fbpx
Hubungi Kami

Seluk Beluk Kuliah S2 Kebidanan di Australia, Yakin Kamu Sudah Tahu Semuanya?

Share
s2 kebidanan di australia

Kuliah S2 Kebidanan di Australia, Yakin Kamu Sudah Tahu Semuanya?

S2 Kebidanan di Australia bisa jadi pilihan jurusan kuliah yang cocok lho buat kamu yang ingin jadi penduduk tetap di Australia (Permanent Resident atau yang sering disingkat PR). Pandemi COVID-19 membuat Australia jadi memerlukan banyak tenaga kerja di bidang medis, dan beberapa diantaranya adalah kebidanan dan keperawatan. 

Kebidanan dan keperawatan, walaupun sama-sama di bawah naungan ilmu medis namun keduanya sedikit berbeda, dimana ilmu keperawatan punya ruang lingkup penanganan medis yang lebih luas dibandingkan kebidanan yang biasanya hanya fokus pada persalinan.

Di Indonesia tentunya kamu banyak bisa menemukan institusi untuk kuliah jurusan Kebidanan dan profesi Bidan pun bisa ditemukan di berbagai level, mulai dari level Puskesmas Daerah sampai dengan Rumah Sakit bertaraf internasional. Lalu, kenapa kami anjurkan kamu untuk kuliah jurusan Kebidanan, terutama S2 Kebidanan di Australia, padahal kamu juga bisa kuliah jurusan kebidanan dan langsung bekerja setelah lulus dari studi di Indonesia?

studi s2 kebidanan di australia

Yang membuat perbedaan adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang bertaraf internasional, sehingga kualifikasi dan pengalaman yang kamu miliki bisa dibilang lebih unggul dan lebih memiliki nilai dalam kancah dunia internasional. Berarti, kamu juga punya peluang yang lebih luas untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Artikel education ONE kali ini akan menjelaskan tentang rekomendasi universitas terbaik apa saja untuk kuliah S2 Kebidanan di Australia, kualifikasi untuk menjadi seorang Bidan di Australia, dan akan dibahas sekilas tentang peluang beasiswa dan prospek kerjanya.

Selamat membaca!

Apa Persyaratan Umum Kuliah S2 Kebidanan di Australia?

Tiap universitas bisa punya ketentuannya masing-masing. Tapi secara garis besarnya adalah kamu wajib memenuhi persyaratan skor minimum IELTS (ada yang minimum skornya adalah 6.5 dan ada juga yang 7.0), kualifikasi pendidikan sebelumnya yang relevan, dan ada juga universitas yang mewajibkan memiliki pengalaman kerja profesional di dalam bidang yang berkaitan. 

Selain persyaratan kuliah, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan segala kebutuhan biaya sebelum keberangkatan studi dan saat kamu sudah tiba di Australia. Kamu bisa banget untuk coba kalkulator biaya hidup di Australia ala Education ONE supaya kamu makin siap untuk kuliah S2 Kebidanan di Australia! 

Dimana Bisa Kuliah S2 Kebidanan di Australia?

Pastinya mau dong kalau kuliah jurusan Kebidanan dengan kualitas pendidikan yang terbaik? Kuliah di Australia memang sudah jadi primadona untuk pelajar yang ingin kuliah di luar negeri, karena memang kualitas pendidikan di universitas-universitasnya masuk jajaran universitas terbaik di setiap tahunnya.

Nah berikut ini ada 5 rekomendasi universitas terbaik di Australia yang bisa jadi tujuan studi S2 Kebidanan di Australia. Dimana saja sih?

1. Edith Cowan University 

Salah satu tempat kuliah S2 Kebidanan di Australia terbaik, khususnya di Western Australia, adalah Edith Cowan University. Untuk pelajar internasional, kamu bisa mengambil kuliah Master of Midwifery (Research).

Apa saja sih yang akan kamu pelajari jika mengambil Master of Midwifery (Research)? Untuk tahun pertama, berikut mata kuliahnya:

  • Research Preparation: Principles and Approaches
  • Literature Review
  • Masters Thesis Preparation

Kemampuan kognitif, teknikal, dan kreativitas dijamin akan dilatih dengan baik disini. Ditambah lagi, kamu punya keleluasaan untuk memilih mau kuliah full time, part time, ataupun online, sehingga bisa fleksibel mengikuti kebutuhanmu. Jika setelah lulus Master of Midwifery (Research) disini, kamu juga punya opsi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu Doctor of Philosophy. 

Perkiraan biaya kuliah: AUD 35,400 (366 juta Rupiah) untuk indikatif tahun pertama. 

Durasi studi: 2 tahun

2. Flinders University

Sekolah Kebidanan di Flinders University termasuk dalam TOP 30 terbaik di dunia dan menempati peringkat nomor 1 di South Australia! Maka dari itu, gak heran deh kalau Flinders University jadi salah satu pilihan yang tepat untuk kuliah S2 Kebidanan di Australia.

Untuk jenjang Postgraduate, berikut adalah pilihan program studi yang tersedia untuk pelajar internasional:

  • Acute Care Nursing (Master of Nursing – Acute Care)
  • Nurse Practitioner 
  • Nursing (Coursework and Research) 
  • Primary Health Care Nursing 

Yang menariknya disini adalah, kamu juga akan belajar ilmu Kebidanan secara menyeluruh di berbagai bidang. Misalnya saja dalam Master of Nursing (Acute Care), kamu akan belajar dalam pengaturan kondisi yang beragam, diantaranya adalah: 

  • Rural and remote
  • Care of the older patient
  • Paediatric care
  • Children and families
  • Emergency departments
  • Intensive care units
  • Medical/surgical

Biaya kuliah disini per tahunnya sekitar AUD 34,000 (352 juta Rupiah).

Durasi studi: 1,5 tahun. 

3. Charles Darwin University 

konsultasi s2 kebidanan di australia

Yang tertarik untuk kuliah S2 Kebidanan di wilayah teritorial Australia bagian utara, bisa banget buat coba kepo-kepoin Charles Darwin University. Lulusan S2 atau gelar Postgraduate lainnya dari universitas ini terkenal punya employment rate yang tinggi, yang artinya dengan belajar disini, kamu akan segera mendapat pekerjaan setelah lulus!

Master of Midwifery disini kamu bisa memilih beberapa mata kuliah spesialis menyesuaikan dengan yang kamu mau, asalkan memenuhi syarat minimum SKS, atau yang sering disebut sebagai “credits” di universitas di Australia. 

Namun demikian, tetap ada mata kuliah fundamental dan wajib yang akan kamu dalami jika studi S2 Kebidanan disini, yaitu:

  • Examination of the Newborn
  • Women, Gender and Health
  • Midwifery Therapeutics
  • Management for the Executive 
  • Applied Health Project 

Biaya kuliah sebesar AUD 32,850 per tahun (sekitar 340 juta Rupiah).

Durasi studi: 1,5 tahun. 

4. University of Canberra 

Pengalaman kuliah S2 Kebidanan di Australia, tepatnya di ibu kota Australia, tentunya akan membuat masa-masa kuliah jadi semakin berkesan! Studi S2 Kebidanan yang bisa kamu tekuni disini yaitu Master of Midwifery Practice. 

Selain belajar teori di kelas, keunggulan lainnya yang akan kamu peroleh beberapa diantaranya adalah:

  • Belajar dalam lingkungan yang Work Integrated Learning, artinya kamu juga berkesempatan untuk praktik shift, seperti layaknya Bidan profesional.
  • Mengasah kemampuan kepemimpinan, dengan melibatkanmu dalam kontribusi langsung pada badan sosial dan kemanusiaan.
  • Melatih kemampuan riset untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang berdampak positif bagi masyarakat luas.
  • Praktik di lapangan baik itu dalam level individu, keluarga, hingga komunitas.

Sekilas bidang studi yang akan kamu pelajari selama tahun pertama kuliah disini adalah:

  • Woman With Child
  • Women in Pregnancy and Beyond
  • Family Growth 
  • The Work of Birth
  • Women in Labour and Beyond

Jurusan disini juga sudah terakreditasi oleh Australian Nursing and Midwifery Accreditation Council (ANMAC), yang artinya kamu layak untuk mendaftar secara resmi ke dalam Nursing and Midwifery Board of Australia setelah lulus. 

Biaya kuliah sebesar AUD 30,500 per tahun (sekitar 316 juta Rupiah).

Durasi studi: 2 tahun.

5. University of Technology Sydney

Master of Midwifery (Research) disini diperuntukkan Bidan profesional yang ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang ilmu terkait Kebidanan dan yang ingin melatih kemampuan riset dalam menciptakan terobosan baru dalam ranah Kebidanan. 

Karena gelar ini fokus pada riset, maka mata kuliah khusus yang wajib diambil adalah Health Care Research Methodology dan nantinya kamu juga wajib untuk menyelesaikan Thesis. 

Durasi studi disini adalah 2 tahun jika full-time, dan 4 tahun jika part-time.Biaya kuliah per tahun disini bisa berkisar antara AUD 19,840 – 34,080 (sekitar 205 – 353 juta Rupiah), tergantung pada berapa jumlah hari yang diikuti mahasiswa per sesinya. Selain biaya kuliah, kamu juga mungkin akan diminta memenuhi biaya Student Services and Amenities dan material-material pembelajaran yang dibutuhkan lainnya. 

Pastinya gak mau dong kuliah di bidang Kesehatan, tapi kesehatan diri sendiri selama kuliah di Australia tidak terlindungi? Nah, maka dari itu, yuk coba pakai kalkulator OSHC Education ONE, supaya kamu bisa membandingkan dan menemukan penyedia OSHC yang paling tepat untukmu! 

Baca artikel kami yang lainnya: Ini Daftar Universitas Terbaik di Australia 2022, Mana Favoritmu? 

Apa Saja Kualifikasi Untuk Menjadi Bidan di Australia?

Masih ragu untuk lanjut kuliah S2 Kebidanan di Australia? Padahal kesempatan untuk jadi Bidan profesional di Australia akan lebih mudah jika kamu punya latar belakang kualifikasi Kebidanan lulusan Australia. 

Sebagai salah satu jenis profesi yang sedang banyak dibutuhkan di Australia, berikut adalah gambaran umum beberapa syarat minimum kualifikasi yang harus kamu miliki jika ingin berkarir sebagai Bidan di Australia. 

  1. Memiliki gelar di bidang Medis. Kalau di Australia, secara keseluruhan, total durasi belajar medis bisa sampai 6 tahun.
  2. Memiliki pengalaman internship. Pengalaman ini penting karena kamu sudah memiliki pengalaman belajar langsung di berbagai departemen di rumah sakit di Australia. 
  3. Sudah melakukan residensi di rumah sakit di Australia. Mirip dengan program residensi di Indonesia yang kamu ambil jika kuliah Kedokteran, Residensi ini adalah tambahan beberapa tahun studi untuk mempersiapkan kamu lebih matang lagi dengan segala keilmuan yang kamu punya. 
  4. Menyelesaikan pelatihan vokasi di Australia. Tentunya di badan atau program yang sudah terakreditasi resmi oleh pemerintah Australia ya. 

Baca artikel kami yang lainnya: Cita-cita Jadi Diplomat Bisa Terwujud Dengan Kamu Kuliah Disini! 

Bagaimana Prospek Kerja Dengan Gelar Kebidanan di Australia?

ilmu praktis s2 kebidanan di australia

Kerja sebagai Bidan di Australia memiliki prospek yang cerah. Bahkan diprediksikan, profesi ini akan terus termasuk salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak dicari hingga tahun 2025. Profesi ini tidak hanya semata untuk membantu proses persalinan, melainkan juga mencakup pemeriksaan kehamilan, dan memberikan dukungan serta pendidikan dasar pada keluarga baru. 

Selain sudah memiliki gelar Master, jika kamu sudah terdaftar resmi sebagai Registered Nurse Midwife, besaran gaji yang kamu dapatkan bisa mencapai sekitar AUD 79,000 per tahun (setara dengan 814 juta Rupiah dengan kurs Agustus 2022). 

Lain daripada itu, masih banyak kok pilihan profesi lainnya! Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah S2 Kebidanan di Australia. 

Pekerjaan Rata-rata gaji per tahun (AUD)Rata-rata gaji per tahun (IDR)
Fertility Nurses70,000 – 80,000726 – 830 juta 
Clinical Nurse 101,4901,053 miliar
Aged Care Worker43,000 – 62,000446 – 643 juta

Jika kamu baru saja lulus atau menyelesaikan studi, belum tentu kamu langsung bisa mendapatkan besaran gaji seperti yang tertera pada tabel di atas. Perlu pengalaman yang cukup dan latar belakang kualifikasi yang memadai.

Kalau kamu ingin bekerja di bidang yang lebih terspesialisasi lagi, kamu bisa coba meniti profesi di beberapa contoh pekerjaan ini: Home Birth Midwife, Private Practitioner, atau Pregnancy and Newborn Screening Specialist.

Mau Kuliah S2 Kebidanan di Australia? Hubungi Education ONE Sekarang Juga!

Gimana? Udah makin tertarik belum buat lanjut kuliah jurusan Kebidanan di Australia? Setelah baca artikel lengkapnya di atas, langkah selanjutnya adalah kontak Education ONE untuk merencanakan dan menyiapkan segala kebutuhan untuk kuliah di Australia. Mulai dari persiapan dokumen, mengurus visa, hingga membantu menentukan pilihan studi yang terbaik untukmu, adalah prioritas kami tentunya! Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam menangani berbagai permasalahan tentang studi di luar negeri, dan tentunya dengan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google.

Konsultasi Gratis - education ONE

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan merespon secepatnya. 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel lainnya:

5 Rekomendasi Universitas Terbaik Untuk Kuliah S2 Hukum di Australia

Intip 5 Universitas Teknik Terbaik di Australia 2022

Universitas Seni di Australia: Pilihan Para Seniman Dunia

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini