fbpx
Hubungi Kami

Proses dan Beberapa Dokumen yang Diperlukan Dalam Pembuatan Student Visa

Share
dokumen student visa australia

Ngomongin student visa Australia di tahun 2022 memang selalu seru banget karena memang persiapan-nya yang harus dilakukan secara maksimal. Teliti jadi salah satu kewajiban ketika mempersiapkan dokumen student visa ini, karena kalau ada yang ketinggalan atau salah pernyataan, resiko penolakan itu mungkin banget terjadi.

Kamu harus tau juga kalau setiap tujuan ke Australia itu perlu visa yang berbeda-beda juga; bekerja, berkunjung, bisnis, studi, dan yang lainnya. Maka dari itu, kamu perlu banget riset tentang visa apa yang kamu butuhkan buat keperluanmu.

Kalau bingung tentang visa, bisa konsultasi langsung aja ya ke education ONE, karena konsultan pendidikan kami udah nggak usah diragukan lagi kredibilitasnya, cek testimoninya kalau nggak percaya.

Nah, sekarang education ONE membagikan artikel yang menjelaskan seputar student visa Australia. Apa aja sih yang dibutuhkan? Simak ya~

Yuk Kenalan Dulu Sama Student Visa Australia Subclass 500 Di Tahun 2022 Ini

student visa australia

Student visa Australia subclass 500 adalah jenis visa yang diberikan oleh imigrasi Australia untuk kamu yang ingin kuliah atau sekolah di Australia. Biasanya proses aplikasi visa ini dilakukan SETELAH kamu mendaftar dan diterima menjadi student di sekolah atau universitas yang diinginkan di Australia.

Nantinya, pihak imigrasi akan melihat aplikasi visa dan kondisimu secara keseluruhan melalui surat pernyataan. Hal ini juga berfungsi untuk pertimbangan bagi Departemen Imigrasi Australia membuat keputusan penerimaan atau penolakan seputar visa yang kamu ajukan.

Sangat disarankan untuk kamu yang ingin mengambil student visa Australia untuk melakukan pendaftaran ke sekolah dan aplikasi visa sekitar 3 bulan sebelum jadwal intake dimulai di Australia (bisanya intake di Australia adalah bulan Februari dan Juli).

Berapa lama proses visa student Australia di tahun 2022?

Waktu yang diperlukan untuk memproses aplikasi visa tahun 2022 sebenarnya tidak bisa dipastikan, namun hal ini bisa diperkirakan dengan adanya estimasi yang diberikan pada Global Processing Time dari Departemen Imigrasi Australia.

Aplikasi visa student Australia yang dilakukan dari luar Australia diklaim sedang diprioritaskan sehingga waktu prosesnya akan lebih cepat. Pada Agustus 2022, 75% aplikasi student visa Australia selesai dengan rata-rata waktu sekitar 3 bulan.

Bagaimana cara apply student visa Australia di tahun 2022?

Sebetulnya, cara melakukan aplikasi student visa Australia cukup mudah di tahun 2022 ini. Kendala yang akan dihadapi adalah seputar dokumen yang diperlukan, jadi, baca artikel ini sampai habis ya supaya kamu tahu dokumen-dokumen yang diperlukan untuk aplikasi student visa Australia.

  1. Sebelum aplikasi, jika kamu berada di Australia, sebaiknya kamu melakukan aplikasi maksimal delapan minggu sebelum studimu dimulai.
  2. Kumpulkan dokumen, karena kamu akan membutuhkan banyak bukti agar kamu diizinkan untuk melakukan studi. Jangan sampai ada yang tertinggal, konsultan pendidikan kami siap membantumu mempersiapkannya.
  3. Aplikasi visa secara online, jangan berikan dokumen yang masih akan direvisi. Pastikan kamu sudah melampirkan dokumen yang decision-ready untuk diperiksa oleh imigrasi Australia.
  4. Setelah aplikasimu berhasil, lakukan pengecekan secara berulang di akun imigrasi Australia agar tidak terlewat.
  5. Setelah aplikasi diterima dan disetujui, kamu akan mendapatkan student visa Australia lengkap dengan visa grant number, tanggal berakhir visa, dan kondisi dari visa milikmu.

Apabila visa kamu pernah ditolak oleh imigrasi Australia, pembuatan visa –tipe apapun– kamu yang selanjutnya akan lebih sulit. Sangat disarankan agar kamu membuat visa dengan benar pada kali pertama, termasuk visa student Australia yang akan membuka jalanmu untuk studi, bekerja, dan migrasi. 

Jadi, lakukan aplikasi visa bersama education ONE. Agen Migrasi Resmi Australia kami siap membantu kamu untuk melakukan aplikasi visa student Australia dengan strategi terbaik, jadi jangan ambil resiko penolakan.

Apa Saja Sih Dokumen yang Diperlukan Buat Aplikasi Student Visa Australia?

Dokumen yang perlu disiapkan untuk membuat student visa Australia nggak banyak, tapi memang suka repot dan bahaya kalau terlewat. Jadi, pastikan semua dokumen sudah decision-ready supaya nggak kena revisi dari Departemen Imigrasi Australia ya.

Pendaftaran di universitas jadi persyaratan awal untuk mendapatkan student visa Australia

Untuk memulai proses pendaftaran, biasanya kampus akan meminta beberapa dokumen berikut

  • Paspor
  • Ijazah dan transkrip nilai terakhir
  • Sertifikat IELTS
  • Kontak orang tua, atau sponsor

Perlu diketahui bahwa dokumen di atas HARUS di terjemahkan oleh authorised translator; seperti agen pendidikan, atau notaris. Nantinya, dokumen ini akan dikirimkan kepada pihak sekolah yang dituju, dan selang beberapa hari kamu akan mendapatkan Letter of Offer.

Selanjutnya di dalam Letter of Offer yang diterima, akan ada rincian apa saja yang harus kamu lakukan untuk menerima offer tersebut (yaitu memenuhi persyaratan Letter of Offer).

Wajib dapat COE dan Letter of Offer

Dokumen-dokumen ini berisi ketentuan pendaftaran dan informasi penting lainnya mengenai studi yang akan kamu ambil bersama universitas bersangkutan biasanya isinya adalah; biaya kuliah, return policy, orientation date, dll.

Letter of Offer dan COE adalah dua dokumen penting yang harus diperhatikan di awal studi-mu dan diperlukan untuk mendapatkan visa student Australia. Juga sebaiknya kamu melakukan pengecekan berulang karena banyak gambaran yang bisa kamu dapatkan seputar studi di Australia nanti.

Apa Itu Letter of Offer Australia?

Letter of Offer adalah dokumen yang kamu terima SETELAH melakukan pendaftaran ke sekolah dan dibutuhkan untuk mendapatkan COE serta visa student Australia. Kalau kamu menerima Letter of Offer, ini berarti kamu telah memenuhi persyaratan masuk dan telah ditawarkan tempat untuk belajar di salah satu universitas di Australia.

Kalau kamu menerima Conditional Offer Letter, ini berarti kamu sudah ditawarkan tempat untuk belajar di universitas dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelumnya.

Apa Itu COE Australia?

coe australia adalah
gambar: educationone.net.au

COE adalah dokumen yang kamu terima SETELAH memenuhi persyaratan dokumen Letter of Offer. Ini adalah dokumen resmi dari universitas yang memastikan tempat di universitas yang kamu mau. 

Kamu akan memerlukan COE saat mengajukan permohonan student visa Australia, Overseas Student Health Cover (OSHC), dan untuk proses administrasi lainnya.

Informasi yang akan ada di COE adalah sebagai berikut:

  • total biaya kursus
  • tanggal mulai kursus
  • total durasi kursus.

Informasi ini akan mencakup transfer kredit serta durasi studi. Kalau kamu memilih untuk menunda studi, kamu harus mengajukan COE baru yang sesuai dengan tanggal yang kamu inginkan.

Uang yang harus disiapkan untuk memenuhi bukti keuangan student visa Australia

Pemerintah Australia mengisyaratkan agar semua pelajar yang kuliah ke Australia untuk memiliki keuangan yang cukup selama masa studi di Australia. Biaya yang dimaksud disini mencakup biaya perjalanan ke Australia, biaya studi, biaya hidup, dan akomodasi selama berada di Australia. 

Kalau kamu memasukkan orang tua, anak, atau pasangan ke dalam aplikasi student visa Australia ini, kamu juga harus mempersiapkan bukti keuangan yang dapat mengcover partner, pasangan, serta anak meskipun mereka tidak ikut ke Australia saat ini.

Adapun rincian dari financial requirements yang harus ditunjukkan kepada Departemen Imigrasi Australia adalah sebagai berikut:

NamaPosisiBukti Keuangan yang Dibutuhkan
Biaya PerjalananAplikan Utama$2,000
Anggota Keluarga$2,000
Biaya StudiAplikan UtamaBiaya Kuliah
Anak Usia 5-18 Tahun$8,296
Biaya HidupAplikan Utama$21,041
Pasangan$7,362
Anak$3,152

Bukti keuangan atau financial requirements student visa Australia ini harus berasal dari maksimal 4 sumber perorangan atau institusi. Adapun beberapa jenis sumber pendapatan yang diterima oleh imigrasi Australia adalah:

  • Bukti keuangan di bank
  • Gaji tahunan
  • Pinjaman dari pemerintah negara
  • Pinjaman dari bank
  • Bantuan finansial dari universitas atau organisasi lainnya
  • Bukti aset yang sudah dilikuidasi

Tonton Juga: Student Visa Requirement Series: Financial Requirements untuk Student Visa Australia

Skor bahasa Inggris wajib sesuai dengan kebutuhan jurusan dan universitas

Variasi hasil tes bahasa Inggris yang dapat digunakan di Australia sebenarnya cukup banyak. Namun, kebanyakan pelajar internasional menggunakan IELTS dibandingkan sertifikat bahasa Inggris lainnya.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan IELTS yang bisa digunakan di tahap pendaftaran universitas dan ketika melakukan aplikasi student visa Australia. Jika ingin menggunakan provider lain kamu bisa menggunakan Duolingo untuk beberapa college. Selain menggunakan IELTS, aplikasi student visa Australia juga bisa menggunakan PTE Academics, TOEFL IBT, OET, dan Cambridge English:Advanced.

Menggunakan IELTS agar tidak tes berulang

IELTS adalah International English Language Testing System yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Hasil yang diterima nantinya dapat digunakan sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris yang dapat dilampirkan untuk studi atau bekerja di Australia. 

Pihak kampus biasanya akan memberitahukan berapa IELTS yang kamu perlukan untuk bisa kuliah di sana, yang bisa kamu lihat di course structure kampus tersebut. IELTS juga sering digunakan karena merupakan salah satu sertifikat bahasa Inggris yang bisa digunakan di pendaftaran kampus dan student visa Australia.

Jurusan tertentu biasanya memerlukan IELTS yang relatif tinggi (seperti dokter, nurse, teknik, dll). Tapi untuk lebih pastinya, tanyakan kepada konsultan education ONE ya.

Belum lolos persyaratan bahasa Inggris tapi tetap mau studi? Bisa kok!

Jangan sedih kalau ternyata nilai bahasa Inggris kamu tidak memenuhi standar yang diperlukan untuk kuliah di Australia. Ada beberapa alternatif yang kamu bisa ambil lho, apa saja ya?

  • Mengambil ulang tes IELTS
  • Mengikuti les pemantapan IELTS, lalu mengambil ulang tes IELTS
  • Mengikuti les bahasa Inggris di Australia yang bernama ELICOS, untuk menggantikan nilai kamu yang kurang,
  • Mengambil Foundation Program
  • Mengambil program yang persyaratan-nya lebih rendah
  • Mengambil tes gratis dari college Australia

Perhatikan pilihan akomodasi di Australia untuk kamu yang belum berusia 18 tahun

akomodasi di australia

Di Australia, seseorang dapat dikatakan dewasa atau dianggap telah mampu mengambil keputusan sendiri adalah ketika berusia 18 tahun. Itulah kenapa jikalau kamu masih dibawah 18 tahun pada saat memutuskan untuk kuliah di Australia, ada beberapa hal ekstra sebelum mendapatkan visa student Australia yang harus dipersiapkan seperti tempat tinggal dan orang tua asuh. Simak dua poin di bawah ini:

  • Kamu diharuskan untuk memiliki guardian di Australia. Guardian ini akan berperan sebagai orang tua asuh yang akan bertanggung jawab sampai kamu berusia 18 tahun. Guardian ini bisa berasal dari orang tua kamu sendiri, ataupun mereka yang sudah di Australia dan berusia 21 tahun dan memiliki relasi dengan kamu.
  • Homestay sebagai akomodasi selama di Australia. Kamu akan tinggal bersama guardian/orang tua asuh disini sampai nanti berumur 18 tahun, sebelum akhirnya kamu bisa memilih tempat tinggal sendiri. Di homestay ini, kamu juga diberikan pilihan jadwal makan, hingga antar jemput ke lokasi di dalam kota. 

Itulah Visa untuk Student Di Australia, Masih Kepo? Konsultasi Aja

Nah itulah dokumen yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan student visa Australia. Semoga kamu bisa memetik beberapa informasi dan manfaat dari tulisan kami ya.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Kalau kamu ada pertanyaan tentang pembuatan visa tertentu di Australia, atau perlu informasi lebih jelas tentang visa student di Australia, kamu bisa chat kami atau konsultasi gratis bersama kami disini atau kirimkan pertanyaan kamu ke bali@educationone-indo.com.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, addio!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

12 thoughts on “Proses dan Beberapa Dokumen yang Diperlukan Dalam Pembuatan Student Visa”

    • Hai Auni,

      Tidak perlu khawatir jika nilai IELTS mu belum memenuhi persyaratan studi karena kamu bisa mengajukan english course terlebih dahulu sebelum studimu dimulai. Informasi selanjutnya akan saya kirimkan melalui email ya :)

      PS : dont forget to like our facebook page ya, silahkan klik di sini

      Reply
  1. Halo, saya berencana akan berkuliah diaustralia. Bolehkan saya mengetahui lebih detail persyaratan2 dan dokumen yg dibutuhkan untuk pengajuan visa? dan apakah financial requirement dipakai sampai visa sudah keluar, lalu nantinya bisa lngsung dipakai kembali? Trimakasih.

    Reply
  2. Haloo.. saya mau konsul lbh lanjut untuk kuliah dan belajar di Australia gmn ya?
    Seperti kuliah dimna, jurusan apa yg harus sya ambil, proses pengajuan visa

    Thanks

    Reply
    • Hi Ronal,

      Untuk konsultasi, sebaiknya ngorol via email atau phone ya. Silahkan cek emailnya, saya kirimkan info selengkapnya via email :)

      Reply
    • Hi Tari,

      saya sudah kirim info lebih lanjut melalui email yang diberikan ya

      Silahkan di cek
      PS : dont forget to like our facebook page ya, silahkan klik di sini

      Reply
  3. haloo. biasanya visa keluar berapa lama yah? trus financial requirement nya itu cuma sampe visa kluar habis itu boleh dipake?
    thankyou oneedu:)

    Reply

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini