fbpx
Hubungi Kami

Beasiswa Kuliah di Singapura 2022

Beragam beasiswa di universitas Singapura yang tersedia bagi para pelajar Indonesia.

Beasiswa Singapura menjadi salah satu beasiswa yang didambakan pelajar Indonesia yang ingin kuliah di Singapura. Singapura adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik, kesejahteraan yang cukup tinggi, dan mengadopsi perkembangan teknologi dengan cepat, sehingga dengan ini Singapura menarik bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan studinya. Singapura juga terkenal sebagai salah satu negara yang terdepan dalam hal riset dan inovasi.

Lalu bagaimana dengan peluang beasiswa Singapura untuk pelajar dari Indonesia? Tentu saja ada! Tersedia banyak kesempatan untuk memperoleh beasiswa Singapura di tahun 2022 ini yang bisa membantu menutupi biaya kuliah di beberapa universitas terkemuka di Singapura, seperti National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU), bahkan dengan tunjangan hingga lebih dari 60 juta untuk satu tahunnya. 

Kami, Education ONE, akan memberikan beberapa daftar beasiswa yang bisa pelajar Indonesia daftarkan dan juga beberapa tips yang bisa kamu coba aplikasikan agar proses pendaftaran beasiswa Singapura bisa berjalan dengan lancar.

Beasiswa di Singapura

Apa Saja Keuntungan Mendapat Beasiswa Singapura?

Selain membantu untuk meringankan biaya kuliah dan biaya hidup, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh ketika mendaftar beasiswa Singapura:

Kamu bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas kuliah dan menyelesaikan studimu lebih cepat, karena beasiswa bisa membantu menutupi biaya kebutuhanmu tanpa kamu harus terlalu bekerja ekstra di luar jam kuliah.

Dengan rekam jejak pendidikanmu yang mendapat beasiswa kuliah di luar negeri, khususnya di Singapura, kamu bisa punya nilai tambah yang diakui secara internasional. Hal ini juga bisa membuat CV mu jadi lebih menarik dan kamu makin dilirik perusahaan setelah lulus nantinya.

Dengan berkuliah di Singapura, apalagi jika mendapat beasiswa Singapura, kamu berkesempatan lebih tinggi untuk terhubung dengan banyak perusahaan global, karena Singapura juga terkenal sebagai negara di Asia dengan hub bisnis dan koneksi industri terbaik.

Mendapatkan beasiswa di salah satu universitas terbaik di dunia adalah suatu kebanggan tersendiri. Apalagi didukung pula dengan pengalaman belajar yang sangat berbeda dibandingkan di Indonesia, seperti tinggal dan belajar di lingkungan yang multikultural.

Jika masa berlaku visa pelajarmu akan berakhir dan kamu hampir menyelesaikan studimu, tetapi kamu belum mendapatkan pekerjaan di Singapura, kamu bisa mengajukan Long Term Visit Pass yang akan memberikanmu izin untuk tinggal di Singapura hingga satu tahun.

Service Education ONE - Singapura

Ketentuan Membaca Informasi Beasiswa Parsial dari Institusi Pendidikan

  • Beasiswa tidak diberikan oleh pihak Education ONE, karena Education ONE adalah lembaga konsultan pendidikan ke luar negeri. Konsultan Education ONE dapat membantu merencanakan studi ke Australia, Kanada, Inggris Raya, Selandia Baru, Malaysia, dan Singapura.
  • Informasi beasiswa yang tercantum dari institusi pendidikan yang menjadi mitra Education ONE dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Artikel ini mungkin belum mendapatkan pembaruan yang sesuai dengan kondisi terakhir. Silakan menghubungi kantor Education ONE untuk informasi lebih lanjut.
  • Jenis Beasiswa

  • Jenjang Studi

  • Jurusan

Daftar Beasiswa Kuliah di Singapura 2022

Beasiswa SP Jain diberikan untuk mendorong pelajar berprestasi untuk lebih unggul dalam jalur akademik dan karir mereka & tanpa komitmen apa pun.

Pertanyaan Seputar Beasiswa Studi di Singapura

Silakan isi form berikut ini untuk mendapatkan KONSULTASI GRATIS bersama konsultan Education ONE seputar rencana studi ke luar negeri.

MENCARI INFORMASI BEASISWA KULIAH DI SINGAPURA 2022?

Sebagai salah satu negara di Asia yang terdepan dalam hal pendidikan dan ekonomi, maka tidak heran kalau banyak pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studinya disini. Namun, biaya kuliah dan biaya hidup di Singapura bisa dibilang cukup lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya di Asia.

Tapi tenang, banyak sekali peluang beasiswa Singapura yang bisa kamu temukan di berbagai tingkat pendidikan dan bidang studi, baik itu yang disediakan oleh pemerintah, non-pemerintah atau lembaga privat, ataupun institusi pendidikan itu sendiri. Berikut adalah beberapa contoh beasiswa Singapura di tahun 2022 ini yang bisa coba didaftar oleh pelajar Indonesia.

Singapore International Graduate Award (SINGA)

Beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Singapura ini bisa didaftar oleh pelajar internasional di tingkat pendidikan postgraduate (S2 dan doktor/PhD), terutama yang ingin belajar di bidang studi ilmu sains dan teknik.

ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS)

Beasiswa S1 Singapura di National University of Singapore ini berlaku untuk semua pelajar yang ada di ASEAN, kecuali pelajar dari Singapura, dengan memberikan tunjangan biaya kuliah penuh dan juga memberi dana untuk biaya hidup sebesar SGD5,800 per tahun.

ASEAN Scholarship – Nanyang Technological University

Beasiswa S1 Singapura ini juga bisa didaftarkan oleh pelajar internasional asal ASEAN, kecuali pelajar dari Singapura, dengan tunjangan biaya kuliah penuh dan dana untuk biaya hidup sebesar SGD5,800 di tiap tahun akademik.

DR. GOH KENG SWEE SCHOLARSHIP

Beasiswa ini disponsori oleh Association of Banks in Singapore (ABS), yang ditujukan kepada pelajar dari 15 negara Asia Pasifik (termasuk Indonesia) untuk menjalani kuliah S1 di University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU) and Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Tips Mendaftar Beasiswa Singapura

Serupa dengan pendaftaran beasiswa secara general, tentunya kamu harus mempersiapkan segala ketentuannya dengan sungguh-sungguh dan meluangkan waktu untuk mendaftar dari jauh-jauh hari sebelum tanggal tenggat pendaftaran.

Hal pertama yang harus kamu tahu pertama kali saat mencari beasiswa kuliah di luar negeri adalah apakah beasiswa tersebut tersedia untuk pelajar Indonesia. Namun jika kamu sudah tahu universitas yang ingin kamu tuju, maka kamu tinggal ulik lebih dalam lagi website resmi universitas tersebut.

Selanjutnya kamu bisa riset lebih mendalam lagi kira-kira jurusan atau bidang yang kamu minati apakah dalam cakupan beasiswa atau tidak. Terlebih lagi dengan status pelajar internasional, harus ingat juga ya untuk mengurus Visa Pelajar.

Selain itu, kamu harus paham bagaimana skema tunjangan yang akan diberikan, contohnya ada beasiswa yang hanya bersifat parsial, ada yang hanya membantu biaya kuliah saja tidak termasuk biaya hidup, dan ada juga beasiswa yang hanya mendanai tingkat pendidikan tertentu saja. 

Rata-rata biaya kuliah pendidikan tinggi di Singapura bisa mencapai $130,000, dan biaya hidup di Singapura bisa mencapai $2,000 per bulannya. Jadi kalau bisa dapat beasiswa Singapura, tentu akan sangat membantu meringankan biaya yang harus kamu keluarkan, bukan?

Proses mendaftarkan beasiswa kuliah di Singapura mungkin memang terlihat rumit dan perlu perhatian khusus. Jangan sungkan untuk memastikan kembali ke pihak pemberi beasiswa atau konsultasi dengan agen pendidikan jika ada hal yang belum kamu ketahui secara pasti ya.

Kuliah dan Beasiswa di Singapura
Beasiswa di Luar Negeri

TEMUKAN INFORMASI BEASISWA KULIAH DI LUAR NEGERI LAINNYA

Simak disini untuk pilihan-pilihan beasiswa yang tersedia di negara lain.

Beasiswa kuliah di Inggris dapat menjadi sebuah opsi yang menyenangkan untuk diambil ketika ingin kuliah di UK.

Beasiswa kuliah di Kanada adalah salah satu negara maju yang sangat diminati oleh pelajar internasional.

Beasiswa Malaysia sangat diminati oleh orang-orang Indonesia ketika ingin kuliah di Malaysia.

Beasiswa Australia yang menguntungkan dan memberikan berbagai tunjangan biaya untuk pelajar Indonesia.

Beasiswa New Zealand juga bisa jadi pilihan untuk diambil ketika melakukan studi di tempat yang sangat indah dan menyenangkan.