fbpx
Hubungi Kami

GTE Statement Australia Sebagai Penentu Kesuksesan Aplikasi Visa Australia

Share
gte statement

**INFORMASI PENTING BAHWA PERSYARATAN GENUINE TEMPORARY ENTRANT (GTE) AUSTRALIA SAAT INI SUDAH DIGANTIKAN DENGAN GENUINE STUDENT TEST. DISKUSIKAN PERSYARATAN BARU INI DENGAN KONSULTAN KAMI DI SINI.**

Genuine Temporary Entrant (GTE) adalah adalah aturan yang dibuat oleh Pemerintah Australia untuk menyaring intensi pelajar internasional yang mau berkuliah di Australia.

Peraturan ini akan sangat berperan dalam menentukan status visa pelajar yang akan diajukan karena kamu harus memberikan banyak penjelasan yang disertai bukti-bukti yang kuat.

Kalau kamu sekarang lagi punya rencana studi di Australia, coba perhatikan persyaratan yang satu ini ya.

Jadi, di artikel kali ini education ONE mau membahas seputar Genuine Temporary Entrant (GTE) Australia supaya studi kamu di Australia nggak terhambat. Yuk simak.

Apa Itu GTE Australia?

contoh pernyataan gte

Semua orang yang melakukan aplikasi visa pelajar Australia harus bisa menunjukkan alasan kalau nantinya mereka hanya tinggal secara sementara di Australia.

Australia memang membuka kesempatan untuk menjadi penduduk tetap untuk bekerja dan tinggal di Australia, namun ini nggak bisa jadi alasanmu untuk mendapatkan visa pelajar.

Mengutip dari website resmi Department of Home Affairs:

“… seseorang bisa dikatakan GTE apabila mereka memiliki kondisi dan alasan yang mendukung bahwa keinginan mereka adalah untuk kuliah dan tinggal di Australia untuk sementara, dan tidak akan berubah menjadi keinginan untuk tinggal permanen”

Jadi sekali lagi intinya adalah Pemerintah Australia mau kamu fokus sama tujuanmu ke Australia, karena yang ditakutkan adalah orang yang memanfaatkan studi untuk menjadi penduduk ilegal di Australia.

Baca Juga : PENYEBAB PENGAJUAN VISA AUSTRALIA DITOLAK!

Jadi kalau kamu sudah punya tekad yang bulat untuk melakukan aplikasi, perhatikan dengan baik apa aja sih yang diminta sama Department of Home Affairs Australia, karena ribuan orang mengalami penolakan setiap tahun di tahap aplikasi visa pelajar dan ini seringkali terjadi karena kesalahan sederhana. 

Kalau mau aplikasi lagi setelah penolakan, kamu akan perlu menyertakan dokumen lebih banyak, biaya agen yang lebih mahal, dan membayar biaya aplikasi visa lagi sebesar IDR 6,500,000.

Apa Saja Informasi GTE Statement yang Akan Dipertimbangkan Oleh DHA Australia?

gte australia

Pada formulir aplikasi student visa, kamu perlu melampirkan pernyataan pribadi atau yang disebut dengan GTE statement yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Pernyataan ini harus menjelaskan kondisi personal serta tujuan kamu mengambil studi di Australia. Sebagai tambahan, kamu juga memerlukan dokumen yang akan menjadi backup untuk pernyataanmu. 

Note: Pernyataan yang nggak didasari oleh bukti nggak akan punya bobot yang besar dalam penilaiannya nanti.

Ministerial Direction 69 dari DHA memberikan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan supaya kamu bisa dianggap sebagai seorang GTE. Meskipun ini bukan syarat wajib, namun ada baiknya menjadikan hal di bawah ini sebagai panduan:

Riwayat studi

  1. Transkrip akademik
  2. Nama sekolah
  3. Durasi studi
  4. Ijasah

Gap year

  1. Alasan adanya jeda studi
  2. Pekerjaan saat ini
  3. Perusahaan saat ini
  4. Alamat kantor
  5. Periode kerja
  6. Detail posisi
  7. Nama dan kontak seseorang yang memberikan referensi

Alasan kembali ke negara asal

  1. Bukti keuangan, keluarga, atau keperluan sosial. Kamu harus membuktikan bahwa kamu harus kembali ke Indonesia

Baca Juga: Cara Mengecek Status Visa Australia Dengan Aplikasi Gratis

Situasi ekonomi di negara asal

  1. Dokumen yang menunjukkan aktivitas bekerja dalam jangka satu tahun
  2. Kesempatan kerja, gaji, dan keuntungan lain yang didapat setelah menyelesaikan studi di Australia
  3. Pernyataan dari bank

Kondisi di negara asal

  1. Alasan tidak mengambil studi di Indonesia meskipun ada program yang sama
  2. Alasan kembali ke rumah
  3. Kondisi ekonomi
  4. Wajib militer
  5. Kondisi politik

Rencana di Australia

  1. Kepemilikan biaya untuk tinggal di Australia
  2. Detail seputar studi yang dipilih
  3. Kualifikasi studi terakhir
  4. Rencana tinggal
  5. Stabilitas finansial

Alasan kuliah di jurusan yang diinginkan

  1. Jurusan yang sama dengan kualifikasi terakhir
  2. Jurusan yang diambil bisa menguntungkan bagi kemajuan negara asal
  3. Meningkatkan kualifikasi, gaji, atau keuntungan lainnya setelah lulus dari Australia

Catatan imigrasi

  1. Sejarah aplikasi visa
  2. Penolakan atau pembatalan visa
  3. Jika kamu berusia di bawah 18 tahun, harus menjelaskan intensi dari orang tua atau orang tua asuh

Cantumkan juga informasi ini

genuine temporary entrant

DHA akan mempertimbangkan kondisi personal saat melakukan penilaian, jadi, pastikan dokumen sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal saat melakukan aplikasi. 

Department of Home Affairs Australia akan mempertimbangkan berbagai informasi yang tertera dalam GTE Statement yang kamu buat, seperti:

  1. Informasi yang mengindikasikan calon pelamar telah melakukan penipuan imigrasi sebelumnya
  2. Informasi bahwa calon pelamar memiliki sejarah imigrasi yang buruk
  3. Informasi bahwa calon pelamar ingin kuliah di bidang yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan / pekerjaan sebelumnya
  4. Informasi yang tidak konsisten yang diberikan calon pelamar dalam aplikasi visa pelajar
  5. Apabila dalam semua pertimbangan diatas, Imigrasi Australia tidak puas dengan hasil yang didapat, maka aplikasi visa akan ditolak
  6. Informasi mengenai keadaan di negara asal, dan keadaan potensial calon pelamar nantinya di Australia
  7. Informasi mengenai keuntungan kuliah yang nantinya diambil di Australia dengan keuntungan masa depan dari calon pelamar
  8. Informasi mengenai apakah ada alasan yang kuat untuk calon pelamar untuk tidak mengambil jurusan yang sama di negara mereka, dan memilih Australia
  9. Informasi mengenai apakah ada ikatan yang kuat antara calon pelamar dengan negara asalnya (contoh: keluarga, komunitas, pekerjaan, dll), yang mengakibatkan insentif yang besar untuk kembali lagi ke negara mereka
  10. Informasi mengenai keadaan ekonomi di negara asal yang mengakibatkan calon pelamar untuk tidak kembali lagi ke negara mereka
  11. Informasi mengenai apakah calon pelajar mengambil jurusan yang konsisten dengan level pendidikannya, serta bisa membantu mereka meningkatkan prospek mereka di negara asal
  12. Informasi mengenai relevansi jurusan dengan prospek pekerjaan sebelumnya, dan di masa depan
  13. Informasi mengenai keuntungan apa yang mereka bisa dapatkan setelah mendapatkan kualifikasi di Australia, di negara asal mereka
  14. Informasi mengenai apakah calon applicant pernah pergi ke Australia, dan apakah mereka mengikuti semua prosedur visa, dan pergi sebelum bisa itu berakhir

Baca Juga: Proses dan Beberapa Dokumen yang Diperlukan Dalam Pembuatan Student Visa

Yup, GTE merupakan sebuah momok menakutkan bagi calon pelajar internasional yang akan melakukan studi di Australia. Coba pikirkan poin 1 sampai 14, dan renungkan apakah kamu sudah memenuhi persyaratan GTE?

Kalau kamu merupakan lulusan SMA terbaru dan mau melanjutkan ke perguruan tinggi kemungkinan besar tidak jadi masalah. Isi dari GTE statement akan menjadi masalah untuk mereka yang sudah berumur, dan ingin studi di Australia. 

Pastinya kamu akan memerlukan banyak informasi dan bukti ekstra untuk menjawab pertanyaan diatas, lumayan banyak ya?

Inilah Contoh GTE Statement Australia

Salah: “Saya ingin kuliah masak karena saya hobi masak.”

Benar: “Saya ingin kuliah memasak, karena saya tahu Australia adalah tempat lahirnya chef-chef yang hebat, seperti a, b, c yang merupakan idola saya dari dulu. Saya tidak berencana untuk kuliah di Indonesia, karena saya punya mimpi untuk menjadi chef internasional, yang juga harus bisa menguasai bahasa Inggris. Oleh sebab itu…”

Bisa dilihat kan perbedaannya? Itu yang harus kamu persiapkan nantinya sebelum mengurus visa jika melakukan aplikasinya sendiri. Ingat, semua yang kamu cantumkan harus bisa memuaskan Case Manager dari Department of Home Affairs Australia.

Apa yang Bisa education ONE Bantu?

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Percayakan penulisan GTE Statement Australia kepada education ONE yang berpengalaman; mengikuti ketentuan Pemerintah Australia dan memberikan data faktual berdasarkan informasi yang kamu berikan.

Tugas kami sebagai education dan migration agent untuk membantu kamu untuk mempersiapkan dan mengurus semua dokumen visa pelajar dan GTE untuk kelancaran studi di Australia.

Kalau kamu mau tau kans untuk studi di Australia, kamu bisa menghubungi konsultan pendidikan kami di 0361 846 6362, email melalui di bali@educationone-indo.com atau pesan KONSULTASI GRATIS sekarang juga.

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini