fbpx
Hubungi Kami

Kuliah di Malaysia: Ternyata Begini Cara Mendaftar yang Benar!

Share
cara kuliah di malaysia

Cara kuliah di Malaysia bagaimana ya? Apakah persyaratan dan cara mendaftar kuliah di Malaysia serupa dengan negara lainnya?

Malaysia bisa dikatakan sebagai saudara dekatnya Indonesia. Letak geografis yang berdekatan, bahasa sehari-hari yang pelafalannya hampir menyerupai, sama-sama bagian dari ASEAN, dan sama-sama beriklim tropis, hanyalah segelintir kesamaan dan bukti kedekatan Malaysia dengan Indonesia.

Malaysia juga sering dijadikan tempat tujuan wisata luar negeri bagi orang Indonesia. Tapi pernah gak sih kamu kepikiran untuk mengenyam pendidikan di Negeri Jiran ini? Dari banyaknya kemiripan antar dua negara ini, apakah berlaku juga dalam hal pendidikan?

Nah, di artikel kali ini, Education ONE akan bahas perbedaan kuliah di Malaysia dengan Indonesia, cara kuliah di Malaysia, ketentuan visa pelajar Malaysia, dan juga universitas-universitas terbaik di Malaysia rekomendasi Education ONE!

Kuliah di Malaysia vs Indonesia, apa perbedaannya? 

Kuliah di Malaysia vs Indonesia, apa perbedaannya?

Kuliah di Indonesia ada beragam pilihannya, bisa di universitas negeri, universitas swasta, ataupun institusi pendidikan yang fokus pada pengembangan kemampuan tertentu, contohnya adalah Politeknik.

Sedangkan untuk kuliah di Malaysia, yang menjadi salah satu nilai tambahnya adalah pengalaman untuk belajar dan tinggal merantau di luar Indonesia.

Untuk yang sudah punya pengalaman merantau sebelumnya, kurang lebih pasti akan mengerti deh bagaimana perbedaannya dibandingkan dengan kuliah di “rumah” sendiri.

Bagaimana cara kuliah di Malaysia dan pengalaman selama kuliah di sana bisa bantu kamu belajar mandiri dan belajar memanajemen diri sendiri.

Untuk selengkapnya perbandingan kuliah di Malaysia vs Indonesia, simak pada tabel dibawah ini.

Kuliah di MalaysiaKuliah di Indonesia
13 universitas di Malaysia termasuk dalam Top 600 universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings 2023.5 universitas di Indonesia termasuk dalam Top 600 universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings 202.
Membuatmu punya pengalaman kuliah di luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau namun dengan kualitas pendidikan dunia.Tidak punya pengalaman kuliah di luar negeri, tapi tetap bisa ada kesempatan networking dengan pelajar internasional kalau jurusan / universitas yang diambil menerima mahasiswa exchange.
Kota-kota di Malaysia yang modern dan progresif, sangat cocok bagi pelajar internasional.Beberapa kota pelajar di Indonesia sudah sangat memenuhi kebutuhan pelajar, baik dari sisi transportasi maupun infrastruktur.
Sebagian besar pembelajaran menggunakan bahasa Inggris.Sebagian besar pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia.
Lokasi yang strategis, kamu bisa travelling ke negara Asia Tenggara di sekitar di Malaysia saat liburan.Kamu juga bisa berlibur di Asia Tenggara saat liburan, namun akan lebih memakan waktu dan biaya.
Lingkungan belajar yang multikultural. Karena Malaysia adalah salah satu destinasi favorit untuk melanjutkan studi, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa dengan beragam asal negara.Lingkungan belajar di Indonesia juga multikultural, karena salah satu ciri khas Indonesia adalah keberagaman suku dan ras.

Kamu punya pemikiran lain soal perbandingan ini? Yuk kita ngobrol dan saling bagi pendapat di kolom komentar di akhir artikel ini!

Baca juga: Cita-cita Jadi Diplomat Bisa Terwujud Dengan Kamu Kuliah Di Sini

Sekilas Tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Malaysia

Yang sering terdengar untuk menjadi jenis institusi pendidikan tinggi adalah universitas. Namun uniknya di Malaysia adalah ada juga jenis institusi pendidikan lainnya yang bisa jadi pilihan untuk menyesuaikan kebutuhan studimu, yaitu Kolej (College) dan Universiti Kolej (Univeristi College).

Untuk kamu yang merasa perlu untuk melakukan persiapan tambahan sebelum masuk ke bangku perkuliahan, kamu bisa terlebih dulu masuk di Kolej, karena institusi ini menyediakan program persiapan kuliah seperti Foundation atau Bridging Course.

Sedangkan, Universiti Kolej adalah adalah institusi independen, dimana mereka tidak memiliki status sebagai universitas namun memiliki hak untuk memberikan gelar Sarjana sama dengan yang didapat dari universitas pada umumnya.
Untuk universitasnya sendiri, kurang lebih serupa dengan yang ada di Indonesia, ada universitas negeri dan ada juga universitas swasta. Jenjang pendidikan Sarjana pun memiliki durasi yang sama dengan di Indonesia, yaitu 3-5 tahun.

Uniknya Sistem Pendidikan yang Bikin Kamu Makin Penasaran Cara Kuliah di Malaysia

Di Malaysia ada yang namanya Twinning Programme. Apa itu?

Sistem Pendidikan yang Bikin Kamu Makin Penasaran Cara Kuliah di Malaysia

Jadi, dengan mengikuti program ini kamu berkesempatan untuk dapat dua gelar. Dikutip dari Guidebook PPI Malaysia, tabel di bawah ini merangkum jenis-jenis Twinning Programme:

Program 2+1Mahasiswa baru akan menempuh 2 tahun pertama perkuliahannya di Malaysia dan pada tahun ajaran terakhir mereka akan dikirim belajar ke luar negeri seperti Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Prancis ataupun Jerman.
Program 2+2Hampir mirip dengan program 2+1 di atas, hanya saja durasi kuliah akan lebih lama. 2 tahun awal kuliah akan ditempuh di Malaysia, sedangkan 2 tahun selanjutnya akan dilanjutkan di luar negeri.
Program 3-0Dengan program ini, mahasiswa akan menghabiskan 3 tahun perkuliahanya di Malaysia, namun tetap akan mendapat gelar dari universitas luar negeri. Contohnya, mahasiswa yang berkuliah di Monash University di Malaysia.

Baca juga: Ini Dia Sistem Pendidikan Di Australia yang Bisa Bikin Kalian Jadi Orang Sukses, Yuk Simak!

Cara Kuliah di Malaysia

Ini dia bagian yang paling banyak membuat penasaran pelajar Indonesia yang mau kuliah di Malaysia. Cara kuliah di Malaysia bagaimana sih? Apakah susah untuk mendaftar kuliah di Malaysia?

Jawabannya adalah tergantung dari kesiapan dirimu, kelengkapan dokumen, dan kesesuaian antara apa yang sudah kamu miliki dan studi yang kamu inginkan di Malaysia. Semakin lengkap, sesuai ketentuan, dan waktu persiapan yang tidak terburu-buru, hal ini akan membantumu selama proses kuliah di Malaysia.

Bingung kalau mau persiapan studi di Malaysia mulai dari mana dan apa saja yang harus dipersiapkan? Langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan konsultasi gratis dengan Career Development Consultant di Education ONE!

Cara Kuliah di Malaysia – Tahapan yang Harus Dijalani

  1. Daftar online melalui website universitas yang dituju, dengan cara buat akun baru di laman pendaftaran universitas yang dituju, kemudian log in pada akun tersebut
  2. Isi formulir dengan lengkap serta upload dokumen-dokumen yang dituju
  3. Pastikan semua informasi dan persyaratan sudah lengkap dan sesuai
  4. Submit formulir pendaftaran
  5. Jika diterima oleh kampus tujuan, pendaftar akan mendapatkan offer letter yang dikirim melalui email (2 – 4 minggu)

Syarat Untuk Mendaftar Kuliah Pada Universitas di Malaysia

Secara umum, berikut adalah syarat-syarat dokumen yang perlu disiapkan dalam proses mendaftar kuliah di Malaysia. Simak dan persiapkan dengan baik karena langkah ini sangat krusial untuk jawab pertanyaanmu tentang cara kuliah di Malaysia.

  1. Foto ukuran paspor (3.5 x 5.5 cm) dengan warna background yang diminta
  2. Fotokopi paspor, sertakan semua halaman termasuk halaman yang kosong (paspor harus berlaku setidaknya satu tahun dari tanggal intake)
  3. Ijazah dan transkrip nilai pendidikan yang ditempuh yang telah diterjemahkan ke Bahasa Inggris
  4. Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris yang memenuhi syarat dari universitas yang dituju
  5. Surat rekomendasi akademik (jika diminta)
  6. Proposal penelitian, untuk yang akan menjalani program PhD dan Master dengan full research
  7. Surat pernyataan mampu memenuhi seluruh kebutuhan keuangan selama studi

Syarat Dokumen Dalam Mengajukan Student Pass Malaysia

Syarat Dokumen Dalam Mengajukan Student Pass Malaysia

Tahapan awal cara kuliah di Malaysia sudah dijelaskan di atas. Namun jika kamu tidak memiliki izin secara legal untuk kuliah di Malaysia, maka yang sudah kamu persiapkan di atas bisa saja sia-sia.

Berlaku juga untuk negara lainnya, seluruh pelajar internasional yang ingin melanjutkan studinya di Malaysia, dalam level pendidikan manapun, perlu memiliki visa pelajar yang di Malaysia disebut sebagai Student Pass yang resmi diterbitkan oleh Departemen Imigrasi Malaysia.

Berikut adalah persyaratan umum dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan Student Pass Malaysia ini:

  1. Fotokopi Paspor
  2. Offer letter
  3. Health declaration form, bisa didapatkan melalui klinik yang bekerja sama dengan EMGS (Education Malaysia Global Services)
  4. Ijazah dan transkrip nilai
  5. Sertifikat Bahasa Inggris
  6. Personal Bond (sejumlah dana yang harus diberikan oleh calon pelajar kepada lembaga pendidikan, yang nantinya akan dikembalikan saat sudah menyelesaikan atau withdraw studi)

Persyaratan Bahasa Inggris Untuk Student Pass Malaysia

Hampir semua proses belajar mengajar di Malaysia menggunakan bahasa Inggris, maka dari itu bukti kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat penting. Berikut adalah jenis-jenis tes bahasa Inggris yang diakui dalam pengajuan Student Pass Malaysia:

  • PTE – Academic (Pearson Test of English),
  • IELTS (International English Language Testing System),
  • TOEFL (Test of English as a Foreign Language),
  • CAE (Cambridge English: Advance),
  • CPE (Cambridge English: Proficiency), and
  • MUET (Malaysian University English Test)

Biaya yang Diperlukan dalam Pendaftaran Kuliah di Malaysia

Untuk Student Pass perlu untuk membayar RM 60.00 per tahun (sekitar IDR 196.000). Sedangkan untuk biaya pembuatan visa / Student Pass itu sendiri, bisa bervariasi tergantung dari negara mana kamu berasal, tapi tidak akan melebihi RM 50.00 (sekitar IDR 163.000).

Apakah masih ada yang kurang jelas dengan tata cara kuliah di Malaysia yang dijabarkan di atas? Tidak perlu ragu apalagi sungkan untuk menjadwalkan konsultasi GRATIS dengan konsultan Education ONE!

Rekomendasi Universitas Terbaik di Malaysia

Berikut adalah daftar universitas terbaik di Malaysia 2022 rekomendasi Education ONE:

  1. Universiti Malaya
  2. Universiti Putra Malaysia
  3. Universiti Kebangsaan Malaysia
  4. Universiti Sains Malaysia
  5. Universiti Teknologi Malaysia
  6. Taylor’s University
  7. UCSI University

Untuk membaca penjelasan detail terkait masing-masing universitas tersebut, silakan baca artikel kami: 5 Universitas Terbaik di Malaysia Ini Bisa Kalian Pilih Untuk Studi, Apa Saja Ya?

FAQ Cara Kuliah di Malaysia

Berapa biaya hidup di Malaysia?

Biaya hidup di Malaysia sekitar RM1,500 per bulan. Namun bisa juga hal ini bergantung pada gaya hidup dan di kota mana kamu tinggal.

Penasaran tentang perkiraan besaran biaya hidup di Malaysia? Kamu bisa coba hitung dengan kalkulator biaya hidup di Malaysia ala Education ONE yang online dan gratis, atau baca artikel kami tentang: Estimasi Biaya Hidup dan Kuliah di Malaysia 2022.

Apakah bisa kerja paruh waktu sebagai pelajar di Malaysia?

Seluruh pelajar internasional, baik itu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta maupun negeri, diperbolehkan untuk bekerja paruh waktu selama 20 jam per minggu hanya pada saat libur semester atau libur nasional lainnya yang lebih dari 7 hari.

Kamu pun berhak untuk bekerja di restoran, pom bensin, mini market, ataupun hotel selama Student Pass mu masih valid.

Adakah beasiswa untuk pelajar Indonesia?

Tentu saja tersedia beasiswa untuk di berbagai jenjang pendidikan. Sumber beasiswa juga beragam, ada dari pihak swasta, pemerintah, maupun universitas itu sendiri.

Untuk referensi beasiswa, bisa kamu coba lihat halaman web Study Malaysia, LPDP, atau SEARCA. Untuk informasi selengkapnya, langsung saja hubungi kami!

Sekarang Sudah Tahu Kan Cara Kuliah di Malaysia? Inilah yang Bisa Kamu Lakukan Selanjutnya.

Cara kuliah di Malaysia khususnya, dan cara kuliah di luar negeri pada umumnya, perlu diperhatikan dan disiapkan baik-baik semua persyaratan yang dibutuhkan.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Jika kamu masih ragu atau kurang percaya diri untuk mendaftar kuliah di Malaysia secara independen, hubungi Education ONE sekarang juga! Membantumu mulai dari persiapan dokumen, mengurus visa, hingga tips dan trik untuk membuat pengalaman kuliah di luar negeri jadi semakin berkesan, pastinya adalah tujuan utama kami.

Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam menangani berbagai permasalahan tentang studi di luar negeri, dan tentunya dengan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google.

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan merespon secepatnya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel lainnya:

Keuntungan Kuliah Di Singapura yang Kasih Sejuta Pengalaman Studi yang Menyenangkan

Breaking News! Pembukaan Border New Zealand & Pengumuman Sistem Bekerja Pasca Studi

Apa itu SAT & ACT?

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini