fbpx
Hubungi Kami

5 Rekomendasi Universitas Terbaik untuk Kuliah S2 Hukum di Australia

Share
s2 hukum di australia

5 Rekomendasi Universitas Terbaik untuk Kuliah S2 Hukum di Australia

S2 hukum di Australia bisa menjadi salah satu pilihan lanjutan studi setelah kamu menyelesaikan S1 Hukum di Indonesia. Kalau kamu suka belajar lintas ilmu disiplin tetapi masih ada unsur kemanusiaannya, memang cocok untuk kuliah Hukum. Mungkin disini ada yang bertanya, apakah S2 Hukum harus S1 Hukum dulu sebelumnya. Sebenarnya ada peluang untuk itu, namun jika kamu ingin menjadi pengacara, sebaiknya kamu mengambil tes kualifikasi Solicitors Qualifying Examination (SQE).

Saat kamu lagi kepo-kepo tentang S2 Hukum di Australia, mungkin kamu akan menemukan dua istilah yang jarang kamu dengar tapi berkaitan dengan gelar lulusan jurusan Hukum, yaitu LLB dan LLM. Apa itu? Jadi, sekilas info dulu ya, LLB adalah singkatan dari nama latin Bachelor of Laws, yaitu ‘Legum Baccalaureus’, jadi bisa dibilang LLB ini untuk menyebut gelar S1 atau undergraduate Hukum. Sedangkan LLM adalah singkatan dari nama latin Master of Laws, yaitu ‘Legum Magister’, yang artinya istilah ini digunakan untuk menyebut gelar S2 atau postgraduate Hukum. 

Di artikel kali ini, Education ONE akan bahas tentang semua yang perlu kamu tahu tentang kuliah jurusan Hukum, khususnya S2 Hukum di Australia. Mulai dari alasan kenapa kamu harus kuliah Hukum di Australia, jurusan S2 Hukum apa saja, prospek kerja setelah lulus, dan peluang beasiswa. 

Yuk sekarang langsung aja ke artikelnya!

Kenapa Kuliah Hukum di Australia? 

s2-hukum-di-australia-lambang-keadlian

Inilah TOP 3 alasan kenapa kamu sebaiknya memilih buat kuliah S2 Hukum di Australia

1. Kualitas pendidikan jurusan Hukum bertaraf Internasional 

Kualitas pendidikan di Australia memang tidak perlu diragukan, bisa juga dilihat dari kualitas lulusannya. Pelajar internasional, dari yang ingin mengenyam pendidikan di jenjang LLB hingga JD (Juris Doctor), bisa memilih dari banyaknya universitas terbaik di Australia. Universitas di Australia juga ramah akan pelajar internasional karena pembelajarannya yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan kamu kuliah S2 Hukum di Australia, selain bimbingan penelitian untuk thesis, kamu juga pastinya akan dapat pengalaman praktik langsung di lapangan (hands-on). 

2. Pilihan jurusan dan universitas yang beragam 

Banyak sekali pilihan universitas di Australia yang menyediakan jurusan Hukum, dan pelajar internasional pun bisa mempelajari spesialisasi jurusan Hukum di berbagai jenjang pendidikan, seperti Corporate Law, International Law, dan Environmental Law. Bahkan 4 universitas di Australia termasuk dalam TOP 50 universitas terbaik berdasarkan jurusan Hukum 2022, versi The Times Higher Education

3. Peluang karir yang lebih luas 

Di Indonesia tentunya juga banyak universitas yang menawarkan jurusan Hukum. Namun apa yang membedakan kuliah S2 Hukum di Australia dibandingkan di Indonesia? Jawaban singkatnya adalah: koneksi. Misal kamu kuliah hukum di Australia, maka secara tidak langsung kamu juga akan memahami lingkungan kerja dengan profesi terkait bidang Hukum di Australia bagaimana, dan kamu pun juga mendapat pelatihan langsung dari apa yang sudah diajarkan di  kelas. Kurikulum di bangku perkuliahan di Australia tentunya menyesuaikan dengan perkembangan industri di Australia juga. 

Baca artikel kami yang lainnya: Visa Pelajar Australia 

Rekomendasi Universitas S2 Hukum di Australia 

Setelah sudah baca apa saja keunggulan kuliah hukum di Australia, berikut akan dibahas TOP 5 rekomendasi universitas untuk kuliah S2 Hukum di Australia. Singkatnya, daftar universitas tersebut sebagai berikut:

  1. University of New South Wales (Australia) – UNSW Law
  2. University of Queensland (UQ) – TC Beirne School of Law
  3. Monash University Law Chambers
  4. Deakin Law School
  5. Macquarie University (MQ) – Macquarie Law School

Yuk coba kita telaah masing-masing kelima universitas tersebut. 

KONSULTASI GRATIS BERSAMA KONSULTAN PENDIDIKAN KAMI DISINI

1. University of New South Wales (Australia) – UNSW Law

Baik kamu adalah seorang praktisi hukum ataupun profesional di bidang non-hukum, program pascasarjana di Master of Laws (LLM) UNSW sesuai untukmu. Disini tersedia berbagai macam spesialisasi LLM, beberapa diantaranya adalah: 

  • Chinese International Business & Economic Law
  • Corporate, Commercial & Taxation Law
  • Criminal Justice & Criminology
  • Dispute Resolution
  • Environmental Law & Sustainable Development
  • Human Rights Law & Policy
  • International Law
  • Media, Intellectual Property & Technology Law

Durasi kuliah: 1 tahun

Biaya: AUD 45,670 (sekitar 464 juta Rupiah per tahun)

2. University of Queensland (UQ) – TC Beirne School of Law

s2-hukum-di-australia-belajar

Pilihan jurusan S2 hukum disini, yaitu Master of Laws, Master of International Law, dan Master of International Commercial Law. Mereka dinobatkan sebagai sekolah Hukum nomor satu di Queensland! Gak ada salahnya kan kalau kamu mencoba kuliah disini untuk S2 Hukum di Australia? 

Dengan pengajar yang merupakan spesialis di bidang hukum dan anggota kehakiman, ditambah lagi dengan fasilitas riset dan perpustakaan Hukum yang terlengkap di Queensland, kamu akan dibekali oleh ilmu-ilmu yang dibutuhkan baik nantinya kamu akan berkarir sebagai lawyer maupun non-lawyer

Durasi kuliah: 1-1,5 tahun 

Biaya: AUD 44,288 (sekitar 450 juta Rupiah per tahun)

3. Monash University Law Chambers

Salah satu universitas ternama di Melbourne ini menawarkan banyak spesialisasi program studi LLM, yaitu:

  • Commercial and Corporate Law
  • Criminal Law and Forensics
  • Dispute Resolution
  • Global Society and Human Rights
  • Health Law and Community
  • Labour and Employment Law
  • Public Sector Governance and Regulation
  • Technology and Innovation
  • Transnational Economic Regulation

Sederhananya, silabus kuliah S2 Hukum disini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Pengetahuan dasar atau perkenalan, pengetahuan spesialisasi lebih lanjut, dan pengetahuan riset. Lulusan sekolah Hukum dari Monash University ini punya rekam jejak karir yang cemerlang, baik itu sebagai Pengacara ataupun bekerja dalam bidang non-Pengacara. 

Durasi kuliah: 2 tahun 

Biaya: AUD 46,700 (sekitar 475 juta Rupiah per tahun)

HITUNG BIAYA YANG PERLU DISIAPKAN UNTUK STUDENT VISA AUSTRALIA DISINI

4. Deakin Law School

Deakin University punya reputasi yang baik sebagai salah satu universitas di Australia yang aksesibel dan ramah pada pelajar internasional. Mengedapkan kurikulum bertaraf internasional dan inovasi digital, mereka fokus untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk pelajar internasional agar bisa beradaptasi dan bekerja sesuai dengan perkembangan industri.

Untuk Master by Research, disini tersedia Master of Laws. Sedangkan untuk Postgraduate Coursework, ada pilihan Master of Criminology dan Master of International Relations. Selain jenjang Master, kamu juga bisa kuliah studi Postgraduate dengan gelar Graduate Certificate, pilihannya yaitu Graduate Certificate of Criminology dan Graduate Certificate of Cyber Law. Persyaratan IELTS untuk kuliah S2 Hukum disini cukup tinggi, yaitu 6.5 – 7, jadi persiapkan bahasa Inggrismu dengan baik ya. 

Durasi kuliah: 1-2 tahun 

Biaya: AUD 32,000 – 36,000 (sekitar 325 – 366 juta Rupiah per tahun)

5. Macquarie University (MQ) – Macquarie Law School

Pilihan program studi lanjutan untuk S2 Hukum disini yaitu Master of Laws dan Master of International Trade and Commerce Law. Kuliah disini akan menjamin kamu untuk bisa punya skill yang tepat dan dibutuhkan saat kamu lulus nanti, baik itu untuk yang baru meniti karir, ataupun untuk mendalami kemampuan yang bisa bawa karirmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Macquarie Law School meyakini kalau dengan gelar Hukum yang dimiliki, pelajar diekspektasikan akan bisa menggunakan kerangka Hukum untuk menopang dan mencari solusi untuk isu-isu global, seperti isu terkait kewarganegaraan, tanggung jawab perusahaan, kesetaraan sosial, konflik keyakinan, dan perubahan iklim. 

Durasi kuliah: 1 tahun 

Biaya: AUD 39,600 (sekitar 403 juta Rupiah per tahun)

Baca artikel kami yang lainnya: Universitas Terbaik Di Australia 2022

Kemampuan Apa Aja yang Akan Kamu Dapat?

s2-hukum-di-australia-hakim

Dengan kuliah hukum di Australia, selain kamu akan paham tentang seluk-beluk dunia hukum, kamu bisa mengasah kemampuan di beberapa bidang lainnya, diantaranya adalah:

  • Bernegosiasi
  • Kemampuan analisis dan investigasi 
  • Berpikir secara lateral untuk memecahkan masalah 
  • Bekerja di bawah tekanan
  • Resolusi konflik 
  • Kemampuan riset dengan berbagai sumber
  • Mengevaluasi dan mengartikan informasi yang kompleks
  • Mengomunikasikan argumen dengan runtut dan jelas 
  • Kemampuan berkomunikasi yang penuh keyakinan dan persuasif
  • Mampu memperhatikan setiap detail kecil dan menyusun laporan formal dengan presisi

Baca artikel kami yang lainnya: Tips Memilih Jurusan Kuliah di Australia

Peluang Beasiswa S2 Hukum di Australia 

Nah, ini dia bagian yang ditunggu-tunggu! Siapa sih yang gak mau dapat beasiswa dan tunjangan biaya kuliah dan biaya hidup? Kesempatan beasiswa S2 Hukum di Australia ada banyak banget yang bisa pelajar internasional coba daftar, baik itu yang disediakan oleh pemerintah, lembaga independen, ataupun masing-masing universitas itu sendiri. Jenis beasiswa pun beragam, ada yang menyediakan beasiswa penuh maupun parsial. Beberapa contohnya adalah Australia Awards Scolarships dan Global Leaders Scholarships. Kamu bisa cek disini untuk tahu lebih lanjut. 

Baca artikel kami lainnya: Beasiswa Australia 2022

Prospek Kerja Lulusan S2 Hukum di Australia

Sebagai pelajar internasional, kamu gak perlu ragu atau takut lagi kalau kamu akan kesulitan dapat kerja setelah lulus kuliah di Australia. Riset yang dilakukan oleh Quality Indicators for Learning and Teaching (QILT) Australia tahun 2021 menunjukkan kalau secara keseluruhan, pelajar internasional lulusan studi Graduate / Postgraduate di Australia 82,2% mendapat pekerjaan setelah lulus. Spesifik untuk lulusan postgraduate program studi Hukum, yaitu sebesar 68,3% mendapat pekerjaan. Umumnya, Postgraduate by Research memiliki median gaji AUD 86,900, sedangkan lulusan Postgraduate by Coursework median gajinya adalah AUD 54,800.

Kalau kamu memutuskan untuk coba berkarir di Australia setelah lulus kuliah S2 Hukum, berikut adalah beberapa opsi profesi yang bisa kamu jalani dan perkiraan gaji per tahunnya. Tapi perlu diingat ya, tentu tetap perlu pengalaman dan usaha belajar yang tekun untuk bisa mencapai jenjang karir yang jadi tujuanmu. Jadi, jadikan tabel di bawah ini sebagai motivasi untuk membantumu lebih semangat lagi selama kuliah! 

Pekerjaan 

Perkiraan Gaji / tahun (AUD)

Perkiraan Gaji / tahun (IDR)

Pengacara (Solicitor)111,7341,138 miliar
Corporate Lawyer137,5001,401 miliar
Senior Lawyer119,0041,213 miliar
Law Clerk74,179756 juta
Management Consulting125,0001,274 miliar

Namun, selain jenis profesi yang disebutkan pada tabel di atas, secara umum kamu bisa bekerja di bidang-bidang di bawah ini jika kamu merupakan lulusan jurusan Hukum:

  • Hukum, sosial dan kesejahteraan masyarakat
  • Klerikal, sekretariat dan administrasi
  • Ritel, katering, dan layanan pelanggan
  • Bisnis, SDM, dan keuangan

S2 Hukum di Australia Menarik, Bukan? Konsultasikan Rencana Studimu Sekarang Dengan Education ONE! 

Di atas sudah dijelaskan seluk-beluk kuliah S2 Hukum di Australia, termasuk juga peluang beasiswa dan prospek kerja setelah lulus. Apalagi yang kamu tunggu? Kamu bisa hubungi Education ONE sekarang untuk merencanakan dan menyiapkan segala kebutuhan untuk kuliah S2 Hukum di Australia. Mulai dari persiapan dokumen, mengurus visa, hingga membantu menentukan program studi yang terbaik untukmu, tentunya menjadi prioritas kami! Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam menangani berbagai permasalahan tentang studi di luar negeri, dan dengan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google.Konsultasi Gratis - education ONE

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan merespon secepatnya. 

See you in the next article, mate! 

Baca juga artikel lainnya:

Ini Dia Sistem Pendidikan Di Australia yang Bisa Bikin Kalian Jadi Orang Sukses, Yuk Simak!

Inilah Perkiraan Biaya Kuliah di Australia 2022

8 Langkah Agar Dekat Dengan Karir Impian

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini