Bagaimana Cara Saya Mendaftar Untuk Kuliah di Australia?

(Khusus Diploma, S1, S2 & S3)

Mungkin sebagian besar dari kalian belum memiliki gambaran tentang sebagian besat proses yang harus dilakukan hingga akhirnya bisa kuliah di Australia. Mulai dari mencari jurusan, mendaftar universitas, tes bahasa Inggris, hingga pembayaran, pengurusan visa, tempat tinggal, dan persiapan orientasi.

“Ini akan menjadi proses yang lumayan panjang.”

Tapi dengan bantuan dan informasi yang tepat, kami bisa pastikan perjalanan kuliah kalian ke Australia tidaklah sesulit yang diperkirakan. Apalagi dengan zaman tekonologi sekarang, kalian sudah bisa mendaftar kuliah di Australia TANPA perlu pergi ke kantor konsultan pendidikan. Kenapa? Dikarenakan pendaftaran kuliah di Australia dan pengurusan visa pelajar Australia saat ini sudah bisa dilakukan 100% online. Berbicara tentang perubahan zaman.

“Okay,kembali lagi ke topik utama.”

Disini kami akan menjelaskan secara spesifik untuk proses dan tahapan yang mesti kalian lakukan nantinya. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam beberapa kasus akan diperlukan proses tambahan selain yang dijelaskan disini. Yang biasanya akan diinformasikan oleh pihak kampus, atau konsultan pendidikan Australia pilihan kalian.

PS : Khusus untuk mereka yang ingin mendaftar S3, berikut adalah proses tambahan yang diperlukan↵

Video diatas adalah gambaran singkat mengenai proses pendaftaran kuliah di Australia, Berikutnya adalah tugas kami untuk memecah informasi tersebut, menjadi bagian yang kalian pahami. Setuju?

1. Memilih Untuk Kuliah di Australia, dan Dimananya?

Dengan membaca halaman ini, bisa dipastikan bahwa kalian memang ada rencana (mungkin belum 100%, tapi yang penting ada rencananya kan?) untuk kuliah di Australia. Sesuai poin pertama diatas, dengan memilih (atau berencana) untuk kuliah di Australia, kalian sudah masuk ke dalam “lingkaran proses kuliah di Australia.”

Tapi itu belum cukup. 

Kalian juga harus memutuskan di kota mana kalian akan kuliah di Australia.

Semisal kalau kalian berbicara tentang Indonesia, kalian memiliki 35 pilihan provinsi yang bisa kalian pilih. Prancis ada 13 wilayah, dan Amerika memiliki wilayah “super” sebanyak 50 negara bagian.

Australia juga seperti itu, namun lebih sedikit.

Dibandingkan Indonesia, Australia hanya memiliki 6 provinsi (state) yang bisa kalian pilih. Apakah itu Victoria, New South Wales, Western Australia, Queensland, Northern Territory, dan South Australia. Dengan sedikit google research, kalian akan menemukan banyak fakta tentang wilayah dan objek wisata jalan – jalan (siapa yang tidak mau kuliah sambil jalan – jalan), dan profil universitas.

Dan sekaranglah waktunya memilih.

PS : Jika kalian masih bingung untuk memutuskan, kalian bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan Australia (seperti kami), untuk berbicara tentang tujuan dan apa yang kalian inginkan dari kuliah di Australia. Oh ya, apakah tadi saya bilang Konsultasinya gratis?

2. Memilih Jurusan lalu Kampus, atau Kampus lalu Jurusan?

Sebenarnya hasilnya akan sedikit berbeda, tergantung kalian ingin mulai dari mana. Tidak percaya?

Semisal seperti ini.

Bayangkan kalian ingin melanjutkan kuliah di Indonesia, dengan jurusan manajemen ekonomi. Dan pertanyaan yang timbul, kampus mana yang akan kalian cari? Sekedar informasi, menurut data BPS, per tahun 2013/14 ada sekitar 625 universitas di seluruh Indonesia.

Iya… Saya tahu. Saya (yang konsultan) juga gila kalau diminta untuk mencari dan membandingkan ke 625 kampus tersebut. Apalagi muridnya. Terlebih setiap sekolah memiliki persyaratan masuk yang berbeda – beda.

Akan lain ceritanya jika…

Kalian sudah mengetahui akan kuliah dimana, dan kampus seperti apa yang kalian inginkan. Semisal untuk jurusan ekonomi Manajemen, kalian sudah mencari informasinya, dan memutuskan untuk mengambil kuliah di Universitas Indonesia.

Apa bedanya dengan yang sebelumnya?

Bedanya adalah kalian bisa fokus untuk memenuhi persyaratan yang diminta, dan tidak terpaku untuk melihat alternatif lainnya. Tentunya lebih mudah dibandingkan membandingkan ke 625 tempat kuliah diatas.

Lalu, pertanyaan lainnya muncul. “Bagaimana Cara Saya Tahu Informasi Kampus di Australia?

Sebelumnya, bisa kami pastikan bahwa kebanyakan universitas di Australia (S1, S2, dan S3) memiliki standar pendidikan yang relatif sama. Namun, faktor yang paling membedakan untuk setiap universitas adalah jumlah penelitian yang dilakukan.

PS : Semakin banyak penelitian yang dikeluarkan (biasanya oleh dosen / profesor) suatu universitas, semakin terkenallah suatu universitas dengan hasil penelitian yang dilakukan (apalagi kalau risetnya sukses). Nah, inilah yang kemudian diterjemahkan menjadi prestige, popularitas, dan ranking suatu universitas. Yang kemudian membuat permintaan untuk kuliah disana menjadi lebih tinggi.

Begitupun dengan Australia.

Australia memiliki top 8 university (yang dikenal dengan group of eight↵), yang terkenal dengan penelitian, popularitas, dan persyaratan masuk yang relatif tinggi. Dan hampir semuanya masuk dalam daftar 100 besar top universitas di dunia.

Selain itu, ada pula beberapa pilihan universitas ternama lainnya yang bisa kalian pilih. Walaupun tidak semata – mata terfokus ke penelitian, mereka fokus ke sektor – sektor lainnya dalam dunia pendidikan. Seperti program mahasiswa, pengembangan diri mahasiwa, ekstrakulikuler, pembangunan sekolah, dll. Yang semua detaillnya bisa kalian lihat disini.

PS : Berbeda dengan 625 universitas di Indonesia, kalian hanya perlu memilih salah satu diantara 43 universitas. Yang pilihan menjadi lebih sedikit apabila kalian sudah memutuskan di kota mana kalian akan kuliah.

Tentunya, pilihan terakhir adalah bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman, seperti konsultan pendidikan Australia. Kenapa? Karena mereka bisa memberikan kalian detail dan apa – apa saja yang kalian perlu tahu dalam proses pemilihan kampus dan jurusan. Konsultasi & Pendaftaran ke kampusnya juga Gratis, jadi tidak perlu khawatir.

education ONE adalah konsultan pendidikan Australia.

Jadi kalian tahu kemana harus bertanya.

PS : Pastikan juga saat kalian bertanya kepada konsultan pendidikan, mereka memiliki kerjasama dengan pihak kampus yang kalian cari. Kenapa? Dikarenakan dengan kerja sama yang dilakukan, yang paling untung adalah pihak murid (dikarenakan pendaftaran yang biasanya berbayar sekitar AUD 100 – 500, murid mendapatkanya secara gratis).

3. Melihat Persyaratan Pendaftaran, dan Visa

Mungkin sedikit berbeda dengan pendaftaran di Indonesia, ada beberapa persyaratan yang harus kalian cari tahu, pahami, dan penuhi saat memilih jurusan di universitas pilihan kalian.

Apa saja contohnya?

Berikut adalah tampilan website untuk Curtin University (Perth)↵ untuk program Studi Manajemen. Mungkin tampilan untuk universitas lainnya akan berbeda, namun kalian pastinya akan mencari informasi yang sama.

syarat

3 Hal yang harus kalian cari tahu adalah : Persyaratan masuk, Biaya kuliah, dan Kredit untuk pembelajaran yang terdahulu.

Yang akan kita kupas satu per satu.

Setiap universitas memiliki persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi untuk calon siswa kuliah disana. Biasanya, semakin tinggi persyaratan masuk, maka semakin tinggilah prestige dan kualitas kampus.

Beberapa yang harus diperhatikan antara lain :

Tes Bahasa Inggris (IELTS)

ielts

Jika kalian kuliah di Australia, kira – kira bahasa apakah yang akan kalian pakai? Pastinya bukan bahasa Indonesia bukan? (Kecuali tentunya kalian mengambil jurusan Bahasa Indonesia di Australia).

Yup, jawabannya adalah Bahasa Inggris (buat yang jawabannya Bahasa Australia, ehm. Saya no comment…).

Nilai yang kalian lihat diatas (yang banyak angka 6.0) adalah nilai dari hasil tes IELTS. Apa itu IELTS? ini adalah semacam tes Bahasa Inggris yang diakui oleh seluruh dunia. Nah, untuk tesnya sendiri, nilai tertingginya adalah 9.0, jadi kalian perlu sekitar 6.0 (tidak boleh kurang) untuk 4 kompetensi diatas (reading, listening, speaking, dan writing), dan rata – rata total 6.5

Nilai Ijazah / Raport

nilai

nilai2

Dikarenakan banyaknya pendaftar yang datang ke Australia untuk kuliah, maka universitas juga menetapkan standar pendaftaran nilai berdasarkan negara. Bisa dilihat diatas bahwa untuk mendaftar di Curtin University, kalian perlu nilai rata – rata 8.0.

PS : Setiap universitas memiliki syarat nilai yang berbeda, jadi pastikan dulu ya.

Prerequesite

Adalah syarat pembelajaran yang perlu kalian penuhi.

Masih ingat bahwa kalau kalian ingin mengambil kedokteran, harus berasal dari jurusan IPA? Begitupun di Australia.

Dalam beberapa jurusan, ada semacam persyaratan program yang harus kalian selesaikan terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa mengambil jurusan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki dasar yang kuat, sebelum menerima materi pembelajaran.

Lalu, bagaimana jika saya belum mencapai hal diatas?

Seperti kata orang, “Banyak Jalan Menuju Roma”. Begitupun dengan persyaratan kuliah. Untuk alternatif cara lainnya, kalian bisa menghubungi konsultan pendidikan Australia (seperti education ONE). Kami pasti memiliki pemecahan untuk permasalahan kalian.

Biasanya kalau berbicara tentang topic keuangan, hal inilah yang biasanya membuat para orang tua cenat – cenut. Dikarenakan memang (dibandingkan Indonesia), investasi awal untuk pendidikan di Australia tidak mudah.

Namun menghasilkan seseorang yang hebat pada masa depan.

PS : Kalau ingin tahu kenapa kuliah di Australia adalah investasi masa depan yang luar biasa, kalian bisa membacanya di Kenapa Kuliah di Australia?↵

Okay, back to the topic.

Berapa kira – kira biaya kuliah di Australia? Mari kita lihat.

fees

Contoh diatas adalah rincian biaya per 1 tahun ajaran (2 semester) di Curtin University untuk jurusan Manajemen. Untuk mendapatkan posisi di Curtin (Mendapatkan CoE), kalian harus menyetor AUD$ 13.800 (sekitar 138 juta) kepada pihak kampus, yang nantinya akan dipergunakan untuk pembayaran semester pertama.

Sedangkan untuk gambaran per tahunnya, adalah 2x dari biaya semester, yaitu AUD$ 27.600 (276 juta). Kami harapkan kalian mencatat nilai ini, dikarenakan ini akan sangat penting saat penghitungan bukti keuangan pengurusan visa nantinya.

Sedangkan yang terakhir adalah total investasi yang kalian akan keluarkan, dalam perkuliahan kalian. Dikarenakan Manajemen memerlukan waktu 3 tahun untuk tamat, maka perhitungannya 3 tahun x AUD$ 27.600 = AUD 87.200.

Yang 1/6 nya dibayarkan setiap semester baru (Feb & Juli).

Untuk Studi sebelumnya? Apa maksudnya?

Sebentar. Hal ini mungkin akan lebih cocok untuk mereka yang a) mengganti jurusan kuliah, b) menyelesaikan diploma sebelumnya, c) memiliki pengalaman kerja, atau d) pindah universitas.

Jika kalian kuliah dengan menggunakan kredit atas pembelajaran sebelumnya, itu berarti kalian memiliki kemungkinan untuk meyelesaikan kuliah lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak. Biasanya seseorang harus mulai dari semester 1, tapi kalian bisa langsung mulai dari semester 3 (tanpa perlu mengambil semester 1, dan 2).

Namun, pemberian kredit akan bervariasi dari orang ke orang (tidak ada aturan yang mengatur secara spesifik untuk ini). Semuanya adalah pertimbangan dari pihak universitas, untuk pemberian dan apa saja yang dicover.

4. Melakukan Pendaftaran ke Universitas

Setelah memilih kota, memilih jurusan, tempat kuliah, dan memastikan bahwa kalian telah memenuhi persyaratan pendaftaran, maka kini saatnya kalian melakukan pendaftaran ke kampus.

Yang kalian mulai dengan mengisi formulir pendaftaran.

form

Diatas adalah typical formulir dari Curtin University kalian (atau konsultan pendidikan) akan isi jika kalian memutuskan untuk kuliah di sana. Versi Lengkapnya bisa dilihat disini↵

 

Selain dokumen diatas, kalian juga perlu melampirkan persyaratan yang diminta diatas, dokumen Imigrasi kalian (seperti paspor), data diri, surat keterangan GTE, dll. Kalian akan mendapatkan rinciannya dari website universitas yang bersangkutan, atau menghubungi konsultan pendidikan Australia (seperti education ONE).

5. Mendapatkan Letter of Offer (LOF)

Jika pendaftaran kalian sukses, maka kalian nantinya akan mendapatkan Letter of Offer. Dimana (dalam proses pendaftaran) surat ini berfungsi sebagai tanda bahwa masih tersedia tempat di kampus yang kalian tuju, dan pihak kampus menawarkan tempat tersebut kepada kalian.

Yang biasanya berupa…

lof

Isi dari detail kalian, ditambah dengan detail jurusan yang kalian pilih. Detail disini seperti kapan kuliah dimulai, fakultas yang diambil, kode registrasi kampus, dan jurusan, dan detail lainnya.

Namun, ini bukan berarti kalian sudah bisa kuliah di Australia.

Kenapa? Mari kita lihat alasan selanjutnya.

6. Mendapatkan Confirmation of Enrollment (CoE)

Masih ingat tentang deposit yang kalian harus bayarkan ke kampus pada bagian diatas?

Sekaranglah saatnya kalian melakukannya.

LoF adalah dokumen yang dibuat oleh kampus untuk “menawarkan tempat” kepada kalian. Dan sekarang adalah pilihan kalian untuk menerima penawaran tersebut (dengan cara membayar deposit), atau menolaknya (dengan tidak melakukan apa – apa).

Lalu, berapa jumlah deposit yang diminta?

Biasanya, kalian perlu membayar sekitar 1 semsester saja. Nantinya, uang ini akan dipakai oleh kalian untuk kuliah selama 1 semester setelah proses selesai (jangan khawatir). Jangan khawatir untuk persyaratan, tempo pembayaran, dan nominal pembayaran. Dikarenakan dalam Letter of Offer yang kalian terima, semuanya sudah disebutkan.

Setelah melakukan pembayaran, barulah kalian akan mendapatkan CoE (Certificate of Enrollment). Yaitu dokumen yang sudah “mengesahkan” bahwa kalian sudah bisa kuliah di universitas diatas.

7. Melakukan Pengurusan Visa Pelajar (Student Visa) 

CoE yang kalian dapatkan sebelumnya adalah bukti bahwa kalian bisa kuliah di Australia. Dan sekarang adalah proses untuk mencari visa pelajar / student visa, yang memungkinkan kalian untuk bisa masuk ke Australia.

Dimana salah satu persyaratan pentingnya adalah mendapatkan CoE terlebih dahulu. Ya, CoE yang kalian dapatkan setelah membayar 1 semester uang kuliah kalian.

Nah, lantas bagaimana cara kerja pembuatan visa ini sendiri?

Kalian bisa memulainya dengan melihat detail pembuatannya di website Imigrasi Australia↵Dimana detail pembuatan visa pelajar dan prosesnya bisa kalian lihat sejara jelas dan lengkap. Yang kami sarnkan kalian untuk melihatnya terliebih dahulu, agar kalian bisa melihat gambaran prosesnya.

Jika sebelumnya kalian menggunakan konsultan pendidikan Australia untuk melakukan pendaftaran ke sekolah, biasanya mereka juga menyediakan jasa pengurusan visa, yang dipaketkan dengan pendaftaran sekolah.

Praktek yang kami bilang sangat diminati, mengingat rumitnya pengurusan visa kuliah Australia.

Rumit? Perhatikan beberapa hal dibawah.

  • Aplikasi kalian harus semuanya dalam bahasa Inggris,
  • Yang semuanya ditranslate oleh notaris, translator, atau konsultan pendidikan Australia,
  • Pengisian formulir visa, yang memerlukan waktu berjam – jam,
  • Kesalahan aplikasi bisa mengakibatkan tertundanya visa, bahkan ditolaknya aplikasi,
  • Dan apabila kalian belum pernah melakukan proses ini sebelumnya, akan lebih baik menggunakan pihak ketiga, atau kerabat kalian yang sudah.

Selain itu, setiap aplikasi visa pelajar (baik pribadi, atau menggunakan jasa) yang dimasukkan ke Imigrasi Australia akan dikenakan biaya sebesar AUD$ 550↵ (+1.08% untuk credit card) untuk proses administrasi. Selain itu, kalian akan diminta untuk melakukan pembuatannya melalui jalur online↵ (ya, 100% pembuatan visa pelajar Australia sekarang dilakukan via online).  

PS : Imigrasi Australia juga menyediakan “no pelacak”, dimana kalian bisa mengcek dimana saat ini aplikasi kalian berada, serta statusnya. Yang nantinya diberikan kepada kalian, atau konsultan pendidikan Australia pilihan kalian.

Beberapa hari berselang, dan kalianpun mendapatkan visa pelajar.

Saatnya persiapan, pamitan (dengan pacar & orang tua terutama), dan mencari tempat tinggal.

8. Mempersiapkan Keberangkatan Kalian (Ya, saatnya Perpisahan)

Dan tibalah kita di penghujung proses, proses keberangkatan kalian ke Australia.

PS : Bagaimana? Apakah menurut kalian prosesnya mudah atau tidak? Disini kami biarkan kalian yang menilai sendiri ya.

Dalam tahap ini, kalian sebenarnya sudah bisa untuk pergi ke Australia untuk memulai perkuliahan kalian. Namun pastikan juga kalian telah melakukan hal – hal berikut ya.

  • Telah memiliki tempat tinggal di Australia,
  • Telah mendapatkan Informasi mengenai orientasi kuliah di Australia,
  • Telah membawa baju yang tepat (Australia akan sangat dingin sekitar Juni – November, dan sangat panas saat Desember – Mei),
  • Telah mengetahui cara mengunakan trasnportasi umum di Australia,
  • Telah mengetahui cara membuat rekeing bank di Australia,
  • Telah mengetahui cara mencari kerja di Australia (jika kalian ingin bekerja tentunya),
  • Telah mendapatkan Survival Guide education ONE, yang menjelaskan semua detail diatas secara jelas. Yang kami berikan kepada murid kami. :-D

Akhir kata, kami segenap keluarga besar education ONE mengucapkan selamat menempuh pendidikan baru kalian di Australia, dan berharap informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi kalian. Jika kalian memerlukan bantuan atau ingin berkonsultasi tentang kuliah di Austarlia, kami bisa dihubungi melalui konsultasi gratis dibawah.

Salam Sukses.