fbpx
Hubungi Kami

Mengenal Student Pass Malaysia Dan Cara Aplikasinya Di Tahun 2023

Share
student-pass-malaysia

Jika kebanyakan negara menggunakan istilah student visa, Malaysia punya sebutan lain untuk dokumen izin tinggal sementara di negaranya yaitu Student Pass. Lalu, apa bedanya? Tidak ada, jika diartikan keduanya tetaplah visa pelajar untuk kuliah di Malaysia.

Banyak orang yang belum mengenal Student Pass Malaysia ini karena kurangnya informasi atau belum meluangkan waktu untuk mencarinya. Pesan KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan kami untuk menanyakan tentang Student Pass Malaysia ini.

Student Pass Itu Apa? Yuk Kenalan Dulu Sama Student Visa Malaysia Ini

Kamu akan membutuhkan Student Pass agar punya izin untuk tinggal dan belajar selama di negara Malaysia. Menurut Departemen Imigrasi Indonesia arti dari visa sendiri adalah IZIN yang diberikan oleh suatu negara kepada WARGA NEGARA LAIN agar bisa memasuki negara tersebut.

Artikel education ONE kali ini akan membahas tentang proses, persyaratan, dan hal-hal lainnya seputar student visa atau Student Pass Malaysia ini, yuk mulai!

Itulah kenapa pelajar Indonesia yang mau melanjutkan studinya di Malaysia membutuhkan Student Pass agar memiliki izin untuk tinggal; vice versa.

Bagaimana Proses Aplikasi Student Pass Malaysia?

Mendapatkan Student Pass Malaysia juga nggak se-ribet itu kok, asalkan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan sesuai dengan yang diminta, prosesnya pasti cukup mudah. Proses untuk mendapatkan student visa Malaysia dibagi menjadi beberapa tahapan ini:

Terima penawaran tempat

Selamat! Jika kamu udah dapat penawaran tempat dari universitas di Malaysia, maka perjalananmu untuk kuliah disana sudah tinggal beberapa langkah lagi. Terima surat penerimaan formal dari universitas pilihan kamu dan bayar biaya pendaftaran yang tertera dalam surat penerimaan tersebut.

Surat yang kamu terima dari universitas ini nantinya bisa kamu lampirkan saat melakukan aplikasi Student Pass Malaysia.

Mendapatkan Visa Approval Letter (VAL)

visa-approval-letter-malaysia

Setelah kamu diterima di lembaga pendidikan Malaysia, kamu memiliki dua pilihan untuk mengajukan Student Pass Malaysia:

  • Kamu bisa mendaftar sendiri melalui situs web Education Malaysia Global Services (EMGS), atau
  • Kamu bisa mempercayakan aplikasi ke universitas

    Untuk mendaftar, kamu harus menyediakan semua dokumen yang diperlukan yang membuktikan bahwa kamu memenuhi kelayakan untuk menerima visa pelajar ke Malaysia. Kemudian, kamu harus membuat akun di situs web EMGS. Waktu pemrosesan Visa Approval Letter (VAL) adalah 14 hari,

    Apa itu EMGS Malaysia? Education Malaysia Global Services (EMGS) adalah departemen yang didirikan oleh Pemerintah Malaysia untuk mengatur segala hal yang dibutuhkan pelajar internasional untuk mendapatkan izin untuk studi dan tinggal secara sementara di Malaysia.

    Memulai Aplikasi Student Pass Malaysia

    Universitasmu akan menghubungi imigrasi Malaysia untuk mendaftarkan aplikasi Student Pass Malaysia atas namamu. Mereka akan meminta kamu untuk membaca dan menandatangani secara digital formulir aplikasi resmi setelah mereka mengisinya.

    Kumpulkan dokumen yang diperlukan

    Kamu harus mengirimkan beberapa dokumen ke universitas agar mereka dapat melengkapi aplikasi. Daftar lengkap dokumen Student Pass Malaysia bisa kamu cek di bawah nanti atau kunjungi website resminya.

    Berapa biaya Student Pass Malaysia?

    Imigrasi Malaysia sudah menetapkan biaya untuk melakukan aplikasi Student Pass yang bervariasi dari antara RM500 dan RM 1,000. Lihat infografik di bawah ini.

    biaya-aplikasi-student-pass-malaysia

    Selain biaya aplikasi yang diminta oleh imigrasi, beberapa universitas mengenakan biaya pemrosesan. Jumlah yang diperlukan akan berbeda-beda, jadi cari tahu informasinya dari universitas masing-masing atau hubungi education ONE ya.

    Berapa lama proses Student Pass Malaysia?

    Departemen Imigrasi Malaysia biasanya akan memberitahu universitas tentang hasil aplikasi kamu dalam waktu satu minggu.

    Menerima surat persetujuan

    Universitas akan meneruskan Visa Approval Letter (VAL) yang sudah diterima tadi kepada kamu. Ini adalah kartu pelajar sementara yang memungkinkan kamu untuk masuk ke Malaysia. Kamu harus menunjukkan VAL kepada petugas imigrasi pada saat kedatangan di Malaysia nanti.

    Beri tahu universitas tentang rencana keberangkatan kamu

    Kirimkan rencana keberangkatan secara detail kepada universitas; tentang tanggal kedatangan kamu, lokasi bandara, dan nomor penerbangan. Perwakilan universitas biasanya akan menyambutmu setibanya di bandara.

    Ambil kartu pelajar

    Universitas akan mengirimkan paspor kamu ke departemen imigrasi dalam waktu dua minggu setelah kedatangan di Malaysia. Saat dikembalikan, paspor milikmu akan berisi stiker kartu pelajar yang menandakan bahwa kamu sedang belajar di Malaysia secara resmi.

    Setelah kamu tiba di Malaysia

    Begitu kamu memasuki Malaysia, kamu harus menghadap petugas imigrasi. Kamu harus membawa VOA tercetak, visa masuk, dan dokumen pendukung lainnya.

    Selanjutnya, kamu harus mendaftar cek kesehatan di institusi pendidikan dan menjalani pemeriksaan kesehatan dalam waktu tujuh hari setelah kedatangan. Pemeriksaan harus dilakukan di klinik yang terdaftar di EMGS.

    Apa Saja Persyaratan yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Student Pass Malaysia?

    Departemen Imigrasi Malaysia akan meminta dokumen-dokumen berikut sebagai bagian dari proses aplikasi. Oleh karena itu, penting untuk mengirimkan dokumen-dokumen ini ke universitas sesegera mungkin agar kamu tidak mengalami penundaan kuliah.

    Pas foto

    Pas foto dengan latar putih berukuran 35mm x 45mm

    • Halaman data diri (halaman biodata yang menunjukkan wajah, nama, dll)
    • Semua halaman dengan informasi Visa.
    • Halaman observasi (menampilkan ekstensi, klarifikasi nama, dan nomor paspor sebelumnya)
    • Durasi masa berlaku paspor yang disarankan adalah 18 bulan

    Paspor

    Kamu akan diminta untuk memberikan fotokopi paspor. Ini halaman yang dibutuhkan:

    Surat Penerimaan Dari Universitas

    Fotokopi surat penawaran kamu diperlukan untuk mengajukan permohonan Student Pass di Malaysia. Jika kamu melakukan aplikasi secara online, kamu hanya dapat mengisi formulir dan mengirimkan aplikasi setelah kamu menerima surat penerimaan/penawaran dari universitas.

    Formulir Deklarasi Kesehatan

    Kamu akan diminta untuk mengisi dan menyerahkan salinan formulir deklarasi kesehatan untuk mengajukan Student Pass di Malaysia.

    Sertifikat dan transkrip akademik

    Kamu perlu memberikan salinan semua catatan akademik, sertifikat, atau transkrip studi dari studi sebelumnya. Beberapa jurusan seperti kedokteran dan teknik punya dokumen tambahan; kamu bisa mengeceknya di website masing-masing universitas.

    Personal Bond

    Departemen Imigrasi mewajibkan semua institusi pendidikan di Malaysia untuk menandatangani Personal Bond. Ini berfungsi untuk mengikat komitmenmu untuk studi di Malaysia.

    Untuk memenuhi persyaratan ini, universitasmu akan memintamu untuk membayar sekitar 1,7 juta rupiah. Uang ini akan dikembalikan setelah kamu menyelesaikan studi dengan syarat tidak ada pelanggaran terhadap ketentuan apa pun dari undang-undang Imigrasi Malaysia.

    Persyaratan Bahasa Inggris

    Kegiatan belajar mengajar di Malaysia sebagian besar akan berlangsung dengan menggunakan bahasa Inggris, jadi kamu perlu menunjukkan bahwa kamu bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.

    Saat mengajukan Visa Approval Letter (VAL), kamu harus menunjukkan kemampuan  bahasa Inggris dengan mengunggah sertifikat bahasa Inggris di aplikasimu. Ini tes bahasa Inggris yang dapat diterima:

    • PTE – Academic (Pearson Test of English),
    • IELTS (International English Language Testing System),
    • TOEFL (Test of English as a Foreign Language),
    • CAE (Cambridge English: Advance),
    • CPE (Cambridge English: Proficiency), and
    • MUET (Malaysian University English Test)

    Kalau kamu nggak melampirkan sertifikat bahasa Inggris saat aplikasi VAL, Student Pass mu akan tertunda atau tidak akan menerima durasi Student Pass secara penuh.

    Tambahan Dokumen untuk Aplikasi Sarawak

    Surat Kuasa

    Kamu harus memiliki surat kuasa dari universitas yang harus disertakan di aplikasi Student Pass mu. Surat ini berfungsi untuk mengonfirmasi bahwa universitas lah yang akan melakukan aplikasi Student Pass.

    Cover Letter

    Cover letter akan berfungsi sebagai surat yang menjelaskan intensi untuk kuliah di Malaysia.

    Laporan Medis Pre-VAL

    Kamu harus mengunggah laporan medis dari Indonesia jika melakukan tes dari rumah sakit yang bukan merupakan rujukan dari EMGS. Jika berasal dari rujukan EMGS, biasanya laporan ini sudah terinput secara otomatis.

    FAQ Student Pass Malaysia

    Setelah kamu menerima Student Pass, kamu juga akan mendapatkan i-Kad. I-Kad Malaysia adalah kartu identitas warga negara asing, yang membuktikan bahwa pemegangnya memiliki status penduduk yang sah di Malaysia.

    Berapa waktu pemrosesan Student Pass Malaysia?

    Secara keseluruhan, seluruh proses mulai dari mengajukan Student Visa Approval Letter Malaysia (VAL) hingga menerima Student Pass kamu membutuhkan waktu 4-6 minggu.

    Berapa lama Kartu Pelajar Malaysia berlaku?

    Validitas Student Pass Malaysia kamu tergantung pada program studi kamu.

    • Jika kamu terdaftar di sekolah bahasa, Student Pass kamu diterbitkan selama 6 bulan, tetapi dapat diperpanjang.
    • Untuk sebagian besar kursus, kamu akan menerima Student Pass 1 tahun, yang dapat kamu perbarui sesuai kebutuhan.
    • Untuk kursus tertentu, kamu mungkin menerima Student Pass yang akan tetap berlaku selama program berlangsung.

    Apa yang Terjadi Jika Aplikasi Visa Ditolak?

    Malaysia punya tingkat kesuksesan aplikasi Student Pass di angka 90% yang berarti sangat sedikit aplikasi yang ditolak. Jadi, penolakan aplikasi biasanya terjadi karena kurangnya ketersediaan informasi yang diminta oleh imigrasi.

    Jika mendapat penolakan, kamu bisa menulis surat banding ke Kementerian Dalam Negeri dalam waktu 30 hari setelah penolakan.

    Perpanjangan Kartu Pelajar Malaysia

    Jika perlu memperbarui Student Pass Malaysia, kamu bisa melakukannya melaui web EMGS; kamu memerlukan CGPA 2.0 dan tingkat kehadiran sebesar 80%. Sertakan salinan paspor, ijazah, dan transkrip nilai yang kamu punya dalam aplikasi perpanjangan ini.

    Pembatalan Student Pass Malaysia

    Jika kamu memutuskan buat nggak melanjutkan studi di Malaysia lagi, kamu harus mengajukan permintaan pembatalan Student Pass Malaysia ke EMGS.

    Apakah Diperbolehkan Bekerja Saat Memegang Student Visa Malaysia Ini?

    kerja-part-time-malaysia

    Aturan Student pass Malaysia untuk bekerja memperbolehkan kamu untuk bekerja 20 jam setiap minggunya pada periode liburan karena kamu tidak diizinkan untuk bekerja disaat semester berlangsung. Sedikit lebih ketat ya jika dibandingkan negara lain?

    Pekerjaan yang bisa kamu ambil juga dibatasi, antara lain seperti di restoran, bengkel, mini market, dan hotel; tetapi sayangnya kamu nggak bisa bekerja sebagai seorang kasir, musisi, atau pekerjaan lain yang dianggap tidak relevan.

    Mau Mulai Perjalanan Studi Di Malaysia? Yuk Bareng Education ONE, Gratis!

    Setelah ngobrol sana sini tentang Student Pass Malaysia, masih ada yang mau kamu bingung nggak? Kalau masih ada, kamu bisa banget pesan KONSULTASI GRATIS ke konsultan education ONE yang bisa bantu jawab pertanyaan-pertanyaan yang kamu punya.

    Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia

    Konsultan education ONE bisa bantu kamu untuk buat rencana studi, pendaftaran studi, sampai ke pengurusan visa-nya nanti. Jadi, tunggu apa lagi?

    Nah, artikel ini sampai sini dulu ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, addio!

    Bingung Mulai Dari Mana?
    KONSULTASI GRATIS!
    Konsultasi Gratis bersama Education ONE

    REKOMENDASI KAMI

    Leave a Comment

    ARTIKEL LAINNYA

    KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

    Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
    Created with Fabric.js 4.2.0

    Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

    Created with Fabric.js 4.2.0

    Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

    Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
    Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

    Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

    Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

    Bagikan Artikel Ini