Jurusan komputer selalu diminati setiap tahunnya. Revolusi Industri 4.0 membuka peluang besar bagi lulusan komputer alias teknik informatika (computer science). Meski banyak programmer yang tak mengenyam bangku kuliah alias belajar otodidak, jurusan komputer tetap menjadi salah satu jurusan favorit.

Untuk mengetahui lebih dalam profesi ahli IT, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab: Apa karier ideal di dunia IT? Apa saja profesi yang paling banyak dibutuhkan di dunia IT? Profesi apa yang bergaji paling besar di bidang IT? Seberapa besar kesempatan peningkatan karir di bidang IT usai pelatihan?

Memahami prospek suatu profesi tak bisa dilepaskan dari ketenagakerjaan. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berkaitan dengan masalah pekerjaan seperti tenaga kerja, upah, lingkungan kerja, hingga masalah pada pekerjaan tersebut. Untuk itu dibutuhkan proyeksi ketenagakerjaan untuk memberikan gambaran terhadap pekerjaan tersebut, perbandingan antar profesi dalam satu bidang, faktor pertumbuhan profesi, dan prospeknya di kemudian hari. Untuk profesi IT, proyeksi ketenagakerjaan dapat dilihat prospeknya dalam kurun selama 10 tahun mulai 2018-2028. Inilah yang dinamakan persentase pertumbuhan dimana suatu profesi dilihat dalam kurun waktu 10 tahun.

Untuk mengetahui proyeksi ketenagakerjaan bidang IT, kita bisa melihat analisis U.S. Bureau of Labor Statistics dalam Occupational Outlook Handbook. Juga bisa Cari dan Bandingkan Gaji yang diharapkan termasuk lowongan pekerjaan dan ulasan perusahaan agar tahu kualifikasi yang dibutuhkan.

Menurut Daniel Greenspan dalam Best Computer Jobs for the Future, ia mengumpulkan perbandingan 10 tahun karier di bidang teknologi sebagai bahan pertimbangan. 10 profesi bidang IT yang akan memberimu pengalaman pertumbuhan tercepat, menggaji tinggi lebih dari rata-rata gaji nasional, meningkatkan tingkat penyerapan tenaga kerja, dan menawarkan kesempatan promosi yang luas.

Inilah 10 profesi terbaik itu:

  1. Pengembang aplikasi ponsel (mobile application developer)

Pengembang aplikasi ponsel adalah satu dari pekerjaan yang pertumbuhannya cepat dan penyerapan tenaga kerja yang tinggi. Sebagaimana ponsel pintar dan tablet yang senantiasa mengubah cara kita berkomunikasi, berbisnis, dan mengakses berita dan hiburan, permintaan akan aplikasi ponsel yang baru dan inovatif semakin pesat. Artinya, lowongan pekerjaan sebagai pengembang aplikasi ponsel terbuka lebar. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 26%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 241.500 pekerjaan, dengan gaji rata-rata $109,000.

Pengembang aplikasi ponsel melakukan coding dengan bahasa pemrograman seperti Java, C++, C#, atau Objective C. Platform ponsel alias sistem operasi yang dikembangkan seperti Android atau iOS lalu mempelajari bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak untuk platform tersebut. Saat ini ada lima platform ponsel, yaitu Android, iOS, RIM, Symbian, dan Windows Mobile. Perusahaan raksasa seperti Google dan Apple jelas membuka lowongan untuk bidang ini karena mereka memiliki Android dan iOS. 

  1. Insinyur perangkat lunak (software engineer)

Di era Revolusi Industri 4.0, perangkat lunak sangat dibutuhkan dalam bisnis, pendidikan, dan hiburan. Tak ada bisnis yang mampu bersaing jika tak melibatkan teknologi di dalamnya. Wajar jika software engineer menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan dengan pertumbuhan karier yang cepat. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 21%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun mencapai 284.100 pekerjaan, dan rata-rata gaji sebesar $106,000. Posisi software engineer dalam perusahaan juga beragam.

Insinyur perangkat lunak mendesain, mengembangkan, dan memperbaiki program komputer yang kita gunakan sehari-hari, termasuk di antaranya aplikasi bisnis, sistem operasi, sistem kontrol jaringan, dan jaringan sosial. Ada dua jenis insinyur perangkat lunak: insinyur perangkat lunak aplikasi (applications software engineer) dan insinyur perangkat lunak sistem (systems software engineer).

Tugas insinyur perangkat lunak adalah menganalisa kebutuhan end-user dan mengembangkan program yang dibutuhkan. Mereka juga menggunakan berbagai bahasa pemrograman tergantung parameter aplikasi dan platform yang dijalankan program. Bahasa pemrograman modern yang digunakan oleh software engineer diantaranya Java, C, C++, PHP, Objective-C, Perl, dan Python. Bedanya dengan pengembang aplikasi ponsel adalah mereka mengembangkan aplikasi khusus untuk ponsel.

  1. Desainer video game (video game designer)

Desainer video game menggabungkan kemampuan pemrograman dan seni untuk menciptakan game yang apik. Umumnya, desainer game masuk dalam tiga kategori disiplin: game artist, game designer, dan game programmer. Tiga kategori ini membutuhkan keterampilan, tanggung jawab, dan pendidikan yang berbeda. Tuntutannya tinggi karena mereka harus selalu mengikuti perkembangan ilmu terkini terkait industri gaming. Namun, jika benar-benar berpengalaman, desainer video game bisa berpenghasilan lebih dari $100,000 per tahun.

Industri game mencapai lebih dari $140 miliar dan telah meningkat 3x lipat dalam sepuluh tahun terakhir. Selain pasar PC dan game konsol yang booming, popularitas yang meningkat, kekuatan pemrosesan, dan kapabilitas grafis peralatan ponsel telah membuka kesempatan kerja untuk desainer video game, seniman, dan programmer. Desainer game dengan keahlian pengembangan ponsel akan banyak diserap karena peningkatan permintaan aplikasi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun mencapai 26%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun mencapai 241.500 lapangan kerja, dan rata-rata gaji $80,000.

  1. Spesialis keamanan IT (IT security specialist)

Keamanan akan selalu menjadi perhatian utama pada eksekutif IT. Frekuensi, cakupan, dan kompleksitas serangan siber membuat pekerjaan ini semakin diminati. Data adalah aset perusahaan dan tugas spesialis keamanan IT menjaga keamanan sistem informasi organisasi.

Keterampilan keamanan komputer meliputi keamanan operasi IT (IT operations security), keamanan perangkat ponsel (mobile device security), manajemen risiko (risk management), asuransi informasi (information assurance), jaringan dan keamanan virtualisasi (network and cloud/virtualization security). Kemampuan keamanan siber membutuhkan sertifikasi. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 32%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 35.500 lapangan kerja, dan rerata gaji $118,000.

Profesi ini juga disebut analis keamanan IT (IT security analyst), analis keamanan siber (cyber security analyst), dan spesialis keamanan komputer (computer security specialist). 

  1. Analis sistem komputer (computer system analyst)

Solusi IT (IT solutions) dibutuhkan dalam perusahaan untuk keamanan, sistem kehadiran finger print, e-learning, e-library, dan otomatisasi bisnis perusahaan. Analis sistem komputer merupakan ‘pemikir besar’ dalam IT. Analis sistem komputer mengatur solusi IT untuk mencapai tujuan bisnis. Mulai dari menganalisa prosedur dan sistem komputer hingga merekomendasikan perubahan strategis untuk meningkatkan produktivitas. Banyak analis yang jago bisnis dan coding, namun ada juga yang hanya jago bisnis sehingga harus bekerja sama dengan pengembang software untuk menjalankan tugas.

Perusahaan semakin tergantung dengan teknologi untuk menjalankan bisnis. Peluang profesi di bidang solusi IT tentu menjanjikan. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 9%, volume pertumbuhan sebesar 56.000 lapangan kerja, dan rata-rata gaji $88,000. Perusahaan membutuhkan analis sistem komputer untuk merancang sistem baru. Pelayanan kesehatan merupakan industri yang menyerap banyak analis sistem komputer. Kebutuhan akan Electronic Medical Record (EMR), pelayanan resep elektronik (electronic prescription service), dan berbagai pelayanan kesehatan berbasis aplikasi membutuhkan sistem komputer yang terkostumisasi. Asyiknya, pekerjaan ini bisa dikerjakan secara freelance.

Profesi ini juga disebut analis sistem IT (IT systems analyst), analis sistem bisnis (business systems analyst), analis sistem informasi komputer (computer information systems analyst), dan SysAnalyst.

  1. Pengembang web (web developer)

Selama produk dan layanan online semakin meningkat, kebutuhan akan pengembang web akan semakin terbuka. Pengembang web menciptakan laman website dan aplikasi berbasis web. Profesi ini membutuhkan kemampuan membuat desain web yang responsif, user interface (UI) dan user experience (UX). Kemampuan ini juga serbaguna dan bisa diaplikasikan untuk berbagai tipe dan ukuran perangkat seperti smart watch. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 13%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 20.900 lapangan kerja, dan rerata gaji sebesar $73,000.

Pengembang web bisa meningkatkan keterampilan dan penghasilan dengan mengikuti uji sertifikasi sistem database, seperti MySQL, Microsoft SQL Server, IBM, dan Oracle untuk membangun aplikasi web yang interaktif dengan data bisnis. Pengembang web yang sukses adalah mereka yang lancar bahasa pemrograman seperti HTML, Javascript, dan CSS. Lebih baik lagi jika menguasai PHP, Microsoft .Net, Visual Basic, dan Java untuk mengembangkan aplikasi yang rumit.

  1. Teknisi informasi kesehatan (health information technician)

Teknisi informasi kesehatan memegang data pasien dalam bentuk elektronik. Pelayanan kesehatan membuka lebih banyak lapangan kerja di bidang IT pada 2020. Di Indonesia belum lazim, namun negara maju sudah menerapkan standardized electronic records untuk rumah sakit sehingga peluang kerja sebagai teknisi informasi kesehatan terbuka lebar. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 11%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 23.100 lapangan kerja, dan rerata gaji $46,000.

Pekerjaan ini membutuhkan pendidikan dan sertifikasi khusus, seperti gelar Health IT (HIT), Health Information Management (HIM), dan Health Informatics (HI). Beberapa posisi ada yang hanya menerima gelar dari The Commission on Accreditation for Health Informatics and Information Management (CAHIIM) dan sertifikasi Registered Health Information Technician (RHIT) dari Ahima. Profesi ini juga punya spesialisasi, diantaranya: medical coding, medical billing, dan cancer registry. Sepertinya di Indonesia belum banyak yang bekerja di bidang ini. Cocok jadi pilihan karier karena persaingan belum ketat.

Profesi ini juga disebut teknisi rekam medis (medical record technician), teknisi rekam kesehatan (health record technician), manajer informasi kesehatan (health information manager), dan teknisi IT pelayanan kesehatan (healthcare IT technician). 

  1. Manajer teknologi (manager technology)

Manajer teknologi atau manajer IT adalah profesi yang bertugas merencanakan, mengarahkan, dan mendukung inisiatif IT. Selain itu, manajer IT juga memastikan timnya bekerja secara efisien, efektif, dan sejalan dengan tujuan perusahaan. Mereka bekerja sama dengan eksekutif senior dan kepala departemen untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mendukung solusi teknologi terbaru.

Pertumbuhan yang cepat di bidang IT termasuk jaringan, komputasi awan, perkembangan perangkat lunak, penyimpanan data, dan virtualisasi membuka banyak lapangan kerja di bidang manajer IT. Presentasi pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 11%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 46.800 pekerjaan, dan gaji rerata $143,000.

Manajer IT juga dikenal sebagai manajer sistem informasi (information systems manager), administrator IT (IT administrator), direktur IT (IT director), dan wakil presiden teknologi informasi (vice president of information technology). 

  1. Administrator database (database administrator/DBA)

Pekerjaan ‘admin’ seringkali dianggap posisi yang kurang bergengsi. Namun, tidak untuk administrator basis data alias DBA. Profesi ini bertanggung jawab mengorganisasikan dan mengatur data perusahaan. Lulusan untuk profesi ini bisa berasal dari jurusan ilmu komputer, sistem informasi komputer, dan manajemen basis data. Untuk meningkatkan karier, DBA juga harus mempelajari Oracle, Microsoft SQL Server, IBM DB2, dan MySQL

DBA memastikan data bisnis akurat, tersedia, dan aman. Basis data perusahaan adalah jantung dari sistem bisnis yang menyokong daftar penggajian karyawan, manufaktur, penjualan, dan lain sebagainya. Singkatnya, DBA berperan penting dalam kesuksesan perusahaan. Tak heran jika DBA digaji besar dan potensi peluang kerja juga besar. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 9%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 10.500 lapangan kerja, dan rerata gaji $91,000.

Administrator basis data biasa dikenal sebagai analis basis data (database analyst), manajer basis data (database manager), Oracle DBA, dan admin basis data SQL (SQL database administrator). 

  1. Administrator jaringan (network administrator)

Banyak orang yang berpikir pekerjaan bergaji kecil kala mendengar kata ‘admin’. Profesi admin termasuk profesi yang layak diperhitungkan. Tidak berlaku untuk administrator jaringan. Administrator jaringan mengatur sistem komunikasi dan jaringan agar arus informasi tetap lancar. Selain itu, administrator jaringan juga merawat perangkat lunak dan perangkat keras, menyelesaikan masalah jaringan, memastikan keamanan jaringan, dan menjaga agar performa jaringan sesuai standar.

Sengitnya persaingan ekonomi dan bisnis, banyak perusahaan yang mempekerjakan admin jaringan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas. Hal ini yang membuat profesi administrator jaringan terserap banyak perusahaan. Persentase pertumbuhan dalam 10 tahun sebesar 5%, volume pertumbuhan dalam 10 tahun sebanyak 18.200 lapangan kerja, dan rerata gaji $67,000. Selain itu, profesi ini juga tak terpengaruh kondisi ekonomi. Jadi, administrator jaringan adalah karir yang tahan resesi.

Admin jaringan juga disebut admin sistem (systems administrator), analis jaringan (network analyst), manajer jaringan (network manager), SysAdmin, dan Cisco Network Administrator.