fbpx
Hubungi Kami

Sistem Pendidikan Di Australia: Belajar Di Institusi Kelas Dunia

Share
sistem pendidikan di australia

Sistem pendidikan di Australia adalah salah satu sistem yang paling dinamis dan inovatif di dunia. Sistemnya bertingkat tiga dengan tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi seperti negara lain di seluruh dunia.

Kalau kamu mau sekolah atau kuliah di luar negeri dan penasaran sama sistem pendidikan yang ada di Australia, artikel education ONE kali ini akan menjelaskan semua yang kamu perlu tahu disaat fase persiapan. Inilah yang akan kamu baca:

Kamu bisa tap judul di atas untuk baca yang mau kamu tahu, atau kalau mau baca satu-satu bisa langsung scroll ke bawah ya. Selamat membaca!

Gambaran Sistem Pendidikan Di Australia

Sistem pendidikan di Australia dianggap sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia, baik untuk pelajar domestik maupun internasional. 

Kamu bisa yakin akan mendapatkan pendidikan berkualitas yang tak tertandingi, kualifikasi yang diakui secara internasional, dan peluang kerja yang sangat besar ketika kamu memilih untuk belajar di Australia.

Universitas-universitas di Australia terkenal dengan pendekatan penelitian dan pelatihannya, menjadikannya tujuan populer di kalangan pelajar Indonesia.

Keunggulan akademis, suasana kampus yang menyenangkan, dan instruktur yang berkualitas adalah beberapa alasan utama mengapa universitas di Australia secara konsisten menduduki peringkat teratas dalam QS World University Ranking dan Times Higher Education Ranking

Kamu akan mendapatkan kurikulum yang terstruktur dengan baik yang fokus pada pengembangan berbagai skill, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, literasi, kemampuan berpikir analitis, pemahaman etika, dan banyak lagi.

Selain itu, Australia menawarkan berbagai jurusan yang kamu bisa pilih, dengan lebih dari 22.000 jenis jurusan yang tersedia di lebih dari 1.100 institusi pendidikan. Australia juga menjadi tuan rumah bagi tujuh kota pelajar terbaik di dunia, termasuk Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, dan Brisbane.

Terlepas dari apa yang kamu pelajari atau berapa lama kamu belajar, undang-undang di Australia memberikan perlindungan dan memastikan pendidikan berkualitas untuk pelajar internasional.

Jaminan Kualitas Pendidikan Australia untuk Pelajar Internasional

Seorang pelajar internasional memiliki hak dan perlindungan yang ditetapkan dalam hukum Australia. Aturan ini memastikan bahwa semua orang diperlakukan dengan adil dan memiliki akses ke pendidikan berkualitas tinggi.

bagaimana sistem pendidikan di australia

Untuk memastikan pemenuhan hak-hak ini, Commonwealth Ombudsman bertanggung jawab menyelidiki keluhan yang diajukan oleh pelajar internasional terhadap penyedia pendidikan, baik itu sekolah, perguruan tinggi, atau universitas di Australia. 

Layanan yang disediakan oleh Ombudsman bebas biaya, tidak memihak, dan dapat diakses oleh pelajar saat ini, masa lalu, maupun masa depan.

CRICOS

Untuk memastikan kualitas dan konsistensi pendidikan, semua kursus yang ditawarkan kepada pelajar internasional harus disahkan oleh Pemerintah Australia melalui CRICOS.

CRICOS merupakan singkatan dari Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students. Bagi kamu yang merupakan pelajar internasional dengan Student Visa Australia, penting untuk memilih institusi dan kursus yang terdaftar di CRICOS.

Pendaftaran ini menjamin bahwa institusi dan jurusan yang kamu pilih memenuhi standar tinggi yang diharapkan oleh pelajar internasional yang ingin studi di Australia.

Education Services for Overseas Students (ESOS) Act

Education Services for Overseas Students (ESOS) Act memberikan perlindungan terhadap hak-hak pelajar internasional di Australia. UU ESOS bertujuan untuk memastikan dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada pelajar internasional di Australia. 

Aturan ini mengatur kesejahteraan pelajar internasional, serta menetapkan standar yang harus dipenuhi oleh penyedia pendidikan Australia agar mereka dapat menawarkan pendidikan kepada pelajar internasional. ESOS dan National Code juga mengatur tanggung jawab penyedia dalam mengelola jaringan agen pendidikan mereka. 

Selain itu, ESOS Act mendukung migrasi di Australia dengan memastikan pengumpulan dan pelaporan informasi yang relevan terkait dengan Student Visa Australia.

Tuition Protection Service (TPS)

Australia telah menjadi yang terdepan dalam melindungi hak-hak pelajar internasional dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan terbaru dalam Education Services for Overseas Students (ESOS) Act telah menguatkan perlindungan bagi pelajar internasional dengan memperkenalkan Tuition Protection Service (TPS)

TPS merupakan inisiatif dari Pemerintah Australia yang bertujuan untuk membantu pelajar internasional disaat penyedia pendidikan tidak bisa menyelenggarakan kursus yang telah dibayar dan tidak memenuhi kewajiban dalam menawarkan kursus alternatif yang sesuai. 

TPS juga membantu dalam memperoleh pengembalian uang kuliah dari institusi jika mereka tidak memulai atau menghentikan studi mereka.

Dengan adanya TPS, pelajar memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi di kursus atau institusi lain, atau menerima pengembalian uang kuliah yang tidak direalisasikan.

Australian Qualifications Framework (AQF)

Pada tahun 1995, Pemerintah Australia memperkenalkan Australian Qualifications Framework (AQF). Kerangka ini merupakan sistem nasional yang mengatur kualifikasi di berbagai tingkatan pendidikan, termasuk sekolah, Vocational Education and Training (VET), dan pendidikan tinggi.

AQF diperkenalkan oleh Pemerintah Australia dengan tujuan menetapkan standar kualifikasi pendidikan di negara ini. Sistem ini memberikan bantuan kepada siswa internasional dalam memilih universitas dan kursus yang terkemuka di Australia. 

Kualifikasi AQF memastikan bahwa institusi pendidikan yang kamu pilih memiliki pengakuan dari pemerintah, serta memastikan bahwa kualifikasi yang diberikan diakui secara nasional dan internasional. AQF berkomitmen untuk menjaga konsistensi dan standar pendidikan yang tinggi di seluruh negeri.

AQF terdiri dari 10 tingkatan yang memberikan fleksibilitas kepada pelajar baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memilih program studi sesuai preferensi mereka.

jenjang studi di australia

Berikut adalah tingkat AQF dari pendidikan tinggi Australia.

JenjangTIngkat AQF
Doctoral DegreeLevel 10
Master DegreeLevel 9
Bachelor Honours DegreeLevel 8
Graduate Diploma
Graduate Certificate
Bachelor DegreeLevel 7
Associate DegreeLevel 6
Advanced Diploma
DiplomaLevel 5

Dan selanjutnya adalah tingkat AQF dari Vocational Education and Training (VET) Australia.

JenjangLevel AQF
Vocational Graduate DiplomaLevel 8
Vocational Graduate CertificateLevel 8
Advanced DiplomaLevel 6
DiplomaLevel 5
Certificate IVLevel 4
Certificate IIILevel 3
Certificate IILevel 2
Certificate ILevel 1

Tertiary Education Quality and Standards Agency (TEQSA)

Tertiary Education Quality and Standards Agency (TEQSA) merupakan badan pengatur dan penjaminan mutu pendidikan tinggi yang sifatnya independen di Australia.

Setiap lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi di Australia wajib terdaftar di bawah pengawasan TEQSA. Tujuan TEQSA adalah melindungi kepentingan pelajar dan menjaga reputasi sektor pendidikan tinggi Australia. 

Mereka mencapai tujuan ini dengan mengadopsi pendekatan yang seimbang dan responsif terhadap risiko, serta memberikan jaminan kualitas yang mendukung keragaman, inovasi, dan keunggulan dalam pendidikan tinggi.

Australian Skills Quality Authority (ASQA)

Australian Skills Quality Authority (ASQA) berperan sebagai regulator nasional untuk sektor Vocational Education and Training (VET) di Australia. Mereka memiliki tujuan untuk membangun kepercayaan di antara pelajar, pengusaha, dan pemerintah terkait kualitas pendidikan kejuruan dan pelatihan yang ditawarkan oleh universitas di Australia. 

Peran badan ini meliputi memastikan bahwa para pelajar menerima pendidikan dan infrastruktur terbaik, sambil juga membantu universitas dalam mempertahankan reputasi yang berkontribusi pada pengakuan mereka secara global.

Tingkatan Sistem Pendidikan Di Australia

Pendidikan di Australia secara umum serupa di semua negara bagian dan teritorinya, meskipun terdapat perbedaan kecil. 

Dimulai dari tingkat pendidikan dasar dan menengah yang wajib bagi anak-anak usia 6 hingga 16 tahun (tahun pertama hingga kesembilan dan kesepuluh), masa studi totalnya mencapai 13 tahun yang terbagi ke dalam empat sub-sektor:

  1. Pendidikan dasar: Program berdurasi tujuh atau delapan tahun yang dimulai dari tahap preschool hingga tahun keenam atau ketujuh.
  2. Pendidikan menengah: Berlangsung selama tiga atau empat tahun, dimulai dari tahun ketujuh hingga kesepuluh, atau tahun kedelapan hingga kesepuluh.
  3. Pendidikan menengah atas: Berjalan selama dua tahun, yaitu di tahun kesebelas dan keduabelas.
  4. Pendidikan tinggi: Merupakan jenjang pendidikan lanjutan yang mencakup program diploma dan pendidikan tinggi.

Penasaran dengan masing-masing detailnya? Yuk kita bahas satu per satu.

Early Childhood Education (Pendidikan Anak Usia Dini)

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memainkan peran yang sangat penting dalam mempersiapkan anak-anak untuk memasuki lingkungan sekolah. 

Pada tahap ini, pendidikan bertujuan untuk membantu anak-anak berpartisipasi dengan baik dalam proses belajar-mengajar dan mengembangkan peran mereka secara keseluruhan. PAUD merupakan langkah awal dalam sistem pendidikan formal di Australia. 

Fokus utamanya adalah mengajarkan anak-anak tentang pentingnya bekerja sama dengan orang lain, membangun hubungan persahabatan yang sehat, mengungkapkan kreativitas mereka, dan mengembangkan keterampilan komunikasi, membaca, menulis, dan berhitung yang diperlukan agar mereka siap untuk belajar lebih lanjut dengan efektif di masa depan.

Primary School (Sekolah Dasar)

Sekolah dasar menyediakan program pendidikan mulai dari Foundation hingga tahun keenam. Pada tingkat pendidikan dasar, perhatian diberikan pada pengembangan kemampuan literasi, numerasi, serta keterampilan intelektual dan sosial-emosional yang krusial. 

Selain itu, pengetahuan tentang dunia di sekitar mereka juga menjadi bagian dari pembelajaran.

Secondary School (Sekolah Menengah)

Pendidikan menengah terdiri dari tahun ketujuh hingga kesepuluh. Setelah itu, pelajar memiliki pilihan untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas atau perguruan tinggi untuk menyelesaikan tahun ajaran 10, 11, dan 12.

Secara bertahap, kamu akan diberikan mata pelajaran yang lebih spesifik sesuai dengan minat dan bakat yang dipilih.

Sistem pendidikan di Australia FAQS

Sistem pendidikan sekolah menengah di Australia mengikuti kerangka kurikulum nasional. Mata pelajaran yang diajarkan mencakup matematika, sains, sejarah, bahasa, geografi, seni, kesehatan dan pendidikan jasmani, teknologi informasi dan komunikasi, kewarganegaraan, ekonomi, dan bisnis.

Setelah menyelesaikan tahun ajaran 12 atau setara, kamu akan diberikan Sertifikat Pendidikan Menengah Atas dan mereka dapat melanjutkan studi atau memulai karir.

Vocational Education and Training (VET)

Pendidikan yang banyak dicari oleh orang Indonesia di Australia adalah Vocational Education and Training (VET). 

Tujuan utama dari VET adalah memberikan kamu keterampilan yang dapat diterapkan dan pengalaman untuk menjadi efektif dalam pekerjaan di berbagai bidang. VET disediakan oleh Registered Training Organisations (RTO) dan pemerintah Australia melalui TAFE.

VET dapat dimulai dari sekolah menengah, dan biasanya terdapat pathway ke perguruan tinggi agar seseorang bisa melanjutkan ke universitas dengan nilai yang dapat dikonversi ke dalam penilaian universitas.

Vocational Education and Training didasarkan pada kerjasama antara pemerintah Australia (federal dan negara bagian) dan badan industri, dengan tujuan untuk mempercepat akses ke dunia kerja setelah lulus.

Banyak kursus kejuruan mengintegrasikan periode pelatihan di tempat kerja, selain pembelajaran kelas atau online.

Kualifikasi VET mencakup berbagai tingkat sertifikat, mulai dari Sertifikat I, II, III, dan IV, hingga program-program Diploma dan Advanced Diploma, yang disesuaikan dengan tahun studi, keterampilan, dan kompetensi kerja yang diperoleh.

Program Sarjana

Pada tingkat sarjana di perguruan tinggi, kamu mengikuti studi untuk memperoleh gelar sarjana yang merupakan langkah awal dalam persiapan karir profesional.

Proses menyelesaikan gelar sarjana melibatkan setidaknya tiga tahun studi penuh waktu. Namun, beberapa institusi juga menawarkan program akselerasi yang memungkinkan penyelesaian gelar dalam waktu dua tahun.

Program Pascasarjana Dan Doktor Di Australia

Di universitas-universitas Australia, tersedia berbagai pilihan program pascasarjana yang memungkinkan kamu untuk melanjutkan studi ke bidang baru atau meningkatkan peluang karir.

  • Graduate Certificate: Setelah menyelesaikan gelar sarjana, dengan studi tambahan selama enam bulan, kamu bisa mendapatkan Graduate Certificate. Tujuan dari program ini adalah untuk memperluas keterampilan dalam bidang yang terkait dengan gelar sarjana atau pekerjaan tertentu.
  • Graduate Diploma: Setelah satu tahun studi tambahan, kamu bisa mendapatkan Graduate Diploma. Program ini dirancang sebagai langkah awal menuju gelar master atau untuk mengembangkan tingkat keahlian yang lebih tinggi dalam pekerjaan yang sedang dijalani.
  • Program Master: Gelar master di Australia biasanya memerlukan waktu satu hingga dua tahun untuk diselesaikan. Program ini dapat berupa penelitian independen, kursus tradisional, atau kombinasi dari keduanya. Tujuan utamanya adalah untuk membantu kamu menjadi pemimpin di bidang studi yang dipilih.
  • Program Doktor: Gelar doktor merupakan penghargaan tertinggi yang ditawarkan di universitas-universitas Australia. Dikenal juga sebagai PhD, program ini melibatkan penelitian asli yang disajikan dalam bentuk tesis. Gelar doktor berkontribusi secara signifikan terhadap pengetahuan di bidang studimu. Biasanya, gelar doktor memakan waktu sekitar tiga tahun untuk diselesaikan.

Perbandingan Sistem Pendidikan Di Indonesia Dan Australia

Sistem pendidikan di Indonesia dan Australia memiliki beberapa perbedaan yang mencakup struktur, kurikulum, pendanaan, dan tingkat kualitas. 

Sebagai bentuk penyegaran setelah membaca banyak tulisan, kamu bisa menonton video kami tentang kuliah di Indonesia atau di Australia berikut ini supaya memiliki gambaran umum tentang perbedaannya.

Berikut adalah perbandingan antara sistem pendidikan di Australia dan di Indonesia.

Struktur Pendidikan

Indonesia: Di Indonesia, sistem pendidikan terdiri dari tiga tingkatan utama, yakni pendidikan dasar yang mencakup Sekolah Dasar (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), pendidikan menengah atas yang meliputi Sekolah Menengah Atas (SMA/MA), serta pendidikan tinggi yang mencakup universitas dan perguruan tinggi.

Australia: Sistem pendidikan di Australia terdiri dari empat tingkatan utama, yaitu pendidikan dasar (Primary School), pendidikan menengah (Secondary School), pendidikan menengah atas (Senior Secondary School), dan pendidikan tinggi.

Kurikulum PAUD – SMA (Year 1 ke Year 10)

Indonesia: Di Indonesia, kurikulum pendidikan umumnya berdasarkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan saat ini mengadopsi Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan pemanfaatan teknologi dan komunitas belajar sebagai pendekatan pembelajaran.

Australia: Di Australia, terdapat Australian Curriculum (saat ini versi 8.4) yang dirancang oleh Australian Curriculum, Assessment and Reporting Authority (ACARA) untuk memastikan keseragaman kurikulum di seluruh negara bagian.

Pendanaan

Indonesia: Di Indonesia, sebagian besar pendanaan pendidikan disediakan oleh pemerintah, namun masih menghadapi tantangan dalam alokasi dana yang cukup. Sekolah-sekolah negeri sering mengalami keterbatasan sumber daya dan infrastruktur yang memadai.

Australia: Pendidikan di Australia didanai oleh pemerintah melalui pendapatan pajak dan biaya pendidikan yang dibayarkan oleh pelajar. Pemerintah Australia memberikan dana yang signifikan untuk pendidikan, termasuk pendidikan dasar dan tinggi.

Kualitas Pendidikan

Indonesia: Walaupun berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, masih terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti kualitas guru yang bervariasi, infrastruktur yang kurang memadai, serta kesenjangan antara mutu pendidikan di perkotaan dan pedesaan.

Australia: Sistem pendidikan di Australia terkenal karena kualitasnya yang tinggi. Universitas-universitas di Australia sering mendapatkan peringkat internasional yang baik, dan sistem pendidikan di Australia terkenal karena pendekatan yang berfokus pada kebutuhan pelajar, kebebasan akademis, dan fasilitas yang memadai.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan (FAQs)

Berikut adalah 5 pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar sistem pendidikan di Australia oleh klien kami.

Apakah Australia memiliki sistem pendidikan yang baik?

Sistem pendidikan di Australia dianggap cukup baik. Pemerintah Federal memiliki departemen pendidikan yang bertanggung jawab dalam menetapkan standar yang harus dipenuhi oleh negara bagian. 

Selain itu, mereka juga memberikan rekomendasi terkait alokasi anggaran pendidikan yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan penduduk di setiap negara bagian.

Berapa lama pendidikan di Australia?

Pendidikan Dasar:

  • Taman Kanak-Kanak (Kindergarten): 1 sampai 2 tahun.
  • Sekolah Dasar (Primary School): 6 tahun

Pendidikan Menengah:

  • Sekolah Menengah Pertama (Secondary School): 3 sampai 4 tahun.
  • Sekolah Menengah Atas (Senior Secondary School): 2 tahun.

Pendidikan Tinggi:

  • TAFE (Technical and Further Education): 6 bulan sampai 2 tahun.
  • Sarjana (Bachelor’s Degree): 3 sampai 4 tahun.
  • Magister (Master’s Degree): 1.5 sampai 2 tahun.
  • Doktor (Doctoral Degree/Ph.D.): 3 sampai 4 tahun.

Apa tujuan sistem pendidikan di Australia?

Tujuan sistem pendidikan di Australia adalah untuk memberikan pendidikan berkualitas yang mencakup beberapa aspek penting, seperti; kemampuan intelektual, keterampilan praktis, kreativitas, dan etika.

Tahun Ajaran Baru di Australia bulan apa?

Tahun ajaran baru di Australia umumnya dimulai pada bulan Januari atau Februari (semester ganjil) dan Juli atau Agustus (semester genap).

Opsi untuk Yang Belum Memenuhi Kualifikasi Dari Sistem Pendidikan Di Australia

Jika kamu tidak memenuhi kriteria masuk untuk kursus atau universitas tertentu, kamu bisa mendaftar ke program pathway, foundation, atau transfer kredit.

Program Pathway Dan Foundation

Program pathway dan program foundation memiliki tujuan serupa, yaitu untuk mempersiapkanmu dengan pengetahuan yang diperlukan agar dapat mengikuti program atau kursus yang diinginkan. Namun, terdapat perbedaan dalam penyelenggaraan kedua program ini.

Program pathway umumnya diselenggarakan oleh pihak ketiga, seperti institusi TAFE, yang membantumu untuk mempersiapkan diri menuju universitas. 

Sementara itu, program foundation yang ditawarkan langsung oleh universitas memiliki kurikulum yang dirancang khusus untuk membekalimu dengan pengetahuan yang relevan untuk mengikuti program studi di universitas tersebut.

Apakah Memungkinkan untuk Transfer Kredit Dari Indonesia ke Australia?

Ya, ada kesempatan untuk mentransfer kredit dari universitas di Indonesia ke Australia. Akan tetapi, proses dan persyaratan yang terlibat dapat berbeda tergantung pada universitas dan program yang diinginkan. 

Penting untuk mencari informasi dengan baik antara universitasmu saat ini dan universitas di Australia untuk memastikan bahwa kredit yang telah diperoleh akan diterima dan untuk memahami persyaratan yang ada.

Itulah Sistem Pendidikan Di Australia, Cara Masuknya Gampang Kok!

Australia menjadi negara yang menjadi favorit untuk tujuan kuliah bukan karena suatu alasan, tetapi memang sangat didukung oleh sistem pendidikan yang baik.

Jaminan yang diberikan dalam sistem pendidikan di Australia sangatlah berlapis-lapis dan mencakup scope yang cukup besar, sehingga pelajar internasional tidak memiliki kekhawatiran dalam studinya.

Kalau kamu mau mencelupkan diri di sistem pendidikan Australia di tahun 2023, education ONE bisa bantu kamu untuk mempersiapkannya.

Kami akan membantu untuk merencanakan pengalaman studi yang sesuai dengan masa depan yang kamu mau dan menjadikannya pengalaman yang tidak terlupakan.

  • Kami berpartner dengan universitas di Australia untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dari studi yang kamu pilih
  • Pengalaman lebih dari 10 tahun untuk membantu pelajar dari seluruh dunia mengejar studi impiannya
  • Memiliki rating di Google dan Facebook 4.9/5 untuk kepuasan pelanggan kami

Konsultasi Gratis - education ONE

Kamu bisa menjadi salah seorang yang mewujudkan mimpi untuk melakukan studi di luar negeri; Australia, Selandia Baru, Kanada, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kalau kamu belum yakin dengan langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk studi di luar negeri, atau ingin berdiskusi tentang aturan-aturan yang terbaru, pesan KONSULTASI GRATIS dengan salah satu Career Development Consultant kami di education ONE sekarang juga.

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini