa juga untuk melihat kualitas dari jurusan tersebut. Lihatlah dari berbagai aspeknya. Materi, fasilitas hingga lulusan. Jadi hal ini akan mengkerucutkan pilihan universitas kalian nantinya. Pilihlah universitas dengan kualifikasi yang bagus, agar kalian juga akan mendapatkan ilmu yang bagus pula.

  1. Cari Sumber Dana

Jangan lupa melihat berapa biaya studi yang harus kalian keluarkan. Rencakan pengeluaran tersebut. Perhitungkan juga mengenai sponsor studi kalian serta biaya hidup kalian selama studi di Australia. Jangan sampai rencana studi kalian yang sudah matang rusak karena perncanaan keuangan kalian yang tidak sesuai.

Gimana? Gak bingun lagi kan mau jurusan apa kalian di Australia nanti? Untuk membantu proses studi kalian, bisa percayakan pada Education ONE. Kami membantu dari awal hingga akhir studi kalian lo… perlu info lengkap? Hubungi kami di www.educationone-indo.com

See you in OZ….

Mau Persiapan Studi Anti Ribet? Mulai dari Konsultasi Gratis!

Inilah yang dapat kami bantu:

education ONE Indonesia

education ONE Indonesia

Suka dengan apa yang kamu baca? Bagikan artikel ini

Wujudkan Mimpi Studi Luar Negeri Bersama education ONE!

Raih pendidikan terbaik di universitas ternama dunia dengan bimbingan profesional dari education ONE.

Konsultasi GRATIS dengan tim profesional kami untuk:

Kalkulator Kelayakan Studi untuk membantu kamu memperkirakan peluang diterima di universitas impian

consultation-section

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini