fbpx
Hubungi Kami

S2 Di Australia – Panduan Terlengkap 2022

Share
s2 di australia

S2 Di Australia – Panduan Terlengkap 2022

S2 di Australia dipilih oleh masyarakat Indonesia karena jaraknya yang dekat, gelar internasional, dan berbagai hal lain yang akan dibahas di artikel ini. Jika kalian senang berpetualang, suka berjalan-jalan, dan cari pengalaman baru, kalian udah punya fondasi yang kuat buat lanjut S2 di Australia.

Artikel ini akan kasih tau informasi-informasi yang kalian perlu tahu kalau di kepala kalian masih ada pertanyaan seperti “kenapa harus S2 di Australia?”. Disini juga ada informasi tentang visa untuk pelajar internasional dan proses aplikasinya loh.

Inilah panduan lengkap S2 di Australia untuk tahun 2022 versi education ONE, sudah siap simak? Yuk mulai!

Kenapa S2 Di Australia?

s2-di-australia-sydney

Australia memiliki nama julukan “Land Down Under” dan dikenal sebagai negara bercuaca indah, tempat untuk bersantai, dan berbagai kesempatan untuk berlibur dan berolahraga. Australia juga menjadi tujuan paling populer ketiga di dunia untuk studi di luar negeri dengan universitas-universitas yang terkenal dengan kualitas riset dan sistem pendidikannya.

Inilah alasan kuat yang bisa kalian pertimbangkan untuk mengambil S2 di Australia:

  • Reputasi Terkenal Di Kancah Internasional – Ada delapan universitas yang masuk ke peringkat 150 terbaik dunia, yang mencerminkan keunggulan akademik Australia.
  • Kualitas Hidup Dan Cuaca yang Bersahabat – Selain cuaca yang menyenangkan, Australia merupakan salah satu negara teraman dan paling stabil di dunia.
  • Rumah Bagi Pelajar Internasional – Sekitar 500,000 pelajar internasional memilih untuk studi di Australia saat ini, masih nggak yakin?
S2 Di Australia – Informasi Penting
Jumlah Universitas43
Pelajar Internasional456,811 (Hingga April 2022)
Durasi Program1-2 Tahun
Rata-Rata BiayaAUD22,000 – AUD45,600 / Tahun

Rp225.525.300 – Rp466.061.463 / Tahun

Tahun AkademikFebruari & November

Banyak Pilihan Universitas Berkualitas

Ada lebih dari 40 universitas di Australia. Mayoritas adalah universitas negeri yang dikelola dan didanai oleh Pemerintah Australia. Universitas biasanya memiliki beberapa kampus, tetapi sebagian besar terletak di kota-kota tertentu – dengan konsentrasi terbesar di pantai timur Australia. Kalian dapat belajar di universitas Australia mana pun untuk studi S2 di Australia, asalkan kalian memenuhi persyaratan pendaftaran dan penerimaan mereka.

Tahun Akademik Di Australia

Tahun akademik di Australia dimulai pada bulan Februari dan berjalan dengan sistem dua semester pengajaran; dari Februari hingga Juni dan dari Juli hingga November. Studi S2 di Australia biasanya tersedia untuk dimulai pada bulan Februari atau Juli, meskipun beberapa program profesional biasanya hanya pada semester 1 (Februari).

Jeda waktu yang ada saat transisi dari S1 ke S2 tentunya bisa dapat berguna untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan yang harus disiapkan untuk masuk ke studi selanjutnya; mempersiapkan visa, tempat tinggal, hingga berbagai dokumen yang diperlukan.

Kota Terbaik untuk S2 Di Australia

s2-di-australia-ada-kangguru

Australia memiliki banyak kota yang ramai untuk dipilih dalam hal studi S2; baik itu kota metropolitan pinggir pantai seperti Sydney dan Melbourne, atau daerah regional favorit yang memiliki pemandangan indah seperti Perth. Inilah kelebihan masing-masing kota untuk kuliah S2 di Australia:

  • Sydney – Transportasi publik yang baik, banyak acara dan festival, banyak kesempatan untuk kerja, dan jenis makanan sangat beragam
  • Melbourne – Tingkat keamanan yang tinggi, kota dengan kesenian dan budaya, kota untuk pecinta olahraga, dan kesempatan kerja di perusahaan internasional.
  • Canberra – Lingkungan yang bersahabat, kehidupan malam yang menyenangkan, kota dengan transportasi yang terintegrasi dengan baik, dan biaya hidup terjangkau
  • Brisbane – Biaya hidup yang terjangkau, memiliki akomodasi terbaik untuk pelajar internasional, beragam festival kesenian dan musik, kota yang seru untuk menghabiskan akhir pekan
  • Perth – Biaya hidup yang lebih murah, kota yang multikultural, kota untuk aktivitas outdoor, kesempatan tinggal di Australia lebih besar, dan kesempatan kerja yang luas

Jadi, mau pilih yang mana nih?

Apa Saja Jenis Program untuk S2 Di Australia?

Jika sebelumnya kalian pernah studi di universitas Eropa dan sekitarnya, sistem kualifikasi gelar di Australia nggak akan berbeda jauh.

Sama seperti di UK, Australia menggunakan struktur gelar dengan tiga tingkatan; Sarjana, Pascasarjana, dan PhD.

Tipe-Tipe S2 Di Australia

Ketika studi S2 di Australia memiliki tiga tingkatan gelar, beberapa program dibuat untuk kalian yang ingin melanjutkan studi ke tingkat selanjutnya. Beberapa program juga dibuat untuk mendongkrak kualitas karir yang sedang dijalani, atau mencoba eksplor ke ranah baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

  • S2 tradisional – Program yang menawarkan untuk mempelajari sebuah bidang dengan lebih mendalam. Program ini berisikan kombinasi pengajaran, riset, dan pembuatan disertasi sebagai tugas akhir
  • S2 berpindah jurusan – Untuk kalian yang mau mengganti jurusan dari studi sebelumnya dan mencari keahlian di bidang lain. Biasanya akan dimulai dengan mengenalkan dasar-dasar, dan kemudian difokuskan untuk spesialisasi bidang tertentu.
  • S2 dengan kualifikasi profesional  – Tipe ini untuk kalian yang sudah menyelesaikan gelar sarjana dan membutuhkan kualifikasi tertentu sebelum memulai karir. Contohnya adalah seperti guru yang membutuhkan edukasi lebih lanjut untuk memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu
  • S2 untuk pengembangan karir – Program ini dirancang untuk kalian yang membutuhkan keahlian tambahan dalam karir. Berbeda dengan tiga tipe sebelumnya, Studi dalam bidang ini akan memberikan kalian untuk mendalami keahlian tertentu untuk sebuah bidang pekerjaan.

Masih Ragu? Pesan KONSULTASI GRATIS bersama education ONE.

Berapa lama kuliah S2 di Australia?

Durasi S2 kalian akan tergantung pada program yang kalian ambil. Namun, sebagian besar gelar S2 di Australia membutuhkan satu hingga dua tahun untuk didapatkan.

Program akademik tradisional biasanya membutuhkan 18 bulan untuk diselesaikan, sedangkan kursus profesional membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jurusan Dan Gelar untuk S2 Di Australia

Berikut adalah jurusan yang bisa dipilih untuk S2 di Australia:

  • Business & Management
  • Creative Arts
  • Engineering & Mathematics
  • Food, Hospitality, & Personal Services
  • Humanities, Art, & Social Sciences
  • IT & Computer Science
  • Law, Legal Studies, & Justice
  • Medical & Health Sciences
  • Property & Built Environment
  • Sciences
  • Teaching & Education
  • Trades & Services

Dan inilah contoh gelar yang ada di belakang nama yang didapat setelah menyelesaikan S2 di Australia:

Master of Business AdministrationMBA
Master of EngineeringMEng
Master of ArtsMA

Biaya Kuliah S2 Di Australia

s2-di-australia-map

Study in Australia, situs resmi pemerintah untuk pelajar internasional, memberikan rentang biaya kuliah tahunan untuk pelajar internasional untuk jenjang S2 (Master) sebesar AUD20,000 (Rp204.412.922,-) hingga AUD45,600 (Rp466.061.463,-).

Gunakan kalkulator kami untuk menghitung biaya Student visa Australia

Bagaimana Cara Mendaftar S2 Di Australia?

Universitas-universitas Australia bebas menetapkan persyaratan pendaftaran dan penerimaan mereka sendiri.

Kalian bisa tanyakan pada konsultan pendidikan kami untuk cara mendaftar di masing-masing universitas.

Baca Juga: Proses dan Cara Pendaftaran Kuliah S2 di Australia

Persyaratan Umum Program Akademik

Persyaratan utama untuk program S2 di Australia yang pertama adalah memiliki gelar Sarjana yang relevan atau setara. Standar yang diperlukan untuk kualifikasi sarjana akan berbeda-beda setiap programnya, tetapi sebagian besar universitas akan menerima jika kalian memiliki IPK di atas 3,0.

Persyaratan untuk Program Profesional

Terdapat dua jenis jalur untuk masuk ke program profesional:

  • Professional development Masters biasanya memerlukan bukti pengalaman kerja yang sesuai dan/atau kualifikasi profesional yang ada.
  • Graduate entry professional qualifications akan mengharuskan untuk melampirkan skor dari tes aplikasi pascasarjana seperti GRE atau GMAT.

Proses Aplikasi S2 Di Australia

Proses aplikasi S2 di Australia tidak terpusat, aplikasi akan langsung diberikan ke universitas di Australia yang kalian inginkan. Bagaimanapun, kelengkapan dokumen, formulir aplikasi, dan memiliki semua persyaratan adalah mutlak untuk ditunjukkan.

Persyaratan aplikasi gelar Master di Australia antara lain sebagai berikut:

  • Transkrip akademik – Transkrip akademik memberikan rincian apa-apa saja modul yang telah kalian ambil di studi sebelumnya, surat ini harus dilegalisir oleh universitas.
  • Surat Rekomendasi– Merupakan pernyataan dari dosen pembimbing/penguji sebelumnya, atau surat dari perusahaan yang menyatakan keperluan studi.
  • Surat Pernyataan – Pernyataan ini tidak selalu dibutuhkan, terkecuali untuk mengambil gelar Master of Research dan program profesional yang seringkali menjadikannya sebagai persyaratan wajib.

Tanggal Penting untuk Pendaftaran

Berikut tanggal penting yang harus diketahui untuk mendaftar S2 di Australia:

  • Untuk mulai di semester pertama (Februari-Juni), pendaftaran harus dilakukan sebelum bulan Oktober
  • Untuk mulai di semester kedua (Juli-November), pendaftaran harus dilakukan sebelum akhir April

Universitas dapat membantu menyediakan informasi tentang pendaftaran S2 di Australia, informasi yang dimaksud termasuk; informasi deadline, persyaratan penerimaan, dan dokumen pendukung.

Visa Apa yang Diperlukan untuk S2 Di Australia?

Pelajar internasional akan membutuhkan visa untuk studi S2 di Australia, visa ini akan berlaku untuk pelajar yang mengambil program full-time dan tidak tersedia untuk pelajar yang mengambil program part-time.

Visa untuk Studi S2 Di Australia

Untuk belajar secara tatap muka di Australia, kalian harus memiliki Student Visa (Subclass 500). Visa ini akan memberikan kalian hak untuk tinggal, belajar, dan bekerja paruh waktu selama di Australia. Kalian juga dipersilahkan untuk keluar masuk Australia, sehingga sangat cocok jika kalian masih ingin merayakan hari-hari besar bersama dengan keluarga di kampung halaman.

Aplikasi Student Visa Australia bisa saja ditolak jika dianggap tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Departemen Imigrasi Australia, dan ini bisa mempengaruhi aplikasi yang kalian lakukan di masa depan. Jadi, percayakan aplikasi visa kalian bersama agen profesional yang sudah terbiasa mengurus visa dengan tingkat keberhasilan sebesar lebih dari 90% seperti education ONE.

Cara Aplikasi Student Visa Australia

Sebelum bisa mengajukan aplikasi visa, kalian harus diterima dalam salah satu program kuliah di Australia dan menerima Confirmation of Enrollment (CoE).

CoE merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh universitas setelah pelunasan biaya kuliah S2 di Australia. Ini merupakan dokumen yang menyatakan bahwa kalian sudah memiliki tempat untuk studi selama di Australia.

Kalian akan diminta untuk memberikan beberapa informasi berikut:

  • Paspor
  • Bukti CoE
  • Bukti keuangan
  • Bukti kepemilikan OSHC
  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi transkrip akademik

Regulasi Visa

Regulasi visa di Australia memiliki aturan sebagai berikut:

  • Bekerja – Kalian dipersilahkan untuk bekerja part-time hingga 40 jam per dua minggunya jika kalian memegang Student Visa (Subclass 500).
  • Hasil akademik – Validitas visa kalian juga akan dipertanggungjawabkan dengan memberikan hasil yang memuaskan atas studi yang sedang kalian jalani. Karena jika dianggap tidak memuaskan, universitas kalian bisa saja membatalkan CoE kalian yang akan berujung pada pembatalan visa.
  • Financial requirements – Pemerintah Australia menetapkan biaya yang harus dimiliki untuk biaya hidup di Australia selama satu tahun sebesar AUD 21,041. Kemampuan finansial ini harus ditunjukkan ketika melakukan aplikasi Student visa.

Asuransi Kesehatan

Kalian akan membutuhkan asuransi kesehatan yang resmi selama durasi kuliah S2 di Australia. Asuransi kesehatan ini dinamai Overseas Student Health Cover (OSHC) dan disediakan oleh berbagai macam penyedia layanan asuransi.

Besar cakupan OSHC bermacam-macam, tergantung pada layanan yang dipakai. Kalian bisa melihat informasi tentang layanan OSHC ini di website kami.

BANDINGKAN DAN TEMUKAN PROVIDER OSHC TERBAIK

Langkah Selanjutnya untuk S2 Di Australia

Setelah mengetahui berbagai hal tentang S2 di Australia, apalagi yang mau kalian tunggu untuk studi? Sudah waktunya untuk menghubungi education ONE dan mulai persiapan S2 kalian di Australia. Sekarang kalian bisa banget buat kontak education ONE dan buat rencana studi kalian dari A sampai Z. Persiapan milih kampus, urus visa, cari akomodasi, asuransi kesehatan, semuanya bisa education ONE bantu siapin. Kami juga siap untuk menangani berbagai permasalahan tentang studi di Australia, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan ulasan yang baik – 4,9/5 di Google. Kalian nggak perlu ragu lagi untuk bikin rencana studi bareng education ONE.

Konsultasi Gratis - Education ONE Indonesia
KONSULTASI GRATIS

Kalian bisa pesan KONSULTASI GRATIS lewat website kami, atau hubungi education ONE disini dan konsultan pendidikan kami pasti akan balas secepatnya. Sampai disini dulu, sampai jumpa di artikel selanjutnya, bye!

Bingung Mulai Dari Mana?
KONSULTASI GRATIS!
Konsultasi Gratis bersama Education ONE

REKOMENDASI KAMI

Leave a Comment

ARTIKEL LAINNYA

KONSULTASIKAN RENCANA STUDI KE LUAR NEGERI MU BERSAMA KONSULTAN EDUCATION ONE, GRATIS!

Telah membantu ratusan pelajar internasional mancanegara mewujudkan mimpi mereka kuliah di luar negeri dengan rating rata – rata 4.9 / 5 dari 100 lebih review.
Created with Fabric.js 4.2.0

Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan bekerjasama dengan ratusan institusi pendidikan ternama diluar negeri untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Created with Fabric.js 4.2.0

Konsultasi gratis bersama career development consultant kami. Kamu akan dibimbing untuk menemukan jurusan dan universitas yang paling cocok dan strategi untuk melancarkan proses keberangkatan ke destinasi studi pilihanmu.

Konsultasi Gratis Student Visa di education ONE
Tertarik Melanjutkan Kuliah di Australia?

Silakan isi form di bawah ini untuk memesan SESI KONSULTASI GRATIS bersama konsultan pendidikan Education ONE.

Sebelum keluar, yuk cari tahu kebutuhan studi kalian di luar negeri

Bagikan Artikel Ini