Kupas Tuntas Persyaratan Kuliah di Australia, Untuk Diploma, S1, S2 dan S3

Tentunya hal yang paling penting yang harus kalian ketahui adalah “apakah saya memenuhi persyaratan untuk kuliah di Australia?” Pertanyaan yang mudah dan simple, namun jawabannya bisa luar biasa panjang (dan kadangkala ribet).

Kenapa? Peraturan Imigrasi.

Australia menekankan peraturan yang ketat untuk Imigrasi dan Visa (ya, termasuk kuliah). Untuk memastikan bahwa mereka yang akan masuk ke Australia adalah mereka yang benar – benar mampu (dalam hal keuangan), serta tidak memiliki itikad terselubung (dilihat dari visa yang diambil). Jadi jangan heran apabila ada satu – dua orang teman kalian yang ditolak dikarenakan visa yang ditolak karena tidak memenuhi kualifikasi dan standar dokumen.

Oke, kembali lagi ke persyaratan kuliah.

Untuk bisa kuliah di Australia, ada beberapa tahapan yang harus kalian (dengan sukses lewati), yang kami jelaskan di Proses Pendaftaran Kuliah↵. Nah, dalam tahapan – tahapan tersebut, kalian harus bisa menujukkan bahwa kalian layak dan mampu untuk kuliah di Australia.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan memenuhi persyaratan Kuliah di Australia.

Gambaran dibawah adalah detail persyaratan kuliah di Australia yang paling penting kalian miliki. Oke, semua dokumen itu penting (ketinggalan 1 dokumen bisa menghasilkan hasil bak langit dan bumi). Namun untuk dokumen seperti surat – surat, ijazah, raport, paspor, pas foto, dll, sangat mudah untuk didapatkan, dan detailnya bisa kalian dapatkan dengan menghubungi salah satu konsultan pendidikan Australia (seperti kami).

Jadi fokus kami kali ini adalah persyaratan kelas “kakap”nya. Setuju?

1. Kepemilikan Bukti Keuangan 

Bukti keuangan, atau yang biasa disebut dengan financial requirements, adalah bukti kepemilikan dana yang harus kalian miliki untuk kuliah di Australia.

Kenapa ini penting?

Dikarenakan dana ini akan kalian pakai untuk kuliah di Australia nantinya, dan jika tidak memilikinya, kemungkinan besar kalian akan bermasalah untuk memenuhi kebutuhan dasar kalian (seperti makan, tempat tinggal, dan rekreasi) di Australia. Yang akhirnya akan memecah konsentrasi kuliah kalian, stress, hingga depresi.

Dan pemerintah Australia tidak menginginkan hal ini.

PS : Mungkin kalian akan berpikir bahwa kalian bisa bekerja di Australia untuk ini (ya, memang kalian bisa bekerja sambil kuliah). Namun terlepas dari apakah kalian akan bekerja atau tidak nantinya, bukti keuangan ini adalah mutlak hukumnya.

Jadi, apa saja bukti keuangan yang diperlukan?

  • Biaya Kuliah : perhitungan selama 1 tahun / 2 semester (detailnya tergantung dari kampus yang kalian pilih).
  • Biaya Hidup : ditetapkan AUD$ 20.290 / 1 tahun (sudah fix dari Imigrasi, yang mencakup ekspektasi pengeluaran kalian selama 1 tahun di Australia).
  • Biaya Transport : perhitungan tiket pulang pergi (PP), sekitar AUD$ 2,000.

Totalkan semua biaya diatas, maka kalian akan mendapatkan prakiraan bukti keuangan yang nantinya akan kalian tunjukkan ke universitas dan Imigrasi Australia. Namun ada beberapa situasi dimana bukti ini akan bertambah, seperti :

  • Apabila kalian membawa guardian / orang tua asuh (yang bisa kalian baca disini↵) ke Australia, maka biaya hidup akan ditambahkan dengan AUD$ 20.290
  • Apabila kalian membawa pasangan suami / istri ke Australia, maka biaya hidup akan ditambahkan dengan AUD$ 7,100
  • Apabila kalian membawa anak ke Australia, maka biaya hidup akan ditambahkan dengan AUD$ 3,040
  • Apabila kalian membawa anak, dan anak kalian saat ini ada di masa sekolah, maka biaya diatas akan ditambahkan dengan AUD$ 8.000 untuk sekolah anak di Australia
  • Untuk setiap penambahan anggota keluarga yang ikut, maka biaya transport akan ditambahkan sebesar AUD$ 2,000 per orang

PS : Semua data diatas berdasarkan peraturan baru Imigrasi Australia per tanggal 1 Juli 2019 tentang bukti keuangan kuliah di Australia↵ .

2. Kepemilikan Bukti Keuangan (Cara Kedua)

Hah… maksudnya ada bukti keuangan yang baru ya?

Bukan, Ini adalah cara alternatif yang bisa kalian pakai, andaikata kalian memiliki keterbatasan untuk menunjukkan bukti keuangan diatas kepada Imigrasi Australia dan universitas. Apakah itu dalam mencari sponsor keluarga, mengumpulkan dana, ataupun membiarkan rekening diatas mengendap selama 3 bulan.

Berbeda dengan menunjukkan bukti finansial diatas, cara ini lebih ke pembuktian penghasilan tahunan. Nah, berapa banyak yang harus dibuktikan? Berikut adalah penjelasannya.

  • Penghasilan AUD$ 60.000 per tahun (jika kuliah sendiri), atau
  • Penghasilan AUD$ 70.000 per tahun (jika kuliah membawa keluarga).

Untuk kedua kategori diatas, penghasilan harus berasal dari keluarga (suami / istri / bapak / ibu). Dalam bentuk tax assessment / dokumen pajak penghasilan, yang kalian bisa lampirkan saat pengurusan dokumen kuliah.

3. Kemampuan Bahasa Inggris

Apa jadinya kita kuliah tanpa mengerti apa yang dosen bicarakan, (atau yang lebih parah) tidak bisa berkomunikasi dengan rekan sekelas ataupun mengikuti pelajaran. Tidak terbayang kan, apa yang nantinya akan terjadi dengan perkuliahan kalian di Australia?

Pastinya tidak mau DO kan?

Yup, itulah pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris. Bahasa resmi yang digunakan di Australia, dan juga persyaratan terpenting kita yang ketiga.

Baik universitas di Australia, dan Imigrasi Australia memerlukan bukti bahwa kalian paling tidak telah mampu mengerti Bahasa Inggris (kombinasi dari membaca, menulis, mendengar, dan berbicara). Bukannya mereka tidak mau menerima kalian, namun mereka masih harus mengikuti peraturan Imigrasi Australia, dan akan sangat menyayangkan apabila kalian tidak bisa menikmati pendidikan di Australia 100%.

Bagaimana membuktikannya? Yaitu dengan mengikuti salah satu tes dibawah.

English language test providersMinimum test scoreMinimum test score where combined with at least 10 weeks ELICOSMinimum test score where combined with at least 20 weeks ELICOS
International English Language Testing System (IELTS)5.554.5
*Test of English as a Foreign Language (TOEFL) paper based527500450
TOEFL internet based test463532
Cambridge English: Advanced (Certificate in Advanced English)162154147
Pearson Test of English Academic423630
Occupational English TestPass**N/AN/A

Ilustrasi persyaratan kuliah Australia

Jika melihat detail tes yang ada diatas, ada banyak pilihan tes yang bisa kalian ambil bukan?

Namun perlu diketahui diantara semua pilihan diatas, International English Language Testing System atau IELTS (yang ditunjukkan oleh bagian yang ditebalkan), adalah tes yang paling banyak dipergunakan di Australia. Terlebih, tes inilah yang akan kalian ambil nantinya setelah tamat (jika membuat visa baru).

PS : Kami tidak melarang kalian mengikuti tes lainnya, namun akan lebih mudah jika kalian mengambil IELTS.

Dan pertanyaan barupun muncul. Apa itu IELTS?

IELTS adalah salah satu tes yang diselenggarakan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang, yang dimana kalian akan diuji dalam 4 kategori utama. Membaca, Menulis, Berbicara, dan Mendengar. Selain itu, ada 2 kategori tes (general dan academic) yang bisa kalian pilih. Jika rencana kalian adalah untuk kuliah ke Australia, maka ambillah academic test. Kalian bisa cek disini untuk informasi lokasi tes, jadwal, dan booking↵.

Lalu, bagaimana dengan penilaiannya?

Nah, nilai tertinggi untuk IELTS adalah 9.0, dan itu berlaku untuk 4 kategori tes yang disebutkan diatas. Biasanya, setiap kampus memiliki nilai minimum, dan nilai rata – rata yang harus kalian penuhi. Gambarannya adalah sebagai berikut.

Semisal untuk mendaftar di kampus A, kalian harus memiliki nilai minimum 6.0, dan rata – rata 6.5. Dan setelah tes, kalian dan 2 orang teman mendapatkan nilai seperti :

  • Reading (6.0), Writing (6.0), Listening (6.0), Speaking (6.0) dan rata – rata 6.0 : Dalam kasus ini, kalian belum memenuhi persyaratan nilai rata – rata.
  • Reading (6.0), Writing (7.0), Listening (5.5), Speaking (7.0) dan rata – rata 6.5 : Dalam kasus ini, kalian belum memenuhi persyaratan nilai minimum.
  • Reading (6.5), Writing (7.0), Listening (6.0), Speaking (7.0) dan rata – rata 6.5 : Dalam kasus ini, kalian sudah memenuhi persyaratan masuk ke kampus.

Sudah dapat garis besarnya? Mari kita lanjutkan.

Nantinya, nilai tes yang kalian dapatkan nantinya akan sangat (ya, sangat) mempengaruhi apa yang bisa kalian lakukan selanjutnya. Apabila kalian sudah memenuhi persyaratan bahasa Inggris, itu berarti kalian sudah memenuhi salah satu persyaratan kuliah.

Namun, bagaimana jika belum?

Ada beberapa alternatif yang pastinya bisa kalian ambil dan aplikasikan. Beberapa diantaranya seperti mengambil program studi Diploma, Foundation, ataupun Kursus Bahasa Inggris (ELICOS). Pilihan apa yang bisa kalian ambil nantinya juga akan berbeda tergantung dari hasil tes IELTS kalian sebelumnya. Jadi, semakin besar nilai kalian, maka semakin banyak pilihan yang bisa kalian ambil.

PS : Alternatif diatas (seperti mengikuti ELISOS, Foundation, atau mengambil diploma) bisa kalian bicarakan dengan konsultan pendidikan Australia (seperti education ONE). Semisal kalian berada di Bali, kami juga memiliki program preparasi IELTS yang bisa kalian ambil.

4. GTE (Genuine Temporary Entrant)

Seperti namanya, GTE adalah persyaratan dokumen yang membuktikan bahwa tujuan utama kalian ke Australia harus sesuai dengan visa kalian. Dalam hal ini visa kuliah / student visa dengan tujuan kuliah di Australia.

Di sini, baik Imigrasi dan pihak sekolah akan berspekulasi. Apakah calon siswa benar – benar ingin dan bisa kuliah di Australia?

PS: Wait, tunggu dulu. Kenapa harus ada peraturan semacam ini? Well, ini dikarenakan banyaknya orang yang kuliah di Australia yang menggunakan visa pelajar dengan maksud bekerja di Australia (mereka meninggalkan kuliah untuk bekerja – ya, ada yang seperti ini). Jadi tidaklah mengherankan jika pemerintah Australia membuat aturan ini. Namun, jangan panik. Jika kalian memenuhi semua persyaratan dan tujuan kalian kuliah sudah jelas, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Trust us.

Lantas, apa saja spekulasi yang dimaksud?

  • Mengecek latar belakang ekonomi kalian di negara asal,
  • Mengecek Sejarah Imigrasi kalian sebelumnya,
  • Mengecek Keuntungan yang calon siswa dapatkan setelah mengikuti perkuliahan, atau jurusan yang diambil,
  • Mengecek Tujuan calon siswa di negara asal setelah menyelesaikan pendidikan,
  • Mengecek Pilihan kampus di Australia oleh calon siswa, dll.

Dan dengan membandingkan data diatas beserta dokumen yang kalian sediakan, Imigrasi Australia akan memutuskan apakah calon siswa benar – benar ingin kuliah di Australia. Namun jika dalam sebuah kasus Imigrasi memiliki kesulitan untuk memutuskan, mereka kan melakukan interview dengan kalian. Apakah itu melalui telepon, atau pertemuan langsung.

Ya dan tidak… Adalah jawaban akhir yang akan kalian dapatkan.

PS : Untuk yang satu ini memang susah – susah gampang. Universitas di Australia pun kadang berkeluh kesah karena siswa mereka ditolak gara – gara alasan ini. Tentunya kalian tidak ingin hal ini terjadi pada kalian bukan? Jika memerlukan bantuan, kalian bisa menghubungi konsultan pendidikan Australia seperti education ONE. Kami akan mencari jalan keluar yang terbaik untuk kalian.

5. Orang Tua Asuh / Guardian

“Orang tua asuh? Maksudnya saya akan menjadi anak asuh disana?”

Well, jawabannya bisa iya dan tidak. Dikarenakan untuk mereka yang kuliah di Australia dan berusia dibawah 18 tahun sebelum kuliah dimulai (bukan saat visa keluar, atau pendaftaran universitas), mereka harus tinggal bersama orang tua asuh.

PS : Semisal kalian memiliki keluarga / kerabat yang sudah di Australia, mereka juga bisa menjadi orang tua asuh kalian. Namun mereka harus sudah berusia diatas 21 tahun dan memiliki visa aktif temporary / permanen di Australia.

Dan di Australia, orang tua asuh adalah keluarga yang ada di Australia yang telah mendaftar dan lolos untuk menjadi orang tua asuh bagi pelajar Internasional. Jadi keselamatan dan kredibilitas mereka tidak usah diragukan kembali.

PS : Istilah lain dari tinggal bersama orang tua asuh adalah Homestay

Kalian bisa membaca tentang orang tua asuh / guardian untuk detail lebih mendalam dan jika kalian memerlukan bantuan untuk mencari orang tua asuh di Australia / Homestay, kalian bisa menghubungi konsultan pendidikan Australia (seperti education ONE).

PS : Namun jika kalian berusia lebih dari 18 tahun, kami juga bisa membantu kalian untuk mencari akomodasi di Australia. Seperti kos – kosan / apartemen dengan harga yang terjangkau.

Akhirnya, Conclusion…

Again, poin – poin diatas adalah beberapa dari sekian banyak persyaratan yang diperlukan untuk kuliah di Australia. Jika kalian telah menyelesaikan persyaratan diatas, otomatis kalian sudah 80% menyelesaikan proses pendaftaran dan pengurusan visa pelajar kalian. Sisanya? Hanya pengurusan dokumen, asuransi, cek kesehatan, dll. Yang akan dijelaskan oleh konsultan pendidikan Australia pilihan kalian (seperti education ONE).

Punya pertanyaan? Lebih baik ditanyakan daripada stress dan bingung bukan? Dan dimana kalian bisa mulai mendapatkan jawaban? Tentu saja yang mengerti tentang kuliah di Australia. 8 tahun pengalaman kami di dunia pendidikan Australia adalah jaminan kami untuk membantu menjawab pertanyaan kalian.

Kami bisa dihubungi di comment section dibawah, facebook page kami (@kuliahdiasutralia), datang ke kantor, menelpon atau mengirimkan email ke kami. Konsultan kami yang berpengalaman akan menghubungi kalian secepatnya. Great.