fbpx
Hubungi Kami

Alasan Kuliah Di Australia yang Kalian Nggak Pernah Tau Sebelumnya

Share
7 Alasan Kuliah Di Australia yang Nggak Kalian Tau

Alasan Kuliah Di Australia yang Kalian Nggak Pernah Tau Sebelumnya

Alasan kuliah di Australia sepertinya belum banyak diketahui oleh kita karena nggak semua orang pernah riset untuk hal-hal tentang kuliah di Australia. Memang menyebalkan rasanya buat cari informasi sana sini lagi sampai akhirnya males sendiri dan ngomong “ah udah lah kuliah di Indonesia aja.

Belum lagi kalau kalian mikirin biaya yang kalau dibandingin sama kuliah di Indonesia itu biayanya lebih tinggi, terus udah aja karena mahal kalian nggak lanjut lagi cari tau lebih lanjut tentang opsi pasca kelulusan atau kesempatan kerja part-time.

Kesempatan kuliah di Australia juga biasanya lewat gitu aja karena ya emang kita kurang banget informasi sama kesadaran buat ini, apa lagi tren di Indonesia cenderung ke arah cara buat dapetin universitas negeri yang ada di Indonesia, dan itu dianggap udah cukup untuk survive pasar pekerjaan.

Meskipun semuanya itu ya tergantung pribadi yang mau usaha atau enggak, tapi kalian pasti mau dong buat lebih siap jalan ke dunia kerja?

Nah inilah kenapa artikel ini dibuat, biar kalian nggak repot-repot lagi riset dan ribet cari artikel sana sini karena semua alasan kuliah di Australia ada disini. Semuanya ditulis supaya bisa menambah referensi kalian tentang sebenernya apa sih alasan kuliah di Australia. Yuk simak kenapa akhirnya orang punya alasan kuliah di Australia dari education ONE, ada tujuh ya.

Kuliah di Australia

Kenapa Kuliah Di Australia Nggak Jadi Pilihan Utama?

Alasan buat nggak kuliah di Australia atau luar negeri lain mungkin ada banyak, tapi di bawah ada empat hal paling umum yang ada di Indonesia.

Belum Pernah Coba Riset

Kayak yang udah dibilang di intro di atas, biasanya pelajar ketika mau transisi dari SMA ke kuliah ya. Kebanyakan pelajar lebih dikasih bimbingan buat lanjut kuliah ke universitas negeri favorit atau terbaik di Indonesia. Mungkin ada yang kasih sosialisasi untuk kuliah di luar negeri sampai akhirnya kalian tau alasan kuliah di Australia, tapi ya nggak semua sekolah kayak gitu.

Mahal Banget?

Nggak juga, rentang harga buat buat masuk ke college atau universitas di Australia memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia, tapi banyak banget kesempatan yang akhirnya bisa bantu kalian buat cover biaya kuliah di Australia seperti cari beasiswa Australia yang banyak banget disediakan sama Pemerintah Australia, perusahaan swasta, sampai dari universitasnya sendiri.

Baca Juga: OSHC, Asuransi Kesehatan Bagi Pelajar Internasional

Nggak perlu sampai overthinking gitu, kalian bisa banget konsultasi sama konsultan education ONE buat rencanain studi kalian. Jadi bisa dapet kampus yang sesuai, jurusan yang kalian mau, sampai biaya kuliah di Australia yang pas banget buat kalian selama studi.

Takut Nggak Bisa Bahasa Inggris?

Buang jauh-jauh deh kalau takut nggak bisa Bahasa Inggris, banyak banget cara buat jadi jago Bahasa Inggris yang bahkan dari nol. Bisa mulai dari belajar di internet, ambil kursus di Indonesia, ngobrol sama orang di internet, sampai yang paling oke itu ambil kursus bahasa Inggris di luar negeri.

Program ini namanya ELICOS, yang bisa ngasih kalian kesempatan buat belajar Bahasa Inggris sambil langsung aja terjun di english-speaking country.

Untuk awal-awal ke Australia itu yang penting kalian bisa komunikasi aja dulu, nantinya kalian pasti akan terbiasa untuk ngomong dan dengerin orang komunikasi pakai Bahasa Inggris karena ya emang dimana-mana orang akan ngomong Bahasa Inggris. Terlebih lagi kalian pasti akan ngerti bahasa sehari-hari sampai slang yang dipakai, ditambah aksen khas Australia yang akan nempel di kalian.

Australia menjadi Tempat Studi Favorit Pelajar Internasional

Nih Alasan Kuliah Di Australia yang Perlu Kalian Tau

Ini nih yang kalian tunggu-tunggu, alasan kuliah di Australia buat kalian yang belum tau. Setelah baca alasan ini, semoga bisa menambah referensi pertimbangan kalian untuk kuliah di luar negeri ya.

1. Tempat Studi Favorit Pelajar Internasional

Dari data resmi yang dikeluarkan sama Pemerintah Australia, sampai bulan September 2021 ada lebih dari 557 ribu pelajar internasional di Australia yang berasal dari seluruh dunia.Ada banyak kesempatan untuk punya temen baru yang berasal dari seluruh dunia, nggak perlu keliling dunia untuk akhirnya punya banyak teman baru.

Pertemanan ini juga pastinya bisa aja ngaruh ke koneksi bisnis di masa depan – untuk kalian sendiri, ataupun perusahaan tempat kalian bekerja nanti.

Kalian juga akan punya banyak kesempatan untuk belajar kultur, terutama kultur Australia, dan secara nggak langsung kalian akan punya perspektif baru tentang budaya-budaya dari seluruh dunia karena kalian emang setiap hari tinggal dan ketemu sama orang yang beda-beda.

2. Gelarnya Punya Nilai Tinggi Di Dunia Kerja

Setiap gelar punya nilainya sendiri-sendiri karena akreditasi yang dipunya sama kampus pastinya berbeda. Universitas terbaik di Australia masuk ke daftar universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings tahun 2022, jadi pasti lulusan dari kampus-kampus di Australia diekspektasikan punya skill yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya.

  • Standar Pendidikannya Tinggi

Pendidikan di Australia memiliki standar kurikulum yang dibuat dan diterapkan sendiri di negaranya. Australia punya delapan program yang diunggulkan, yaitu Bahasa Inggris, Matematika, Sains, Humaniora dan Ilmu Sosial, Pendidikan Kesehatan dan Jasmani, Bahasa, Teknologi, dan Seni.

Sistem pendidikan di Australia merupakan satu yang terbaik di dunia karena ilmu-ilmu yang bisa dipakai di dunia kerja, standar kelulusan yang tinggi, sampai kualitas pengajar yang bisa nerapin ilmunya.

3. Bisa Kuliah Sambil Kerja

Alasan kuliah di Australia yang cukup punya pengaruh besar ya bisa kuliah sambil kerja. Kalau kalian lagi pegang Student Visa Subclass 500 kalian normalnya diizinin untuk kerja part-time di Australia sampai 40 jam setiap dua minggunya. Kalian bisa dapetin seenggaknya 18 Australian Dollar atau sekitar Rp. 180,000 setiap jam nya, atau kalau gaji bulanan ya kurang lebih sekitar 16 jutaan.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja Menjanjikan Hingga 2024 Mendatang

4. Kualitas Hidup yang Menyenangkan

Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa orang-orang Australia punya kualitas hidup yang baik. Dengan jumlah penduduk yang nggak banyak, sedikit polusi, dan punya pemandangan alam yang indah seringkali menjadi alasan untuk menjadi seorang Aussie. Mereka hidup di negara yang aman dan nyaman sehingga bisa lebih mudah untuk menerapkan work-life balance.

Kuliah di Australia - Kesempatan Jadi Permanent Resident Australia

5. Prospek Hidup Jangka Panjang

Kenyamanan hidup di Australia nggak berhenti di pasca kelulusan studi aja, ada opsi yang bisa kalian lakuin buat tetep lanjut hidup di Australia. Ini karena Pemerintah Australia emang ngasih kesempatan buat pelajar yang sudah menyelesaikan studinya di Australia, apa aja sih yang bisa kalian pilih setelah dapat gelar?

  • Kesempatan Kerja Habis Lulus

Cukup pakai Temporary Graduate Visa Australia Subclass 485 – Visa sementara yang memungkinkan pelajar internasional untuk tinggal, belajar dan bekerja setelah menyelesaikan studi – atau yang bisa disingkat TGV yang bisa kalian dapat setelah studi kalian selesai.

Untuk yang mau apply TGV ini, kalian harus sat set sat set karena kesempatan mungkin nggak datang dua kali. Kalau ragu cara applynya, bisa langsung kontak education ONE ya.

  • Kesempatan Aplikasi Skilled-Visa

Setelah Temporary Graduate Visa kalian habis, masih ada kesempatan untuk menyambung hidup di Australia, yaitu dengan Skilled-Visa. Umumnya kalian harus memiliki sponsor untuk apply visa ini, entah dari pemerintah, keluarga, atau saudara.

Jenis Skilled-Visa ada bermacam-macam, kalian bisa dapat sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Ini juga menjadi jembatan untuk menuju tahap selanjutnya, yaitu hidup sebagai seorang permanent resident.

  • Kesempatan Jadi Permanent Resident Australia

Setelah kalian punya kehidupan, tempat tinggal, pekerjaan, teman, ataupun partner yang tetap di Australia kalian akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang penduduk tetap di Australia. Ada banyak jalan menuju permanent residency, semua tergantung poin yang kalian miliki dan poin itu bisa kalian kalkulasikan sesuai dengan apa-apa saja yang sudah kalian lakukan untuk Australia.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi SD, SMP, dan SMA Terbaik di Perth, Australia!

6. Kenapa Kuliah Di Australia? Karena Kesempatan Jalan-Jalan Lah!

Australia nggak cuma Sydney Opera atau gedung-gedung bertingkat aja, kalian bisa eksplorasi keliling Australia kalau kalian mau dan rasain macem-macem petualangan seru. Mulai dari liat Great Barrier Reef sampai keliling Australia naik The Ghan.

Pemandangan alam Australia yang nggak kalah sama Indonesia bisa bikin kalian terpana, karena kalian juga akan melihat hewan-hewan eksotis yang nggak ada dimana-mana; Fitzroy River Turtle, Tasmanian Devil, sampai Numbat.

5 Wisata Australia Yang Wajib Dikunjungi Di 2022

7. Jadi ‘Si Paling Membanggakan’

Jadi yang membanggakan tentunya juga harus jadi target kalian, punya karir bagus di Australia pastinya akan jadi kebanggan tersendiri buat diri sendiri pastinya. Setelah kalian sendiri, orang tua, teman, pasangan, guru, tetangga, semua deh pokoknya.

Oke, Udah Tau Alasan Kuliah Di Australia, Terus?

Setelah tau alasan kenapa kuliah di Australia, nggak ada alasan lagi deh bua takhirnya nggak pertimbangin kesempatan kalian buat kuliah di Australia. Sekarang kalian bisa banget buat kontak education ONE dan rencanain studi kalian dari A sampai Z. Persiapan milih kampus, urus visa, cari akomodasi, asuransi kesehatan, semuanya bisa education ONE bantu siapin. Kami juga udah biasa untuk menangani berbagai permasalahan tentang studi di Australia, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google – kalian nggak perlu lagi pusing untuk bikin rencana studi bareng education ONE.

Konsultasi Gratis - education ONE

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan balas secepatnya. Sampai disini dulu, sampai jumpa di artikel selanjutnya, bye!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini