fbpx
Hubungi Kami

Apa Itu SAT Dan ACT? Inilah Definisi, Perbedaan, Hingga Lokasi Tes-nya Di Indonesia

Share
apa itu sat

Apa itu SAT & ACT?

Apa itu SAT & ACT? Banyak pelajar yang bertanya, tes apa sih yang dibutuhkan untuk studi di US? Ternyata, sebelum mendaftar ke universitas di Amerika Serikat, biasanya ada dua jenis tes yang harus diikuti oleh calon pelajar, yaitu tes SAT dan ACT.

Mengikuti SAT dan ACT menjadi syarat wajib bagi calon pelajar internasional yang berencana untuk kuliah di US, karena kebanyakan pihak universitas di US meminta calon pelajar mereka untuk mengikuti salah satu dari kedua tes ini sebagai bahan pertimbangan mereka untuk menerima atau menolak calon pelajar. Kalian bebas untuk memilih mengikuti salah satu atau kedua tes tersebut.

Maka dari itu, hari ini education ONE akan membahas seputar apa itu SAT & ACT serta beberapa hal lain seperti definisi, fungsi, harga, hingga lokasi tes SAT & ACT yang ada di Indonesia. Yuk simak!

Definisi SAT & ACT

education ONE untuk SAT

SAT itu singkatan dari apa? SAT adalah singkatan dari Scholastic Assessment Test atau Suite of Assessment Test dan ACT adalah singkatan dari American College Test. SAT dan ACT adalah jenis tes yang digunakan oleh universitas-universitas di US untuk menyaring calon pelajar yang akan melanjutkan studi di universitas-universitas di US.

Fungsi Tes SAT & ACT

Setelah memahami apa itu SAT, sekarang waktunya mengenal lebih lanjut seputar tes SAT & ACT. Tes SAT digunakan untuk melihat kemampuan calon pelajar di tahun pertama perkuliahan, yang akan menguji kemampuan matematika dan verbal. Sedangkan tes ACT dipakai untuk mengukur kesiapan lulusan SMA dalam mengikuti materi perkuliahan, yang akan mengujikan empat area studi: Bahasa Inggris, Matematika, Membaca, dan Penalaran Sains. 

Kapan Tes SAT & ACT Dibuka?

Dikutip dari laman resmi ACT, ACT biasanya diselenggarakan pada bulan Februari, April, Juni dan Juli setiap tahunnya. Sedangkan menurut laman resmi SAT, SAT biasanya diselenggarakan pada bulan Maret, Mei, Juni, Agustus, Oktober, November, dan Desember. Kalian bisa mendaftar tes SAT dan ACT secara daring. Untuk tes SAT, kalian bisa mendaftar melalui situs untuk tes SAT. Sedangkan untuk ACT, kalian bisa mendaftar melalui website resmi ACT. Kalian akan diminta untuk membuat akun, lalu kalian mengisi data diri yang diminta. Selanjutnya, kalian bisa memilih tanggal ujian dan membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti tes tersebut. Mudah, kan?

Baca Juga: Cita-cita Jadi Diplomat Bisa Terwujud Dengan Kamu Kuliah Disini!

Perbedaan Tes SAT Dan ACT

Berikut ini adalah infografik seputar tes SAT & ACT yang dapat kalian simak:

infografik perbedaan tes sat dan act

Kalau masih bingung dan mau tau lebih banyak, ini penjelasan lebih lanjut dari perbedaan antara tes SAT dan ACT, seperti yang dikutip dari THE, yuk simak!

Materi yang Diujikan

Salah satu perbedaan utama antara SAT dan ACT adalah di ACT kalian akan menemukan materi ujian bidang sains, sedangkan di SAT kalian tidak akan menemukan materi ujian bidang sains.

Meskipun ada, namun tidak memiliki tempat khusus seperti ACT. Materi ujian sains yang diujikan di ACT bukan berupa pengetahuan sains tertentu, namun lebih mengarah pada berpikir kritis, yang bertujuan menguji keahlian analisis peserta ujian. 

Penggunaan Kalkulator

Kedua tes ini sama-sama mengujikan matematika sebagai salah satu pelajaran yang diujikan. Di SAT lebih berpusat pada analisis data, geometri dan trigonometri. Sedangkan di ACT, selain geometri dan trigonometri, kalian juga akan mengerjakan soal mengenai probabilitas dan statistik.

Perbedaannya adalah, ACT memperbolehkan penggunaan kalkulator selama tidak mengubah fungsi aslinya sebagaimana yang dinyatakan  dalam peraturannya sebagai berikut.

“any 4-function, scientific, or graphing calculator, as long as it is not on the prohibited list and it is modified, if needed.”

Sedangkan di tes SAT, kalian diperbolehkan mengerjakannya di beberapa soal yang memiliki label “kalkulator” seperti yang dinyatakan dalam situs resmi SAT.

“You can only use your calculator on the portion of the test labeled Math Test – Calculator”

Apa itu SAT Score? Bagaimana Cara Penilaian dari Tes SAT?

Dalam SAT, nilai ujian dihitung dari skala 400 hingga 1600, sedangkan dalam ACT, nilai ujian akan dihitung dari skala 1-36. Dan kalian mesti tahu, kalau nilai hanya akan diberikan pada setiap jawaban yang benar, sedangkan jawaban yang salah tidak akan dihitung.

Masih bingung tentang apa itu SAT dan ACT? Yuk konsultasi gratis ke konsultan education ONE!

Esai

apa itu sat dan perbedaannya

Jawabannya, ada, namun bersifat opsional. Artinya, kalian bisa memilih untuk mengikuti ujian tertulis (esai). Untuk SAT, esainya akan berfokus pada pemahaman kalian mengenai teks sumber. Sedangkan pada ACT, esai akan menguji pemahaman kalian dalam mengevaluasi dan menganalisis permasalahan yang rumit. Namun, karena esai sifatnya opsional, pihak universitas biasanya tidak akan begitu memperhitungkan skor bagian esai.

Berapa Lama Durasi Ujian Tes SAT & ACT?

Di SAT, ujian akan berlangsung selama 3 jam tanpa esai, dan 3 jam 50 menit untuk esai. Sedangkan di ACT, durasi ujian berlangsung selama 3 jam 35 menit untuk ujian tertulis, dan 3 jam tanpa esai. 

Berapa Harga Tes SAT & ACT?

Biaya ujian untuk mengikuti kedua jenis tes ini bervariasi, tergantung dari apakah kalian mengambil ujian esai (tertulis) atau tidak. Berikut di bawah ini detail mengenai biaya ujian kedua jenis tes tersebut:

  • Harga tes SAT
    • USD 47.50 tanpa esai
    • USD 64.50 dengan esai
  • Harga tes ACT
    • USD 46.00 tanpa ujian tertulis
    • USD 62.50 dengan ujian tertulis

Sebagai calon pelajar internasional yang berencana untuk meneruskan kuliah di US, kalian mesti mempertimbangkan baik-baik jenis tes apa yang akan kalian ikuti. Pemilihan jenis tes akan sangat mempengaruhi peluang kalian untuk diterima di universitas yang akan kalian masuki.

Tapi sekarang sudah tahu kan apa itu SAT & ACT?

Lokasi Tes SAT & ACT Di Indonesia

lokasi tes sat dan act

Bagi calon pelajar internasional asal Indonesia yang berencana untuk kuliah di US, kalian tidak harus jauh-jauh ke US untuk mengikuti kedua jenis ujian ini. Di Indonesia, ada beberapa lokasi yang ditunjuk sebagai lokasi resmi ujian SAT dan ACT. Dimana saja?

  • Bandung Alliance Intercultural School (BAIS)

Address: Jl. Bujanggamanik Kav. Jl. Parahyangan Raya No.2, Kertajaya, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553

Center Code: 64105

  • Beacon Academy

Address: Pegangsaan Dua No 66, Jakarta, Indonesia

Center Code: 64149

  • British School Jakarta

Address: Jl. Jombang Raya, Parigi, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227

Center Code: 64144

  • IPEKA Integrated Christian School

Address: Komplek Taman Meruya Ilir Jalan Batu Mulia Blok K, RT./RW:/RW.11/07, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Center Code: 64147

  • Jakarta Intercultural School (JIS)

Address: Jl. Terogong Raya No.33, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Center Code: 64140

  • Raffles College

Address: Jl. Arjuna Utara No.35, RT.8/RW.1, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Center Code: 64150

  • Sekolah Pelita Harapan

Address: Lippo Village, Jl. Boulevard Palem Raya No.2500, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Center Code: 64267

Apa yang Bisa Kami Bantu Seputar Tes SAT & ACT Ini?

Sekarang udah nggak bingung kan tentang apa itu SAT & ACT? Ingin kuliah di US, tapi masih bingung mau kuliah dimana dan jurusan apa? Atau mau tanya-tanya mengenai kuliah di luar negeri? Kalian bisa tanyakan langsung ke konsultan pendidikan luar negeri education ONE!

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Dengan pengalaman bertahun-tahun membantu pelajar Indonesia untuk menemukan kampus impian mereka di luar negeri, education ONE siap membantu kalian untuk kuliah di kampus impian kalian di luar negeri! Kalian bisa menghubungi konsultan kami langsung di sini.

Atau jika kalian mau langsung berbicara dengan konsultan kami, kalian bisa memesan KONSULTASI GRATIS untuk berbicara bersama konsultan kami melalui WhatsApp.

Baiklah, sekian artikel seputar apa itu SAT & ACT mulai dari definisi, perbedaan, biaya, hingga lokasi untuk tes SAT & ACT, sampai jumpa di artikel selanjutnya. See you!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini