fbpx
Hubungi Kami

Universitas Terbaik di Malaysia Yang Bersaing Dengan Universitas Top Dunia

Share
Ini 5 Universitas Terbaik Di Malaysia Di Tahun 2022

Universitas terbaik di Malaysia menawarkan pendidikan kelas dunia dengan universitasnya yang mendunia, tentunya banyak orang Indonesia yang ingin berkuliah di Land of Indigenous Malay ini.

Siapa bilang kuliah di luar negeri harus mahal? Malaysia menawarkan alternatif menarik dengan kualitas pendidikan kelas dunia dan biaya yang lebih bersahabat. Tak heran, banyak pelajar Indonesia yang melirik Negeri Jiran ini sebagai pilihan utama atau alternatif untuk studi lanjutan.

Faktanya, lebih dari 170 ribu pelajar internasional menempuh pendidikan di universitas-universitas Malaysia, dengan 10 ribu di antaranya berasal dari Indonesia. Menariknya lagi, Malaysia dipercaya oleh universitas ternama dunia seperti Monash University, Newcastle University, dan Le Cordon Bleu untuk membuka kampus di sana.

universitas malaysia terbaik - Universiti Malaya

Nah, bagi kamu yang ingin menjelajahi opsi kuliah di Malaysia, berikut 10 universitas terbaik yang bisa dipertimbangkan, versi education ONE.

Daftar 10 Universitas Terbaik Di Malaysia

Universitas terbaik di Malaysia tentunya nggak kalah dari universitas lain di luar negeri yang menaruh pangkalan di negaranya, sebut saja Universiti Malaya yang selalu berhasil masuk ke dalam peringkat 100 terbaik dunia dan bersaing dengan nama-nama besar yang ada.

Intinya sebagai orang Indonesia, banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan belajar disini; mulai dari universitas bergengsi, lingkungan multikultural, hingga kemudahan untuk beradaptasi dengan kultur negara tetangga yang satu ini.

Universiti Malaya

Peringkat #1 di Malaysia dan #70 di dunia.

Universiti Malaya (UM) adalah universitas tertua di Malaysia yang didirikan untuk menyelesaikan masalah kekurangan medis di Singapura dan Penang pada akhir 1890an yang sebelumnya dikenal dengan King Edward VII College of Medicine.

Hingga saat ini, Universiti Malaya dikenal sebagai universitas terbaik di Malaysia dan menjadi incaran banyak orang Indonesia ketika memilih untuk kuliah di Malaysia.

Dengan kondisi tahun 2024 ini, sepertinya nggak heran kalau UM dikenal dan diincar oleh pelajar lokal dan internasional yang menyebabkan tingkat ketetatan yang tinggi untuk masuk; terutama pada fakultas yang punya minat tinggi seperti kedokteran dan teknik.

Universiti Putra Malaysia

Peringkat #2 di Malaysia dan #123 di dunia.

Sejarah Universiti Putra Malaysia (UPM) dimulai pada tahun 1931 sebagai Sekolah Pertanian dan kemudian berubah menjadi Universiti Pertanian Malaysia pada 1971 yang merupakan gabungan dari Fakultas Pertanian Universiti Malaya dan Kolej Pertanian Malaysia Serdang.

Universiti Putra Malaysia (UPM) terletak di Serdang, Selangor, Malaysia. UPM merupakan salah satu dari lima universitas utama di Malaysia dan juga merupakan salah satu dari empat universitas pertanian terkemuka di dunia.

UPM memiliki beberapa program yang diakui oleh pemerintah Malaysia serta dari institusi-institusi pendidikan lainnya, seperti program Pertanian yang diakui oleh Lembaga Pertanian Malaysia (Department of Agriculture Malaysia) dan program Keperawatan yang diakui oleh Majlis Kejururawatan Malaysia (Nursing Board Malaysia).

Universiti Kebangsaan Malaysia

Peringkat #3 di Malaysia dan #129 di dunia.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) didirikan pada tahun 1970 yang berlokasi di Bangi, Selangor, Malaysia. UKM menjadi 1 dari 4 universitas terbaik di Malaysia yang dipercayakan untuk melakukan berbagai riset nasional dan internasional.

Menariknya, sejak tahun 2010 UKM telah bekerjasama dengan University of Oxford dan telah menghasilkan program untuk berbagai kegiatan akademik dan penelitian, seperti:

  • Proyek penelitian dan publikasi bersama, dimana para peneliti dari kedua institusi bekerja sama dalam proyek-proyek yang menjadi kepentingan bersama.
  • Program pertukaran pelajar, yang memungkinkan pelajar dari UKM untuk belajar di Oxford, vice versa.
  • Program gelar bersama, yang memungkinkan pelajar memperoleh gelar dari Oxford dan UKM dengan menyelesaikan kuliah di kedua institusi.
  • Workshop dan konferensi bersama, yang mempertemukan ilmuwan dan peneliti dari kedua institusi untuk berbagi ide dan berkolaborasi dalam proyek.
  • Kolaborasi juga mencakup kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian di bidang lain seperti bioteknologi, energi yang dapat diperbarui, dan pembangunan berkelanjutan.
  • Kolaborasi ini juga memungkinkan kedua institusi untuk bertukar pengetahuan, keahlian, dan sumber daya di bidang yang menjadi minat bersama.

Kolaborasi antara Universitas Oxford dan UKM bertujuan untuk mempromosikan berbagi ide dan pengembangan pengetahuan baru, dan untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dan pengajar untuk mendapatkan perspektif global di bidang studi mereka.

Universiti Sains Malaysia

Peringkat #4 di Malaysia dan #143 di dunia.

Universiti Sains Malaysia (USM) adalah universitas tertua kedua di Malaysia yang didirikan pada tahun 1969 dan menjadi salah satu universitas terbaik di Malaysia.

Seperti namanya, USM terkenal dengan program-program sains dan teknologi yang ditawarkannya, seperti program studi dalam bidang fisika, kimia, matematika, dan ilmu komputer.

Universiti Sains Malaysia (USM) memiliki banyak kerjasama dengan universitas di Malaysia maupun di dunia. Kerjasama ini dapat berupa pertukaran mahasiswa, kerjasama penelitian, program double degree, dan lain-lain. Beberapa universitas yang bekerja sama dengan USM adalah:

  • Australia: University of Queensland, Monash University, dan University of Wollongong.
  • Jepang: Kyoto University, Osaka University, dan Tohoku University.
  • Eropa: University of Ghent (Belgium), University of Leuven (Belgium), dan University of Twente (Belanda)
  • Amerika Utara: University of California, Berkeley, University of Texas at Austin, dan University of British Columbia.

Baca Juga: Estimasi Biaya Hidup dan Kuliah di Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia

Peringkat #5 di Malaysia dan #203 di dunia.

Sejarah Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dimulai pada tahun 1904, ketika sebuah institusi pendidikan teknologi di Johor Bahru, Malaysia dibuka dengan nama Technical School. Institut ini menyediakan pendidikan di bidang teknik dan industri, dan pada tahun 1912, diubah menjadi Technical College.

Pada tahun 1975, Technical College ini ditingkatkan menjadi Universiti Teknologi Malaysia (UTM), yang menjadi salah satu dari beberapa universita dengan basis teknologi di negara ini. UTM menawarkan program-program sarjana dan pascasarjana unggulan dalam bidang teknik, sains, dan teknologi informasi.

UTM telah melakukan banyak penelitian dan pengembangan dalam bidang teknik, sains, teknologi informasi, dan lain-lain yang telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan negara: pengembangan mobil listrik, pengembangan ICT Strategic Planning, hingga penanganan COVID-19 silam.

Fasilitas olahraga yang dimiliki terbilang cukup megah dengan stadion sepakbola berkapasitas 40,000 penonton, kolam renang berstandar Olympic, serta Kayak dan pacuan kuda.

universitas terbaik di malaysia - UTM

Taylor’s University

Peringkat #6 di Malaysia dan #284 di dunia.

Taylor’s University adalah sebuah universitas swasta di Malaysia yang didirikan pada tahun 1969 dan berlokasi di kota Subang Jaya, Selangor, Malaysia.

Taylor’s University punya kerjasama dengan beberapa universitas di dalam dan luar negeri. Beberapa universitas yang bekerjasama dengan Taylor’s University diantaranya adalah: Murdoch University di Australia, University of Ottawa di Kanada, hingga University of Birmingham di UK.

universitas di malaysia yang banyak orang indonesia - taylor's university

UCSI University

Peringkat #7 di Malaysia dan #284 di dunia.

UCSI University adalah sebuah universitas swasta terbaik yang berlokasi di Malaysia dan didirikan pada tahun 1986 oleh Dato’ Peter T. S. Ng, konglomerat yang bergerak di bidang pendidikan, konsultasi, kesehatan, perhotelan, properti, dan teknologi. UCSI University memiliki tiga kampus di Malaysia, di Kuala Lumpur, Terengganu, dan Sarawak.

UCSI punya beberapa program yang diakui oleh pemerintah Malaysia serta dari institusi-institusi pendidikan lainnya, seperti program Sarjana Keperawatan yang diakui oleh Majlis Kejururawatan Malaysia (Nursing Board Malaysia) dan program sarjana teknik yang diakui oleh Lembaga Pembangunan Industri Pembinaan Malaysia (Construction Industry Development Board Malaysia).

UCSI University juga memiliki program-program yang diakui oleh institusi-institusi pendidikan luar negeri, seperti program Sarjana Bisnis yang diakui oleh Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) dan program Sarjana Teknik yang diakui oleh Institution of Engineers, Malaysia (IEM).

Secara umum, UCSI University dikenal sebagai universitas yang menawarkan pendidikan yang berkualitas dan program-program yang inovatif serta memiliki fasilitas yang memadai serta dosen yang berpengalaman.

Universiti Teknologi PETRONAS (UTP)

Peringkat #8 di Malaysia dan #361 di dunia.

Berdiri sejak tahun 1993, Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) menjelma sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia. Didirikan oleh PETRONAS, raksasa minyak dan gas nasional Malaysia, UTP fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir. Kampus utamanya yang megah terletak di Bandar Seri Iskandar, Perak, menjadi pusat pendidikan dan inovasi terdepan.

Program-program studinya telah diakui secara resmi oleh pemerintah Malaysia dan berbagai lembaga pendidikan ternama lainnya. Contohnya, program Sarjana Teknik Kimia yang mendapat akreditasi dari Lembaga Kejuruteraan Malaysia (Board of Engineers Malaysia) dan program sarjana teknik yang diakui oleh Lembaga Pembangunan Industri Pembinaan Malaysia (Construction Industry Development Board Malaysia).

UTP tidak hanya mendidik para mahasiswanya menjadi ahli di bidangnya, tetapi juga memupuk jiwa kepemimpinan, komunikasi yang efektif, dan kemampuan beradaptasi. Hal ini menjadikan lulusan UTP sangat diminati oleh berbagai perusahaan ternama, baik di dalam maupun luar negeri.

Universiti Utara Malaysia (UUM)

Peringkat #9 di Malaysia dan #481 di dunia.

Universiti Utara Malaysia (UUM) adalah sebuah universitas negeri di Malaysia yang didirikan pada tahun 1984. Universitas ini terletak di bandar Sintok, Kedah, Malaysia. UUM memiliki empat fakultas utama: Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan, Fakultas Teknologi Maklumat dan Sains, dan Fakultas Pengurusan.

Universiti Utara Malaysia (UUM) memiliki beberapa akreditasi oleh institusi luar negeri:

  • UUM diakui oleh Lembaga Akreditasi Negara (LAN) atau National Accreditation Board (NAB) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia (MOHE) sebagai institusi pendidikan tinggi yang memenuhi standard kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Program Sarjana Ekonomi UUM diakui oleh Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), yang merupakan sebuah organisasi profesional dalam bidang akuntansi dan manajemen.
  • UUM juga diakui oleh beberapa institusi luar negeri lainnya seperti Association of Commonwealth Universities (ACU), ASEAN University Network (AUN), dan Commonwealth of Learning (COL).
  • UUM juga diakui oleh beberapa institusi profesional luar negeri seperti The Institution of Engineers, Malaysia (IEM) dan The Institution of Mechanical Engineers (IMechE)
  • UUM diakui juga oleh beberapa organisasi internasional yang diakui di bidang pendidikan tinggi di Malaysia seperti The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), The Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), dan The International Association of Universities (IAU).

Sunway University

Peringkat #10 di Malaysia dan #601-650 di dunia.

Sunway University adalah universitas swasta di Malaysia yang didirikan pada tahun 1987. Universitas ini didirikan oleh Sunway Group, sebuah perusahaan keluarga Malaysia yang bergerak dalam bidang properti, pendidikan, dan perhotelan. Sunway University terletak di Bandar Sunway, Selangor, Malaysia.

Sunway bisa dibilang merupakan universitas swasta terbaik di Malaysia; mereka punya fasilitas yang sangat baik yang cocok bersaing dengan universitas top dunia. Lokasinya terletak dengan baik yang memiliki tempat untuk membuat jaringan dan memiliki tempat rekreasi, perbelanjaan, tempat tinggal, gaya hidup dan hiburan yang nyaman dan berstandar tinggi serta aktivitas di daerah setempat.

Universitas Dunia yang Punya Cabang Di Malaysia

Universitas terbaik di dunia sepertinya tidak ingin tertinggal dari persaingan untuk mendapatkan pelajar internasional di wilayah Asia Tenggara yang akhirnya membangun cabang di Malaysia. Tentunya ada banyak faktor yang menjadikan Malaysia sebagai ‘pangkalan’ mereka: tingkat keamanan negara dan aksesibiltasnya dari negara sekitar.

Lalu, apa saja universitas terbaik di dunia yang punya cabang di Malaysia tahun 2024 ini? Kami punya4daftarnya.

Newcastle University Medicine Malaysia

NUMed Malaysia menghadirkan program Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah (MBBS) 5 tahun yang diakui oleh Malaysia Medical Council. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan medis yang mendalam dan keterampilan klinis yang mumpuni, mempersiapkan mereka menjadi dokter yang kompeten dan berdedikasi.

NUMed Malaysia terkenal dengan pendekatannya yang berfokus pada ilmu praktis. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung melalui laboratorium simulasi medis, ruang bedah anatomi, dan pusat penelitian mutakhir. Fasilitas modern ini memastikan proses belajar yang imersif dan efektif, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia medis yang sesungguhnya.

Sebagai kampus universitas asing pertama di Malaysia yang menawarkan program kedokteran dan kesehatan, NUMed Malaysia telah mendapatkan pengakuan luas. Gelar MBBS NUMed diakui tidak hanya di Malaysia, tetapi juga di seluruh negara ASEAN, Inggris, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan India. Hal ini membuka peluang karir yang luas bagi para lulusan untuk berkarya di berbagai belahan dunia.

Monash University Malaysia

Monash University Malaysia, bagian dari Monash University, universitas riset terkemuka di Melbourne, Australia, menghadirkan pendidikan berkualitas tinggi di tengah hiruk pikuk Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1998, kampus ini telah memantapkan dirinya sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di Malaysia, menduduki peringkat di antara 200 Universitas terbaik di dunia menurut QS World University Rankings 2024.

Universitas ini juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar internasional, dengan peluang untuk bertukar pelajar, magang, dan mengikuti penelitian di berbagai kampus Monash di seluruh dunia.

Sebagai universitas terakreditasi ganda, Monash University Malaysia diakui oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA) dan Australian Tertiary Education Quality and Standards Agency (TEQSA). Hal ini memastikan bahwa kamu akan menerima pendidikan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional.

Curtin University, Kampus Sarawak

Kampus Curtin University Sarawak (Curtin Sarawak) adalah salah satu kampus dari Curtin University, universitas riset publik yang berbasis di Australia Barat.

Kampus Sarawak terletak di Miri, Sarawak, Malaysia dan didirikan pada tahun 1999. Kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang studi, seperti teknik, bisnis, ilmu komputer, dan humaniora.

Curtin Sarawak dikenal karena penekanannya yang kuat pada pendidikan praktis dan relevan dengan industri, dan komitmennya untuk memberikan pengalaman belajar internasional kepada siswa. Universitas ini memiliki populasi mahasiswa yang beragam dan tim staf akademik berpengalaman yang berdedikasi.

Curtin Sarawak juga memiliki fasilitas mutakhir, termasuk perpustakaan, laboratorium komputer, dan pusat penelitian. Kampus ini juga memiliki kemitraan dengan industri dan organisasi lain, yang memberi mahasiswa kesempatan untuk magang, penelitian, dan pekerjaan.

Curtin Sarawak adalah salah satu kampus internasional Curtin University, yang lainnya berlokasi di Dubai, Singapura, dan Mauritius.

FAQ Universitas Di Malaysia untuk Pelajar Internasional

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelajar internasional tentang universitas di Malaysia:

Apakah universitas di Malaysia menerima pelajar internasional?

Ya, kebanyakan universitas di Malaysia menerima pelajar internasional untuk mengikuti program-program sarjana dan pascasarjana. Namun, persyaratan pendaftaran mungkin berbeda untuk pelajar internasional dibandingkan dengan pelajar lokal.

Apa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelajar internasional untuk mendaftar ke universitas di Malaysia?

Pelajar internasional harus memenuhi persyaratan seperti menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atau setara, mengikuti ujian masuk universitas yang diwajibkan oleh universitas tersebut, dan menyelesaikan persyaratan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh universitas.

Baca Juga: Cara Kuliah Di Malaysia

Apakah visa diperlukan untuk belajar di universitas di Malaysia?

Ya, pelajar internasional harus memiliki visa belajar yang sah untuk belajar di universitas di Malaysia. Pelajar harus mendaftar ke kedutaan atau konsulat Malaysia di negara asalnya untuk memperoleh visa belajar.

Apakah ada biaya tambahan untuk pelajar internasional di universitas di Malaysia?

Mungkin ada biaya tambahan yang harus dibayar oleh pelajar internasional, seperti biaya pendaftaran, biaya tempat tinggal, biaya hidup ketika kuliah di Malaysia, hingga biaya perjalanan.

Kalau kamu mau kuliah di universitas terbaik di Malaysia di tahun 2024, education ONE bisa bantu kamu untuk mempersiapkannya. Kami akan membantu untuk merencanakan pengalaman studi yang sesuai dengan masa depan yang kamu mau dan menjadikannya pengalaman yang tidak terlupakan.

  • Kami berpartner dengan universitas di Malaysia untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dari studi yang kamu pilih
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun untuk membantu pelajar dari seluruh dunia mengejar studi impiannya
  • Memiliki rating di Google dan Facebook 4.9/5 untuk kepuasan klien kami.
Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Kamu bisa menjadi salah seorang yang mewujudkan mimpi untuk melakukan studi di luar negeri; Australia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kalau kamu belum yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk studi di luar negeri, atau ingin berdiskusi tentang aturan-aturan yang terbaru, pesan KONSULTASI GRATIS dengan salah satu Career Development Consultant kami di education ONE sekarang juga.

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini