fbpx
Hubungi Kami

Panduan Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Singapura untuk Pelajar Internasional

Table of Content

Biaya Hidup di Singapura Untuk Pelajar Internasional

Biaya hidup di Singapura menjadi salah satu pertimbangan penting saat akan kuliah di Singapura.

Melanjutkan studi di salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di Asia Tenggara ini memang menjadi impian bagi sebagian orang.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, lingkungan yang aman serta modern menjadi beberapa alasan banyak pelajar internasional yang tertarik belajar disini.

Kali ini kami akan membahas perkiraan biaya hidup di Singapura serta biaya kuliahnya yang bisa kamu jadikan panduan.

Selain itu, akan ada beberapa tips juga yang bisa kamu terapkan jika ingin menghemat biaya hidup di Singapura dan membuat pengalaman studi kalian lebih menyenangkan versi education ONE. Yuk simak!

Biaya Hidup di Singapura untuk Kuliah Di Singapura Tahun 2024

Pastinya tiap mahasiswa atau pelajar memiliki gaya hidup yang berbeda-beda, yang berpengaruh ke biaya hidup di Singapura yang berbeda-beda juga.

Nah disini kami akan membahas gambaran secara umum perkiraan biaya hidup di Singapura untuk pelajar internasional.

Variasi Biaya Hidup Di Setiap Kota Singapura

Terdapat beberapa kota yang biasanya menjadi tempat tujuan pelajar internasional saat melanjutkan studi di Singapura, diantaranya adalah Orchard, Bukit Timah, Tiong Bahru, Dover, dan Clementi. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di masing-masing kota tersebut.

Umumnya, biaya hidup di wilayah tengah Singapura (Central Region) seperti di Orchard, Bukit Timah, Tiong Bahru, dan Dover akan lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya, karena disini merupakan kota metropolitan yang menjadi pusat finansial dan komersial, serta banyak terdapat sekolah internasional.

Sedangkan untuk harga properti tempat tinggal, biaya sewanya akan lebih murah di wilayah bagian utara dan timur dibandingkan wilayah tengah, namun demikian yang tinggal di wilayah bagian utara dan timur ini harus melakukan perjalanan pulang pergi yang lebih jauh.

Biaya Hidup Per Kota di Singapura

Biaya Akomodasi Di Singapura

Selain biaya hidup, Singapura terkenal dengan biaya akomodasi yang tinggi.

Serupa dengan beberapa negara lainnya yang menjadi tujuan pelajar internasional, biaya akomodasi biasanya adalah biaya tertinggi dalam daftar biaya hidup di Singapura yang perlu dikeluarkan setiap bulannya.

Berikut adalah perkiraan rata-rata biaya akomodasi di Singapura.

Akomodasi Biaya (SGD) / bulanBiaya (IDR) / bulan
Akomodasi kampus$200 – $500Rp2 juta – Rp5 juta
Sewa apartemen di pusat kota (1 kamar tidur)$2.000 – $4.000Rp22 juta – Rp45 juta
Sewa apartemen di luar pusat kota (1 kamar tidur)$1.300 – $2.700Rp14 juta – Rp30 juta
Sewa apartemen di pusat kota (3 kamar tidur)$4.000 – $8.500Rp45 juta – Rp96 juta
Sewa apartemen di luar pusat kota (3 kamar tidur)$2.500 – $5.000Rp28 juta – Rp56 juta

*Biaya yang ada di tabel di atas merupakan perkiraan biaya, biaya yang sebenarnya bisa kamu cek di website resmi akomodasi atau komunikasikan langsung dengan pengurus akomodasi. Biaya akomodasi di Singapura dalam Rupiah berdasarkan kurs Januari 2024.

Baca selengkapnya artikel kami: Kuliah di Singapura

Biaya Hidup Lainnya

Besaran biaya hidup di Singapura berpengaruh pada pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup masing-masing individu. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di Singapura dalam Rupiah.

Kebutuhan Biaya (SGD)Biaya (IDR)
Makan di Hawker Centers$4 – $10 per orangRp45 ribu – Rp113 ribu per orang
Makan di restoran$20 – $30 per orangRp227 ribu – Rp341 ribu per orang
Belanja bahan makanan$200 per bulanRp2.2 juta per bulan
Bus$1 – $2 per perjalananRp11 ribu – Rp22 ribu per perjalanan
MRT$1 – $2 per perjalananRp11 ribu – Rp22 ribu per perjalanan
Taxi$12 – $25 per perjalananRp136 ribu – Rp284 ribu per perjalanan
Hiburan$10 – $40 per orangRp113 ribu – Rp455 ribu per orang
Mobile data$20 – $60 per bulanRp227 ribu – Rp683 ribu per bulan
Gas$20 – $50 per bulanRp227 ribu – Rp569 ribu per bulan
Listrik$50 – $200 per bulanRp569 ribu – Rp2.2 juta per bulan

*Tabel di atas menunjukkan perkiraan rata-rata biaya hidup di Singapura, biaya semestinya kembali lagi kepada jenis pengeluaran dan gaya hidup. Biaya hidup di Singapura dalam Rupiah berdasarkan kurs pada Januari 2024.

Biaya Kuliah Di Singapura Taun 2024

Selain biaya hidup di Singapura, salah satu yang menjadi pertimbangan utama adalah biaya kuliah. Jumlah biaya kuliah berbeda-beda tergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih.

Di samping itu, ada juga biaya pra-keberangkatan yang perlu kamu persiapkan sebelum kuliah di Singapura, yaitu biaya visa pelajar dan asuransi kesehatan.

Biaya Kuliah di Singapura

Biaya Pra-Keberangkatan Kuliah Di Singapura

Biaya yang termasuk dalam kategori ini yaitu, pertama adalah biaya Visa Pelajar. Untuk registrasi Visa ini memerlukan biaya SGD 30 (sekitar 341 ribu Rupiah), dan saat penerbitan Visa diperlukan biaya lagi sebesar SGD 60 (sekitar 683 ribu Rupiah).

Disamping itu, asuransi kesehatan sangat disarankan untuk dimiliki pelajar internasional di Singapura. Layanan asuransi ini ada yang disediakan dalam universitas, dan ada yang di luar universitas.

Contoh yang di dalam universitas adalah biaya kuliah di National University of Singapore (NUS) dengan berbagai tunjangan biaya dari konsultasi kesehatan hingga keadaan kesehatan yang darurat.

Sedangkan untuk yang di luar universitas, atau penyedia asuransi kesehatan swasta, salah satu contohnya adalah Now Health International.

Biaya Kuliah Di Universitas Singapura Tahun 2024

Penasaran sama biaya kuliah di National University of Singapore? Ada disini kok!

Pelajar di Singapura, termasuk pelajar internasional, bisa mengajukan MOE (Ministry of Education) Tuition Grant, yaitu bantuan tunjangan biaya yang diberikan oleh pemerintah Singapura untuk pelajar yang menempuh pendidikan tinggi di universitas lokal sampai dengan 10 semester.

Tunjangan biaya ini diprioritaskan diberikan kepada pelajar Singapura, lalu Permanent Resident Singapura, baru kemudian pelajar internasional.

Untuk pelajar Singapura akan secara otomatis mendapatkan tunjangan ini, namun untuk pelajar internasional mendaftar sendiri dan besaran tunjangan yang didapat bergantung pada nasionalitas pelajar itu sendiri.

Baca selengkapnya artikel kami: Universitas di Singapura

Berikut adalah perkiraan biaya kuliah di Singapura dalam Rupiah di beberapa universitas ternama di Singapura, baik yang mendapat subsidi tunjangan biaya dari Pemerintah Singapura maupun yang tidak.

Universitas Biaya (SGD) / tahunBiaya (IDR) / tahun
Dengan MOE Tuition Grant
National University of Singapore (NUS)$17.550 – $20.550Rp199 juta – Rp234 juta
Nanyang Technological University (NTU)$17.550 – $20.100Rp199 juta – Rp229 juta
Singapore Management University (SMU)$24.500Rp279 juta
Tanpa MOE Tuition Grant
National University of Singapore (NUS)$29.850 – $38.200Rp340 juta – Rp435 juta
Nanyang Technological University (NTU)$32.950 – $36.830Rp375 juta – Rp419 juta
Singapore Management University (SMU)$44.770Rp510 juta

*Biaya dalam tabel di atas menunjukkan perkiraan biaya rata-rata kuliah di beberapa universitas di Singapura, tapi tidak termasuk jurusan hukum dan kedokteran. Besaran biaya sesungguhnya bisa kamu cek di website universitas dan jurusan yang kamu tuju. Penghitungan biaya kuliah di Singapura dalam Rupiah berdasarkan pada kurs Januari 2024.

Perkiraan biaya bagi yang berkuliah di jurusan hukum di Singapura adalah SGD 27.050 per tahun (308 juta Rupiah) dengan subsidi, sedangkan tanpa subsidi akan berkisar pada SGD 38.300 – 47.320 per tahun (436 juta – 539 juta Rupiah).

Sedangkan untuk kuliah jurusan kedokteran, diperlukan biaya sekitar SGD 64.650 – 74.900 per tahun (736 juta – 853 juta Rupiah) dengan subsidi. Jika tanpa subsidi tunjangan biaya, maka yang harus dikeluarkan adalah sekitar SGD 161.800 per tahun (1.8 miliar Rupiah).

Baca selengkapnya artikel kami: Daftar Jurusan Kuliah di Singapura

Tips Menghemat Biaya Hidup Ketika Kuliah Di Singapura

Akan sangat menyenangkan jika kita bisa menghemat biaya hidup di Singapura. Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat biaya hidup di Singapura.

Tips Menghemat Biaya Hidup di Singapura

Mendaftar Beasiswa

Banyak tersedia beasiswa untuk kuliah di Singapura yang memberi tunjangan biaya untuk berbagai jurusan dan jenjang studi.

Beberapa diantaranya adalah Singapore International Graduate Award (SINGA), ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS), dan ASEAN Scholarship – Nanyang Technological University.

Baca artikel kami selengkapnya: Beasiswa Kuliah di Singapura

Memanfaatkan Diskon Pelajar

Sebagai pelajar internasional, bisa banget buat memanfaatkan diskon di berbagai tempat hiburan. Contohnya, diskon untuk menonton film di Golden Village, Cathay Cineplexes, Shaw Theatres, WE Cinemas, dan Filmgarde Cineplex.

Lalu ada juga diskon yang bisa didapatkan dari International Student Identity Card (ISIC), seperti diskon sewa sepeda dan menonton pertunjukan hiburan.

Bekerja Paruh Waktu

Dengan Visa Pelajar yang kamu miliki, kamu bisa bekerja paruh waktu hingga 16 jam per minggunya.

Jenis-jenis kerja paruh waktu yang biasanya dilakukan oleh pelajar internasional adalah bekerja di area kampus, sebagai pekerja lepas, menjadi penerjemah atau interpreter, atau bisa juga bekerja di sebuah perusahaan, seperti menjadi asisten pemasaran ataupun distributor produk.

Rata-rata bayaran yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja paruh waktu di Singapura berkisar antara SGD 8 – 10 per jam (91 ribu – 113 ribu Rupiah).

Sudah Siapkan Biaya Kuliah Dan Biaya Hidup Di Singapura untuk Tahun 2024?

Setelah mengetahui biaya hidup di Singapura, biaya kuliah di National University of Singapore, dan biaya hidup Singapura lainnya, sekarang kamu bisa mulai merencanakan studi ke Singapura-nya ya.

Career Development Consultant kami akan bantu kamu untuk merencanakan studi kalian di Singapura; mulai dari studi sampai ke perencanaan akomodasinya disana.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
Konsultasi Gratis

Kalau kamu masih bingung sama persiapannya, boleh kok banyak tanya ke Career Development Consultant kami, semua pertanyaan pasti ada jawabannya!

  • Kami berpartner dengan universitas terbaik di Singapura di tahun 2024 untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dari studi yang kamu pilih
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun untuk membantu pelajar dari seluruh dunia mengejar studi impiannya
  • Memiliki rating di Google dan Facebook 4.9/5 untuk kepuasan klien kami.

Kenapa memilih education ONE untuk studi di luar negeri?

Kamu bisa menjadi yang selanjutnya mewujudkan mimpi untuk melakukan studi di luar negeri; Australia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kalau belum yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk studi di luar negeri, atau ingin berdiskusi tentang aturan-aturan yang terbaru, pesan KONSULTASI GRATIS dengan salah satu konsultan spesialis pendidikan kami di education ONE sekarang juga.

Mau Persiapan Studi Anti Ribet? Mulai dari Konsultasi Gratis!

Inilah yang dapat kami bantu:

Ayu Septyani

Ayu Septyani

Suka dengan apa yang kamu baca? Bagikan artikel ini

Wujudkan Mimpi Studi Luar Negeri Bersama education ONE!

Raih pendidikan terbaik di universitas ternama dunia dengan bimbingan profesional dari education ONE.

Konsultasi GRATIS dengan tim profesional kami untuk:

Kalkulator Kelayakan Studi untuk membantu kamu memperkirakan peluang diterima di universitas impian

consultation-section

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini